Transportasi ke Wuppertal Jerman
Jerman

Wuppertal: Transportasi ke Kotanya Schwebebahn

Transportasi ke Wuppertal dapat dijangkau menggunakan kereta, bus dan tentu saja mobil pribadi. Traveller dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki serta kondisinya masing-masing. Wuppertal termasuk salah satu kota yang memiliki ciri khas di Jerman, yaitu Schwebebahn atau kereta gantung, yang dijadikan sebagai alat transportasi dalam kotanya.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Libur sekolah di akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 kurang lengkap tanpa travelling. Anakku sejak mulai sebelum libur sudah bertanya akan pergi kemana saat liburan tersebut. Apalagi eyang sedang berkunjung ke Hannover. Biasanya kami sekeluarga akan berlibur bersama ke suatu tempat.

Aku dan suamiku memang sengaja tidak mengagendakan travelling pada liburan kali ini. Kami sedang mengencangkan ikat pinggang karena inginnya diliburan sekolah berikutnya bisa berlibur ke tempat baru yang memang membutuhkan banyak biaya.

Untungnya teman dekat kami datang berkunjung ke Hannover. Myra dan Aji mengajak putranya yang sebaya dengan anak sulungku. Mereka pun bisa bermain dengan gembira.

Setelah mereka pulang anakku mulai menanyakan kembali apakah kami tidak pergi berlibur ke suatu tempat. Akhirnya aku dan suami berdiskusi apa yang bisa ditempuh jarak dekat dengan budget yang tidak terlalu bengkak untul liburan yang direncanakan dadakan. Syaratnya hanya satu: Seru untuk anak pertamaku!

Suamiku yang pertama kali mengusulkan Wuppertal. Awalnya aku tidak setuju karena kami sudah pernah pergi kesana. Tapi pada akhirnya aku menyetujui ide tersebut mengingat saat berlibur kesana si sulung usianya baru dua tahun. Kemungkinan besar anaknya sudah lupa.

All right, itโ€™s going to be fun!

Transportasi ke Wuppertal

Ada tiga cara yang dapat dilakukan jika ingin mencapai Wuppertal dari kota-kota lainnya di Jerman. Yang pertama adalah dengan menggunakan bus, yaitu Flixbus. Alternatif berikutnya adalah menggunakan kereta. Cara yang terakhir adalah yang kami lakukan waktu itu, yaitu menggunakan mobil.

Bus menuju Wuppertal

Sejujurnya aku belum pernah naik bus ke Wuppertal. Tapi moda transportasi ini bisa dipilih jika punya budget terbatas karena harga tiketnya biasanya paling murah diantara moda transportasi lainnya.

Dari Hannover jadwal bus yang tersedia adalah pukul 2.30 dini hari. Bus akan tiba di Wuppertal pada pukul 7 pagi. Keberangkatan dari kota Frankfurt pukul 17.05 dan tiba pukul 20.35. Jika berangkat dari terminal bus Berlin pukul 11 siang dan sampai di Wuppertal hampir pukul 19.

Rentang harga tiket bus dari ketiga kota ini adalah 15 sampai 25 Euro. Menurutku harga ini masih oke. Apalagi dari pengalamanku naik Flixbus, bus nyaman, supirnya mengendarai bus dengan aman dan biasanya tiba tepat waktu. Jadi, why not travelling with bus?

Kereta regional atau ekspres?

Wuppertal memiliki stasiun utama yang cukup besar. Stasiun ini dilewati kereta ekspres Jerman, ICE dan IC. Jika teman pembaca Michdichuns ingin menaiki kereta untuk mengunjungi kereta ini opsi keretanya jadi bervariasi.

Bila ingin cepat bisa naik ICE atau IC dari berbagai kota di Jerman. Kereta yang dinaiki bisa langsung menuju Wuppertal, namun bisa juga berganti kereta di kota-kota besar lainnya yang ada di negara bagian Nord-Rhein-Westfalen (NRW). Jika ingin menggunakan Deutschland Ticket ada kereta regional yang siap melayani berbagai rute dari dan ke Wuppertal.

Dari Hannover bisa menggunakan semua opsi diatas termasuk kereta lainnya, yaitu Flixtrain. Dengan kereta ini penumpang akan mencapai salah satu kota besar lainnya di NRW kemudian bertukar dengan kereta regional ke Wuppertal.

Transportasi dengan mobil ke Wuppertal

Alternatif transportasi ketiga ini adalah yang kami gunakan diliburan ke Wuppertal. Mengingat ada eyang yang untuk perjalanan jarak jauh dimusim dingin kemungkinannya kurang nyaman, ditambah bawaan yang lebih banyak karena ada bayi, suamiku memilih untuk menyewa mobil saja.

Perjalanan dari Hannover ke Wuppertal menggunakan mobil menghabiskan waktu selama sekitar tiga jam. Kami pergi sekitar jam sebelas dan tiba disana sekitar pukul 15. Selama perjalanan kami beberapa kali berhenti untuk makan siang dan buang air kecil sehingga perjalanan tersebut ditempuh lebih dari tiga jam.

Naik Schwebebahn di Wuppertal

Setelah check in hotel selesai, menurunkan barang-barang dari mobil, kami pun segera pergi menuju halte terakhir dari Schwebebahn yang paling terdekat dengan hotel kami. Setelah perjalanan dengan mobil sekitar 20 menit tibalah kami di halte pemberhentian terakhir.

Salah satu halte Schwebebahn paling ujung Wuppertal Oberbarmen Bf.

Enaknya jika naik dari sini adalah tersedia tempat parkir untuk mobil. Pada umumnya di halte-halte bagian terakhir dari rute transportasi publik biasanya tempatnya lebih luas dan terdapat tempat parkir mobil. Menurutku parkir mobil ini menjadi sebuah fasilitas bagi mereka yang tidak ingin mengendarai mobil di tengah kota.


Untuk cerita lengkapnya tentang Schwebebahn ini nantikan cerita tentang Schwebebahn di artikel berikutnya ya!

Yang penting, jangan lupa dicatat bahwa ada kota yang memiliki transportasi publik yang unik di Jerman yang bernama Wuppertal. Bagi penyuka alat transportasi, Wuppertal dan Schwebebahn-nya perlu untuk dimasukkan ke dalam bucket list.

Tentang Wuppertal: Wuppertal 2016.

Salam,

-ameliasusilo-

3 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..