stadion borussia Dortmund michdichuns
Jerman

Dortmund: Berkunjung ke Stadion Borussia Dortmund

Mumpung berkunjung ke Dortmund kami mampir sebentar ke kandang Borussia Dortmund, stadion Signal Iduna. Stadion yang besar dan megah ini membuat anakku yang menyukai sepak bola terbelalak.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Saat liburan tahun baru lalu kami melakukan perjalanan singkat ke negara bagian tetangga, Nord Rhein Westfalen. Kota tujuan liburan kami adalah Wuppertal dan Dortmund. Cerita perjalanan ke Wuppertal, kota yang terkenal karena kereta gantungnya, sudah pernah kuceritakan di beberapa artikel sebelum ini.

Berbeda dengan perjalanan ke Wuppertal, wisata ke Dortmund merupakan perjalanan kejutan. Kejutan ini disiapkan olehku dan suami untuk si sulung. Kami memang senang memberikan perjalanan kejutan untuk si mas sulung supaya dia senang.

Lokasi Stadion Borussia Dortmund

Setelah check-out dari hotel di Wuppertal, kami melanjutkan perjalanan ke Dortmund. Karena waktu itu sudah siang sebenarnya rencana kami adalah makan siang di salah satu restoran halal yang mendapat rekomendasi baik di Google. Setelah itu baru kami mengunjungi sebuah tempat di Dortmund yang sudah lama diincar oleh si sulung.

Perjalanan dari Wuppertal menuju Dortmund melewati tol. Durasi perjalanan ke restoran kurang dari satu jam.

Saat mobil memasuki wilayah Dortmund dari kejauhan terlihat bangunan besar yang tiang-tiangnya berwarna kuning. Aku tahu bangunan itu adalah stadion Signal Iduna kandang dari salah satu klub sepak bola besar di Jerman, Borussia Dortmund. Aku dan suamiku sudah pernah kesana sepuluh tahun yang lalu.

Stadion Borussioa Dortmund
Signal Iduna Park stadion Borussia Dortmund.

Anakku yang duduk di depan tentu saja melihat stadion itu dengan jelas. Sebagai penggemar sepak bola ia mengenali bangunan tersebut.

Tiba-tiba saja aku punya ide spontan untuk berkunjung kesana. Sekedar foto saja tidak apa-apa yang penting anakku sudah pernah kesana. Suamiku yang awalnya ragu karena waktu kunjungan di Dortmund tidak bisa lama akhirnya sepakat dan membelokkan mobil ke arah keluar tol menuju stadion.

Ternyata stadion ini terletak di luar pusat kota Dortmund. Berbeda dengan stadion klub bola Hannover yang letaknya masih di area pusat kota Hannover.

Signal Iduna Park terletak di Strobelalle 50. Jika datang dengan menggunakan mobil pribadi, lokasinya tidak jauh dari tol. Aksesnya bisa dengan tol A1, A44/B1 atau A45 tergantung dari wilayah Jerman bagian mana. Mobil yang dilengkapi dengan sistem navigasi atau dengan menggunakan Google Map pasti akan menunjukkan jalan yang paling cepat

Bagi pengunjung stadion yang ingin menggunakan transportasi publik, halte U-Bahn Westfalenhalle/Stadion adalah halte terdekat. Alternatif lainnya dapat menggunakan kereta regional dari stasiun utama Dortmund menuju stasiun Signal Iduna Park.

Tentang Wuppertal: Transportasi ke Wuppertal.

Mengikuti Tur Stadion

Sayangnya kunjungan ke stadion milik Borussia Dortmund ini tidak ada dalam rencana kami. Sejujurnya aku lupa. Padahal anakku pasti akan senang sekali jika dari awal sudah mengetahui bahwa kami akan kesini.

Karena tidak ada dalam daftar kunjungan, kami terlanjur mengalokasikan sebagian besar waktu selama di Dortmund untuk mengunjungi tempat lainnya. Saat anakku meminta untuk melakukan tur stadion Signal Iduna ini, kami tidak dapat mengabulkan permintaannya. Anakku sedih tapi ketika ia melihat FanWelt yang berlokasi persis di sebelah stadion, matanya kembali bersinar.

