Jerman

Dortmund: Makanan India Halal

Tempat makan halal di Dortmund yang dapat kami temukan di Google salah satunya adalah yang menyediakan makanan India. Kuliner India yang berbumbu hmmm.. nyamm.. sudah terbayang kelezatannya saat berkendara dengan mobil menuju Dortmund.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Travelling adalah kesempatan bagiku dan suami untuk mencicipi makanan yang mendapat rekomendasi baik di Google Review. Inginnya mencicipi semua, namun sayangnya tidak bisa karena aku dan suamj ingin makan makanan halal.

Setelah tinggal lama di Jerman sebenarnya lidahku sudah mulai terbiasa dengan rasa makanan yang bumbunya tidak terlalu kuat. Walau aku sering makan masakan halal dari Arab, Turki, Iran, Afganistan yang bumbunya terasa sekali di lidah, menurutku rasanya tetap berbeda dengan rasa bumbu masakan Indonesia.

Bagaimana dengan makanan Thailand atau Vietnam yang tempat makannya lebih banyak ditemui di Jerman?

Sayangnya karena kedua restoran Asia Tenggara ini jarang sekali yang berstatus halal, kami jarang bisa menikmati nikmatnya masakan Thailand dan Vietnam.

Makanan India atau Pakistan adalah makanan yang rasa kekuatan bumbunya paling mendekati Indonesia. Sayang sekali di kota-kota di Jerman belum tentu ada restoran India yang menyediakan makanan halal. Sedangkan restoran Pakistan yang biasanya halal belum tentu dapat kami temukan di kota tujuan kami.

Untungnya suamiku menemukan satu tempat makan yang menyediakan masakan India yang halal di kota Dortmund. Beliau mendapatkan rekomendasi restoran ini dari Google. Aku langsung setuju. Setelah selesai mengunjungi stadion Signal Iduna Borussia Dortmund, kami segera meluncur ke lokasi tempat makan ini.

Makan India Halal di Mal Dortmund

Dortmund itu salah satu kota besar di Jerman. Aku tidak heran ketika sampai di pusat kotanya suasananya ramai. Mungkin karena saat itu libur awal tahun yang serentak di Jerman sehingga semua orang pergi ke pusat kota. Tapi bisa jadi memang kotanya ramai.

Kami sama sekali tidak mengenal kota ini. Suamiku hanya mengandalkan navigasi dari Google Maps untuk mencapai lokasi rumah makan India yang direkomendasikan oleh Google.

Tiba-tiba mobil melewati kawasan pertokoan dan mobil diarahkan ke sebuah mal. Ternyata tempat makan India halal ini berada di dalam mal. Lebih tepatnya, tempat makan ini merupakan gerai makanan yang berada di food court mal Thier-Galerie.

Mobil diparkirkan di gedung parkir yang berada di kawasan tersebut. Gedung parkir ini menyatu dengan toko elektronik Saturn dan Galeria Kaufhof. Biaya parkirnya kalau aku tidak salah sekitar 1.50 – 2 Euro per jam. Dari gedung pertokoan ini ke mal Thier-Galerie bisa jalan kaki karena tidak terlalu jauh.

Tentang Dortmund: Stadion Signal Iduna.

Chutney Dortmund

Nama gerai makan halal yang kami tuju adalah Chutney. Terpampang jelas di papan namanya Chutney, Indian food. Logo halalnya pun dapat kita lihat karena terletak di atas kaca penutup yang ada di gerai makanan tersebut.

Makanan India halal Dortmund
Chutney menyediakan makanan India halal. Logo halalnya terpajang dengan besar dan jelas. Di foto lihat gambar kotak putih bertuliskan halal dalam bahasa Arab.

Lokasinya di food court terletak paling luar. Ketika kita memasuki food court, Chutney langsung terlihat dengan jelas.

Waktu itu kami naik ke lantai atas dimana food court berada menggunakan lift. Keluar dari lorong lift langsung belok kiri. Chutney langsung tampak di sebelah kiri.

