Belchicken restoran halal Wuppertal
Jerman

Wuppertal: Restoran Halal Belchicken

Restoran Halal di Wuppertal ada banyak tetapi kami memilih Belchicken. Rumah makan ini menyajikan ayam goreng krispi. Penasaran apakah makanannya enak atau enak banget?


Hai teman pembaca Michdichuns!

Sejak beberapa tahun terakhir ini mencari restoran yang menyajikan makanan halal di berbagai kota di Jerman bukanlah suatu hal yang sulit. Coba saja ketik di mesin pencari “makanan halal kota xxx“. Aku yakin sekali akan muncul daftar restoran yang cukup banyak.

Variasi restoran saat ini juga sudah banyak. Maksudnya, ketika aku baru datang ke Jerman mayoritas restoran halal mayoritas adalah makanan yang berasal dari Turki. Saat ini sudah mulai banyak makanan yang berasal dari negara-negara lainnya, seperti Afghanistan, Lebanon, Iran, Uzbekistan, Thailand, India, Pakistan dan lain sebagainya.

Saat travelling bersama keluarga merupakan kesempatan untuk jajan. Kami biasanya mencari makanan yang di Hannover tidak dapat kami temukan. Kalaupun tidak ketemu makanan yang unik kami mencari makanan yang paling banyak mendapatkan rekomendasi baik itu dari Google atau dari teman-teman kami disini.

Restoran Halal Belchicken Wuppertal

Kami tiba di Wuppertal sengaja mendekati jam check in hotel. Setelah menyelesaikan urusan hotel kami pun segera bergegas menuju halte Schwebebahn supaya masih bisa naik kereta gantung tersebut dengan pencahayaan yang terang.

Setelah menyelesaikan satu perjalanan Schwebebahn dari halte Oberbarmen Bahnhof ke Vohwinkel langit Wuppertal sudah gelap. Matahari sudah turun walau saat itu jam masih menunjukkan sekitar pukul 17. Kami memutuskan untuk kembali lagi ke tengah kota Wuppertal untuk mencari tempat makan malam.

Suamiku yang bertugas untuk mencari tempat makan malam baru mencari informasi saat menaiki kereta gantung. Aku sebenarnya sudah berusaha mencari informasi jauh-jauh hari sayangnya hasilnya nihil. Karena suamiku yang mencari dan memilih, kami mengikuti saja pilihannya.

Restoran halal Wuppertal Belchicken michdichuns
Restoran halal Belchicken, Wuppertal.

Suamiku memilih sebuah restoran halal yang bernama Belchicken yang terletak di tengah kota Wuppertal. Sehingga kami dari halte Vohwinkel menaiki kembali Schwebebahn menuju halte Wuppertal Hauptbahnhof, halte stasiun utama kota Wuppertal.

Dari halte tersebut kami berjalan kaki ke restoran. Menurutku jaraknya dengan berjalan kaki ini tidak jauh. Lokasinya di tengah kota dan mudah dicari. Dengan bantuan Google pencarian lokasi jadi lebih mudah. Dari halte tadi sepertinya kami hanya berjalan kaki selama10-15 menit.

restoran halal Wuppertal Belchicken
Tepat di depan penyeberangan jalan, sangat strategis.

Restoran tepat berada di depan penyeberangan jalan. Jadi setelah keluar dari restoran, maju sedikit lagi sudah bertemu dengan jalan raya. Untungnya disitu ada lampu penyeberangan jalan sehingga memudahkan untuk orang-orang yang mau makan disana.

Tentang Wuppertal: Transportasi Menuju Wuppertal.

Menu Ayam Krispi

Restoran nirlaba yang pusatnya berada di Belgia ini tidak hanya menyediakan menu olahan ayam saja. Kita bisa menemukan burger yang isinya daging sapi maupun daging ikan. Jika teman pembaca bukan pemakan daging, restoran juga menyediakan burger veggie.

restoran halal Wuppertal menu combo
Salah satu menu combo yang ada di Belchicken.

Selain burger disana juga ada antara lain:

  • Fried chicken
  • Chicken nuggets
  • French fries
  • Chicken wings
  • Chicken bites
  • Chicken tender
  • Salad
  • Wraps
  • Onion rings
  • Mozarella stick

Menu ayam ini selain bisa dipesan satuan juga ada menu combo atau bucket. Maksudnya, dalam satu menu yang dipesan bisa terdiri dari berbagai jenis ayam. Ada pula yang di dalam menunya terdapat kentang goreng.

menu bucket Belchicken Wuppertal
Salah satu menu bucket di Belchicken.