Sebelum aku menceritakan tentang FanWelt Borussia Dortmund, aku ingin berbagi cerita tentang tur stadion ini. Biasanya memang di stadion besar terdapat program keliling stadion. Anak dan suamiku pernah melakukannya saat berkunjung ke Paris tahun lalu.

Stadion Borussia Dortmund michdichuns
Stadion Borussia Dortmund tampak samping.

Tur stadion

Pada intinya tur stadion ini sama. Pengunjung dapat berkeliling stadion secara mandiri maupun secara privat. Selama durasi tur 60 menit pengunjung mendapat kesempatan untuk melihat berbagai ruangan yang ada di sana termasuk ruang ganti pemain. Kita juga bisa melihat ruangan untuk publik lainnya seperti ruang konferensi pers.

Bagi pecinta sepak bola yang paling terasa keren sepertinya adalah melewati lorong yang dilewati para pemain menuju lapangan bola. Oh ya, bisa duduk di bangku pemain baik di ruang ganti maupun di tepi lapangan juga merupakan sesuatu. Setidaknya itu yang dirasakan oleh suami dan anakku saat berkunjung ke kandang Paris St. Germain.

Biaya

Tur stadion Signal Iduna biayanya mulai dari 9 Euro. Jika membeli tiket tur sekaligus tiket museum Borussia Dortmund harganya jadi 15 Euro. Anak dibawah usia 18 tahun mendapatkan potongan harga yang lumayan.

Jenis tur

Tur yang dilakukan secara mandiri perlu menyiapkan headphone dan ponsel. Gunanya adalah untuk mendengarkan informasi yang ada disana. Tur ini ada setiap hari kecuali hari Rabu mulai pukul 10 sampai dengan 16.

Oh ya, di laman situs resmi Borussia Dortmund menyebutkan bahwa tur stadion yang biasa ini kurang bersahabat untuk pengunjung yang membawa stroller atau kursi roda. Jika masih tetap ingin mengikuti tur ini bisa dengan resiko angkat-angkat sendiri. Oleh karena itu, mereka menyediakan tur khusus yang lebih bersahabat untuk pengunjung seperti ini.

Tentang tur stadion: Paris St. Germain.

Belanja di FanWelt

Walau tidak bisa mengikuti tur stadion, anakku tetap senang dan matanya berbinar. Ia sudah melihat ada toko yang menjual pernak pernik Borussia Dortmund. Artinya ia bisa meminta sesuatu disana.

Suamiku yang sudah mengetahui hal ini langsung memberikan batasan untuknya. Boleh membeli sesuatu jumlahnya hanya satu dan harganya diskon. Maksimal boleh sekian Euro.

Kalau sudah tentang persebakbolaan seperti ini giliran pak suami yang mengambil alih. Beliau lebih paham dan mengerti mana yang bagus dan up to date. Biasanya mereka akan segera menuju ke bagian trikot kesebelasan.

Fanwelt stadion Borussia Dortmund
Fanwelt, toko sovenir bagi fans klub Borussia Dortmund.

Di toko ini banyak sekali dijual berbagai jenis barang dengan warna khas Borussia Dortmund, yaitu hitam kuning. Di bagian barang bayi ada baju untuk bayi yang lucu dengan gambar maskot klub, Emme. Mainan anak yang bertemakan stadion juga ada, seperti puzzle. Bagi suporter setia disana bisa membeli peralatan dapur dengan gambar logo kesebelasan.

Banyak sekali barang-barang yang bisa dibeli termasuk bola, topi bahkan mesin kopi. Harganya bervariasi. Saat aku kesana sedang ada yang diskon sehingga harganya jadi lebih murah.

Tentang Wuppertal: Schwebebahn.


Stadion ini menjadi salah satu stadion yang akan digunakan di perhelatan Euro 2024. Jerman menjadi tuan rumah piala Eropa yang akan diselenggarakan pada bulan Juni nanti. Ahh sudah terbayang keseruannya!

Oh ya, yang menarik di depan FanWelt dan stadion ini terdapat food truck. Aku lupa persisnya apa makanan yang dijual namun bisa dibayangkan ramainya disini saat ada pertandingan.

Tentang Dortmund: Makanan India Halal.

Bagi kamu teman pembaca Michdichuns yang merupakan suporter Borussia Dortmund, semoga bisa berkunjung kesini ya!

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..