Hidup di Jerman

Warntag 2020

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Sumber gambar: Bundesregierung.de

Pada hari Kamis 10 September 2020 lalu, pemerintah Jerman mencanangkan hari Peringatan atau Warntag. Bila teman-teman melihat gambar diatas, terlihat gambar peta negara Jerman dan simbol peringatan. Tagar yang digunakan adalah #warntag2020. Wir warnen Deutschland artinya kurang lebih kami mengingatkan Jerman.

Menurut informasi yang kuperoleh dari bbk.bund.de, sejak 10 September kemarin pemerintah Jerman akan melatih warganya setiap tahun pada hari Kamis kedua bulan September untuk mendengarkan suara peringatan melalui berbagai media saluran komunikasi. Kegiatan ini kembali digalakan untuk pertama kalinya sejak Jerman bersatu tahun 1990. Rencananya untuk melatih para penduduk, pemerintah di tingkat pusat, negara bagian dan daerah-daerah sepakat untuk membunyikan suara peringatan melalui pengeras suara, sirine, radio, televisi dan aplikasi Warn-App NINA.

Sumber gambar: bbk.bund.de

Ide memunculkan kembali agenda latihan peringatan ini adalah terkait merebaknya virus corona pada tahun ini. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan pemahaman penduduk tentang peringatan dalam keadaan darurat. Dengan adanya latihan rutin pada akhirnya akan memperkuat keterampilan penduduk dalam bereaksi dan perlindungan diri pada saat keadaan genting. Pemerintah federal, negara bagian dan lokal akan memaksimalkan penggunaan berbagai saluran komunikasi yang tersedia untuk memperingatkan penduduk dan menginformasikan apa yang terjadi dan apa yang sebaiknya dilakukan.

Kenapa kegiatan ini dianggap penting untuk dilakukan?

Sesungguhnya peringatan tentang kejadian-kejadian yang dapat membahayakan jiwa manusia bila diberikan sejak dini dan tepat waktu dapat menyelamatkan banyak orang. Peristiwa-peristiwa ini seperti contohnya banjir, badai, angin kencang, kebakaran ataupun serangan. Adanya peringatan ini membuat warga dapat menyelamatkan diri dan melindungi harta bendanya.

Selain memberikan peringatan dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan ini dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesadaran penduduk. Penduduk jadi terbiasa dengan langkah-langkah yang perlu dilakukan bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Bagi pemerintah dapat menjadi sarana untuk memeriksa kesiapan peralatan untuk memberikan peringatan. Pemerintah juga dapat membenahi bila masih terdapat kekurangan pada saat pelaksanaan kegiatan ini.

Sebagai penduduk apa yang perlu dilakukan?

Tidak ada selain bersiap untuk mendengarkan bunyi peringatan. Ada juga saran untuk mencari tahu peringatan macam apa yang digunakan di sekitar tempat tinggal kita. Tentunya pemerintah juga mengharapkan penduduk yang mengetahui informasi ini untuk memberi tahu keluarga, kerabat, tetangga dan kenalannya.

Apa yang akan terjadi pada hari H?

Pada pukul 11, di berbagai wilayah di perkotaan dan pedesaan akan berbunyi akan ada alarm. Peringatan juga dikirim melalui radio dan aplikasi yang terkoneksi ke sistem milik pemerintah Jerman. Pada saat yang bersamaan sirene dan pengeras suara yang berada di seluruh lokasi di negara bagian juga akan berbunyi.

Lalu bagaimana pengalaman hari Kamis lalu?

Aku akan ceritakan di cerita berikutnya ya, insyaAllah.

-ameliasusilo-

Sumber featured image: https://www.bundesregierung.de/breg-de/aktuelles/warntag2020-1780552

Referensi:

  1. Bundesamt für Bevölkerungsschutz und Katastrophenhilfe. Wir warnen Deutschland: Bundesweiter Probealarm am #warntag2020. https://www.bbk.bund.de/DE/AufgabenundAusstattung/Krisenmanagement/WarnungderBevoelkerung/Bundesweiter_Warntag/Bundesweiter_Warntag_node.html
  2. Die Bundesregierung. Was passiert am bundesweiten Warntag. https://www.bundesregierung.de/breg-de/aktuelles/warntag2020-1780552

0 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..