Aku lupa persisnya apakah tiap menu combo atau bucket sudah termasuk minuman. Jikapun minuman tidak termasuk dalam menu combo, kita bisa memesan minuman secara terpisah. Pilihan minumannya terdiri dari minuman bersoda, air putih atau kopi.

Berita baiknya, disana tersedia menu anak-anak. Seingatku isinya ada french fries, chicken nugget, chicken burger dan caprisone. Bonusnya anak-anak mendapat mainan. Tentu saja kombinasi ini disukai oleh anak-anak termasuk diantaranya anakku.

menu anak kidsmeal Belchicken Wuppertal
Menu untuk anak Belkids Box.

Suasana Restoran

Menurut laman situs resmi Belchicken, restoran halal ini sudah memiliki 48 cabang yang tersebar di berbagai kota di negara Belgia, Belanda, Perancis dan Jerman. Awal mulanya restoran ini dibuka pada tahun 2016 di kota Gent. Seiring berjalannya waktu Belchicken terus tumbuh dan berkembang. Sampai di masa pandemi pun, di kala banyak usaha kuliner yang terpaksa tutup, Belchicken justru membuka beberapa cabang baru.

Ternyata di Jerman sendiri restoran ini tidak hanya berada di Wuppertal. Beberapa kota tetangga yang masih berada di wilayah negara bagian Nord Rhein Westfalen juga ada yang memiliki restoran ini.

Menurutku yang kusukai dari restoran ini selain makanannya adalah suasana restorannya. Restoran-restoran cepat saji yang menyajikan menu yang mirip seperti di Belchicken ini biasanya suasana restorannya biasa saja. Interior restoran-restoran ini relatif mirip. Yang membedakan biasanya warna restoran yang menyesuaikan warna branding restoran.

restoran halal Wuppertal Belchicken
Sofa empuk yang nyaman sekali untuk diduduki di restoran Belchicken.

Belchicken berbeda. Suasana restorannya lebih homey, lebih feels like home. Ada sofa empuk, kursi empuk dan meja lebar yang terbuat dari kayu. Ada rak-rak yang diisi dengan buku-buku. Lampu yang berada di restoran pun lampu gantung yang bagus.

restoran halal Wuppertal Belchicken
Pojok yang nyaman untuk makan sambil membaca buku.
restoran halal Wuppertal Belchicken
Suasana nyaman dan homey di restoran.

Di salah satu pojok restoran dijadikan tempat bermain anak. Disana anak-anak bisa main seluncuran, memanjat serta main bola. Di sebelah dari tempat main anak sepertinya sengaja diatur untuk tempat acara atau tempat makan untuk orang tua anak-anak yang sedang bermain.

Tentang Wuppertal: Schwebebahn.

Fasilitas Restoran

Selain terdapat pojok main anak yang cukup besar, fasilitas lain untuk anak yang kuperhatikan adalah adanya kursi makan anak dan tempat untuk mengganti popok anak. Karena anakku belum menggunakan kursi makan, kami tidak menggunakannya. Yang aku gunakan adalah tempat untuk mengganti popok.

Lokasinya ada di bagian bawah dari restoran. Disini disediakan alas yang empuk dan juga tempat sampah untuk membuang popok. Disana tidak disediakan tisu basah atau popok. Kalau ini orang tua bayi yang harus menyediakan masing-masing.

Oh ya, kamar mandinya antara laki-laki dan perempuan terpisah. Kamar mandinya cukup besar dengan penerangan yang terang. Aku mengangkat kedua ibu jariku untuk kebersihan dari ruang kamar mandi perempuan.


Bagaimana sudah cukup tergoda untuk mencicipi nikmatnya ayam krispi ala Belchicken sambil duduk cozy di restorannya?

restoran halal Belchicken Wuppertal
Pintu masuk Belchicken Wuppertal.

Jika datang ke Wuppertal jangan lupa mampir ke restoran halal ini. Teman-teman bisa menuliskan alamatnya, yaitu Robertstrasse 1, 42107 Wuppertal.

Nikmati ayam krispi pilihan teman pembaca sambil duduk di suasana restoran yang cozy. Lezatnya ayam yang dicocol ke saus tomat atau mayonaise akan lebih terasa lagi. Menurutku, ayam krispinya enaaaak dan lezat. Selamat mencoba!

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..