Hidup di Jerman

Vlog: Hannover Marathon 2019

Assalamualaikum..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Satu tahun yang lalu pada saat menyaksikan maraton Hannover, timbul keinginan ikut berpartisipasi di event ini pada tahun berikutnya. Kebetulan tahun lalu aku mulai mencoba untuk jogging disekitaran rumah. Aku ingin bila bisa ikut di event ini tetapi yang jarak kilometer larinya lebih pendek.

Salah satu jalur maraton. Sumber: pribadi.

Maraton di Hannover biasanya dilaksanakan pada bulan April. Dari satu bulan sebelumnya sudah dilakukan berbagai persiapan, seperti pembuatan garis biru sebagai petunjuk jalur maraton, menempatkan beberapa rambu dan pembatas jalan di persimpangan-persimpangan jalan maupun memasang poster penanda jalur maraton. Jalur maraton selalu melintas di sekitar kecamatan kami tinggal.

Sekitar jam 8 pagi aku akan pergi ke tengah kota dimana garis start dan finish berada. Untuk mencapai lokasi bisa menggunakan U-Bahn dan sebaiknya turun di halte Aegidientorplatz karena lebih dekat dengan posisi garis start. Untuk penggunaan transportasi publik saat event berlangsung, sebaiknya memperhatikan jadwal ataupun pemberitahuan yang ada di halte-halte. Sebab biasanya ada jalur-jalur bis yang dihentikan atau jadwal berubah karena ada buka-tutup peserta maraton yang melintas di jalur transportasi publik tersebut.

Setiap kali aku pergi ini, di halte dekat rumah biasanya berbarengan dengan beberapa peserta. Keren melihat para peserta dengan seragam atau nomor peserta di badannya. Ahh jadi kepingin kaan..

Ketika U-Bahn sampai di halte Hauptbahnhof, masuk banyak orang yang memiliki tujuan sama denganku yaitu pergi menuju ke lokasi maraton. Sesampainya di halte Aegidiontorplatz sudah tentu suasananya sangat ramai. Peserta dan para suporter pendukungnya maupun pengunjung yang ingin meramaikan event sepertiku bersama-sama naik ke atas dan berjalan menuju garis start.

Suasana di sekitar garis start. Sumber: pribadi.

Lokasi garis start berada di depan Rathaus. Jalanan besar di depan Rathaus ditutup. Di lapangan depan Rathaus sendiri terdapat kios-kios penjual minuman dan makanan. Suasanya disana sungguh ramai.

Karena sudah berkali-kali aku pun segera mencari lokasi yang nyaman untuk mengabadikan momen ketika maraton dimulai. Kadang karena aku kecil, aku bisa menyelip diantara orang-orang lokal yang badannya tinggi dan besar-besar heheehe..

Setelah maraton dimulai aku menunggu sampai pelari yang terakhir sudah tidak terlihat lagi di ujung jalan besar. Setelah itu aku pergi ke lokasi check point atau ganti pelari estafet yang berada di kecamatan tempat kami tinggal.

Lokasi pergantian pelari estafet. Sumber: pribadi.
Para pelari maraton. Sumber: pribadi.

Ternyata di lokasi ini tidak kalah ramai dengan di pusat kota tadi. Akupun berdiam disana sejenak menyaksikan bagaimana para pelari yang ada disini menunggu rekannya datang. Suasananya tertib meskipun ramai.

Dibawah ini teman-teman dapat menyaksikan beberapa suasana maraton tahun 2019 yang aku buat dan tayangkan di saluran youtube ku. Selamat menyaksikan!

Meskipun aku tidak ikut serta di maraton ini tetapi semangat untuk berlomba dan berolah raganya menular. Ingin sekali rasanya bisa ikut serta di maraton 2020. Sayang sekali karena pandemi, maraton Hannover 2020 ditiadakan. Semoga maraton 2021 ada lagi ya.. Kira-kira aku bisa ikutan gak yaa?

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..