Museum Sepak Bola Jerman Dortmund
Jerman

Dortmund: Museum Sepak Bola Jerman

Jerman punya museum sepak bola yang terletak di kota Dortmund. Museum tersebut menampilkan sejarah dan prestasi dunia sepak bola di Jerman. Bagi pencinta sepak bola yang ingin mengetahui cerita sepak bola Jerman, aku menyarankan untuk datang ke sana.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Salah satu alasan keluarga kami mengunjungi Dortmund adalah adanya museum Sepak Bola Jerman di kota tersebut. Museum Sepak Bola ini merupakan museum yang secara serius menampilkan sejarah dan prestasi sepak bola negara Jerman. Organisasi yang mengurusi museum merupakan perpanjangan tangan dari federasi sepak bola Jerman dan pemerintah kota Dortmund.

Anak sulungku yang sangat menyukai sepak bola sudah pernah menyampaikan keinginannya kepada ku dan ayahnya untuk mengunjungi museum ini. Ia ingin sekali pergi bisa pergi ke Dortmund supaya dapat berkunjung ke museum ini. Jadi, kami yakin ia akan senang jika kami mengajaknya ke sana.

Kunjungan ke museum Sepak Bola kami jadikan sebagai kejutan. Anakku yang sulung ini tidak mengetahui rencana perjalanan liburan dua hari satu malam ke negara bagian Nord-Rhein-Westfalen secara detil.

Kami hanya memberi tahu akan pergi ke Wuppertal saja. Perjalanan ke Dortmund kami jadikan misteri bagian dari kejutan. Untungnya anakku itu tidak penasaran. Biasanya ia tidak berhenti bertanya sampai mendapat jawaban yang memuaskan.

Lokasi Museum Sepak Bola Jerman di Dortmund

Lokasi museum sangat strategis. Bangunan museum terletak tepat di depan stasiun utama kota Dortmund. Segera setelah keluar dari pintu keluar utama gedung stasiun, tengok sedikit ke arah kanan. Kita dapat melihat bola besar dan bangunan museum dengan sangat jelas.

Karena sebentar lagi akan diadakan perhelatan besar Euro 2024 dimana Jerman menjadi tuan rumahnya, bola besar yang kusebutkan di atas adalah model bola yang akan digunakan di kejuaran besar tersebut. Saat kami datang ke sana banyak yang berfoto di depan bola tersebut.

Alamat museum adalah Platz der Deutschen Einheit 1.

Jika datang dengan kereta, teman pembaca Michdichuns tinggal menyeberangi jalan saja. Arah keluar dari stasiun utama sudah kutuliskan di atas.

Apabila datang ke museum menggunakan mobil pribadi, ada dua kemungkinan lokasi parkir yang bisa dipilih. Waktu itu suamiku memilih untuk parkir di gedung parkir yang terletak di depan museum. Pintu keluar untuk penumpang mobil berada di seberang museum sehingga kami tinggal berjalan kaki sekitar 500 meter ke museum.

Alternatif lainnya adalah ke gedung parkir mobil milik stasiun utama Dortmund. Lokasi parkir ini yang direkomendasikan oleh situs resmi museum.

Tentang Dortmund: Makanan India Chutney.

Tiket Masuk

Untuk tiket masuk museum waktu itu kami memilih untuk membeli duluan melalui situs museum. Ada perbedaan harga jika memilih tiket satuan dan tiket keluarga.

Waktu itu kami pergi berlima. Ibu yang sedang mengunjungi kami ikut serta ke Dortmund. Sehingga tiket yang kami beli adalah tiket keluarga yang terdiri dari dua dewasa dan satu anak serta satu tiket satuan untuk dewasa. Total yang harus kami bayar adalah 65 Euro.

Tiket keluarga dapat dibeli jika bepergian bersama tiga sampai enam orang. Jumlah dewasa yang dibolehkan dalam tiket dewasa tersebut adalah maksimal dua orang. Dengah tiket keluarga kami jadi bisa lebih hemat.

Tiket satuan dewasa harganya 19 Euro sedangkan untuk tiket keluarga adalah 16.50 Euro. Mahasiswa atau anak usia sekolah membayar sebesar 15 Euro. Jika memilih tiket keluarga, anak-anak perlu membayar tiket dengan harga Anak di bawah usia 6 tahun tidak perlu membeli tiket.

Tentang Dortmund: Stadion Borussia Dortmund.

Menikmati Museum Sepak Bola

Keseruan pertama adalah saat memasuki lorong panjang menuju salah satu ruang yang ada di museum untuk pertama kali. Jika teman-teman pembaca Michdichuns sudah pernah ikut tur stadion, feeling melewati lorong ini sama dengan saat mencoba melewati lorong panjang yang dilewati para pemain bola yang ada di stadion.

Di lantai yang menampilkan sejarah sepak bola Jerman itu, selain ada banyak foto-foto, tulisan yang menjelaskan tentang foto, juga ada memorabilia. Sepanjang yang aku lihat memorabilia itu asli. Ada cerita atau keterangan tentang benda yang dipajang di sana.