Karena merupakan sebuah gerai makanan, calon pembeli dapat melihat seluruh menu yang ditawarkan di bagian atas gerai Chutney. Menunya dipasang dengan tampilan yang catchy karena gambar makanannya dipasang di bawah nama makanan berikut oenjelasannya. Aku sebagai calon pembeli langsung bisa membayangkan makanan yang akan kumakan.

Makanan sudah tersaji seperti prasmanan. Hanya saja kita tidak bisa mengambil sendiri. Pelayan Chutney yang akan mengambilkan sesuai dengan pesanan kita.

Tentang makanan halal: Belchicken Wuppertal.

Makan Enak, Makanan India Halal Dortmund

Porsinya ada dua, kecil dan besar. Jika kita pesan disana, makanan disajikan menggunakan piring. Walau kami sudah memesan porsi besar, menurut kami masih kurang. Mungkin karena aku dan suamiku saat itu sedang lapar sekali sehingga porsi yang kami dapatkan kurang nendang.

Hal ini berbeda dengan ibuku yang tidak dapat menghabiskan makanannya. Alhamdulillah rejekiku dan suami untuk menghabiskan hahaha…

Makanan India halal Dortmund Chutney
Chicken Makhan Chutney

Kami memesan tiga menu berbeda dan semuanya enak. Makanan yang kami pesan adalah Chicken Makhan, Chicken Madras dan Beef Curry. Saking enaknya ibuku beride untuk sekalian membeli makan malam sehingga kami tidak perlu mampir kemana-mana lagi setelah kunjungan ke museum dan langsung pulang ke Hannover.

Dari ketiga jenis makanan yang kami pesan menurutku yang paling enak banget adalah Chicken Makhan. Suamiku berpendapat Beef dan Chicken Curry yang paling enak.

Beef Curry Chutney

Chicken Madras adalah rasa baru yang kami berdua rasakan. Menurut suamiku untuk ukuran lidahnya terasa manis sedangkan menurutku rasanya enak. Tergantung selera masing-masing.

Nasi dan saus

Satu porsi makanan akan mendapatkan nasi basmati kuning yang diberi taburan daun ketumbar. Sausnya dapat dua jenis, yaitu sambal dan yoghurt. Di setiap piring juga terdapat irisan cabai hijau.

Rasa nasi basmatinya enak. Bulir-bulir nasi terpisah tidak lengket satu dengan yang lainnya. Ketika dimakan dengan kuah lauk yang dipilih jadi lebih terasa nikmatnya.

Yoghurt dipadukan dengan kuah Chicken Makhan maupun Chicken Curry rasanya nikmat. Jika ditambahkan saus sambal merahnya jadi lebih terasa sedikit pedas. Tapi jangan dibayangkan seperti sambal kita orang Indonesia ya.

Chicken Curry Chutney

Saking enaknya kuah dari ketiga makanan yang kami pesan, makan kuahnya saja dengan nasi itu rasanya enak. Daging sapi maupun ayam mudah dikunyah, tidak alot. Ukuran potongan dagingnya menurutku pas.

Aku juga memesan mango lassi sebagai tambahan untuk diminum. Mango lassi milik Chutney ini rasanya juga enak dan segar.

Selain itu untuk dibawa pulang aku memesan Pakkora. Gorengan sayur yang rasanya berbeda dari bakwan ini pun rasanya enak. Sepertinya memang benar semua yang kami pesan enak rasanya. Bahkan, saat makanan dingin pun karena kami makan untuk makan malam, rasa masakan tidak berubah.


Saat menuliskan artikel tentang Chutney ini aku jadi lapar. Jika teman-teman pembaca Michdichuns juga ikut lapar dan penasaran, Chutney ada di Thier-Galerie dengan alamat Westenhellweg 102-106, Dortmund.

InsyaAllah karena penjualnya memasang logo halal disana, maka makanan yang disajikan halal. Rasanya tenang jika makan makanan yang halal, bukan?

Selamat mencoba makanan India halal di Chutney jika berkunjung ke Dortmund.

Salam,

-ameliasusilo-

3 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..