Museum Sepak Bola Jerman di Dortmund
Menonton tayangan pertandingan sepak bola Jerman jaman dulu.

Sejarah dan prestasi yang ditampilkan bukan hanya tentang kesebelasan laki-laki. Daftar prestasi kesebelasan wanita Jerman juga ditampilkan disana. Kita juga dapat melihat piala dan piagam yang diperoleh kesebelasan Jerman.

Museum yang atraktif

Yang membuat kunjungan menjadi atraktif adalah adanya permainan-permainan seperti kuis di layar sentuh ataupun teka-teki yang dapat dimainkan melalui tombol-tombol. Kita juga dapat mendengarkan suara seperti halnya suara komentator sepak bola di televisi.

Museum Sepak Bola Jerman
Ayah dan anak seru bermain berdua di Museum Sepak Bola.

Di sana juga ada layar besar yang menampilkan video pertandingan kesebelasan Jerman. Ruangan yang gelap dengan audio yang menggelegar seperti di dalam ruang bioskop menambah keseruan kunjungan dan hal itu menyebabkan pengunjung seolah-olah berada di stadion menonton langsung pertandingan.

Museum Sepak Bola di Jerman
Adik bayi ikut menonton pertandingan sepak bola melalui layar besar.

Satu lantai di bawah dari lantai tentang kesebelasan Jerman menampilkan sejarah Bundesliga. Di sana terdapat kuis tentang makanan yang ada di stadion. Pengunjung diminta menebak makanan tersebut berasal dari mana.

Pada lantai yang sama pula terdapat ruang tertutup yang menampilkan Bundesliga dari masa ke masa. Di dalam ruang tersebut terdapat tempat duduk yang nyaman untuk kita menikmati video yang ditampilkan.

Euro 2024

Dalam waktu hitungan bulan Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024. Di lantai yang menampilkan tim kesebelasan Jerman terdapat satu ruang yang terkait dengan Euro 2024 ini.

Pada bagian tengah ruangan terdapat bola hologram besar yang merupakan model bola yang akan digunakan di Euro 2024. Di sekitarnya terdapat cerita-cerita baik dari tim Jerman maupun dari pemain Jerman yang terkait dengan perhelatan Euro.

Museum Sepak Bola Jerman Michdichuns
Euro 2024

Bermain bola di dalam museum

Setelah puas menikmati museum, sebelum keluar dari museum pengunjung akan menjumpai lantai yang merupakan tempat bermain sepak bola indoor. Lapangannya cukup besar. Menurut taksiranku hampir sama dengan satu lapangan futsal yang pernah kujumpai.

Tidak jauh dari lapangan bola kecil tersebut terdapat arena bermain lainnya. Di situ pengunjung dapat bermain table football atau permainan menendang bola ke dalam gawang kecil. Di permainan yang terakhir ini bisa diukur kecepatan waktunya menendang bola ke seluruh gawang yang ada di dalam arena bermain.

Bermain table football di museum sepak bola Jerman
Bermain table football.

Menurutku, seru!

Saat kami tiba di lantai tersebut sudah mendekati waktu tutup museum. Orang yang sedang berada di sana bisa dihitung dengan jari. Suami dan anak sulungku dapat bermain tanpa perlu mengantri.

Alokasi Waktu Kunjungan

Jika kamu pecinta sepak bola yang ingin mengetahui sejarah dan prestasi sepak bola Jerman, aku sarankan untuk memberikan waktu satu hari penuh untuk kunjungan museum. Dengan kelonggaran waktu ini kita dapat membaca semua informasi, melihat benda-benda yang ada di sana, memainkan atraksi dan menikmati suasana museum dengan tenang.

Kami hanya memiliki waktu selama lima jam untuk menjelajahi seluruh museum. Lima jam ini sungguh tidak cukup. Ada tempat-tempat yang harus kami lewati saja dan ada pula tempat-tempat yang tidak semua informasinya bisa dibaca.

Yang paling penting adalah alokasi waktu kunjungan yang cukup untuk anak-anak. Apalagi jika anak ini seorang penggemar sepak bola. Anak dapat memainkan permainan yang disediakan di sana dan puas menikmati museum secara keseluruhan.

museum sepak bola
Koper asli milik Mats Hummels yang dipakai saat bertanding dengan kesebelasan Jerman.

Anakku senang sekali dengan kejutan yang disiapkan oleh kedua orang tuanya. Keinginannya untuk bisa mengunjungi museum ini terkabul. Ia juga senang sekali bisa berfoto dengan piala-piala yang ada di sana, bermain dan menonton pertunjukan yang disediakan oleh museum.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan spesial museum atau hal baru, langsung kunjungi situs resmi museum di fussballmuseum.de.

Selamat berkunjung ke Museum Sepak Bola Jerman!

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..