Transportasi ke KJRI Hamburg michdichuns
Jerman

Transportasi ke KJRI Hamburg

Pasporku habis masa berlakunya sehingga aku pergi ke KJRI yang berada di kota Hamburg menggunakan transportasi publik. Transportasi dari dan ke Hamburg dari Hannover mudah. Angkutan umum dalam kota Hamburg dari stasiun utama ke konsulat pun tidak sulit. Disini aku akan menceritakan bagaimana caranya.


Hai, teman pembaca Michdichuns!

Akhir tahun lalu aku mengurus penggantian pasporku di konsulat jenderal yang terletak di kota Hamburg. Hari ini aku bisa mengambil paspor yang sudah jadi.

Sebenarnya daripada bolak balik bisa saja pemilik paspor meminta untuk mengirimkan paspornya melalui pos. Namun, karena paspor adalah dokumen penting aku lebih memilih untuk mengambilnya sendiri ke Hamburg. Mumpung aku tidak perlu cuti dan ada ibu yang bisa menjaga anak-anak di rumah, aku pergi ke Hamburg.

Hannover – Hamburg

Dari Hannover menuju Hamburg maupun sebaliknya aku menggunakan kereta regional. Alasannya karena aku sedang tidak buru-buru sehingga dapat memanfaatkan Deutschland ticket yang kumiliki.

Dari Hannover kita bisa memilih satu dari tiga kemungkinan jadwal kereta yang tersedia tiap jamnya. Kita bisa memilih mau yang transit satu kali atau dua kali. Bahkan jika tepat waktunya ada juga kereta yang langsung ke Hamburg tanpa perlu berganti kereta.

Seperti hari ini aku pulang pergi menggunakan kereta yang langsung tanpa harus berganti kereta. Hanya saja di kota Uelzen, kota yang biasanya berganti kereta, kereta berhenti sekitar setengah jam sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Hamburg.

Jika memilih naik kereta ini, maka kita akan menikmati layanan kereta yang disediakan oleh Metronom. Apabila kita memilih jalur lain yang satu kali ganti kereta juga, maka kita akan menggunakan kereta milik Erixx dan Deutsche Bahn. Jika yang dipilih kereta lain yang perlu dua kali ganti kereta, maka kita akan menumpang kereta milik Deutsche Bahn dan Nord West Bahn.

Perjalananku kali ini menggunakan kereta Metronom yang tidak perlu ganti kereta membutuhkan waktu dua jam 18 menit. Walaupun jauh perjalanan tidak terasa lama karena aku sambil melakukan kegiatan lainnya, seperti menulis blog atau membaca.

Tentang kereta: Kereta Regional Jerman.

Transportasi Stasiun Utama ke KJRI Hamburg

Karena menggunakan kereta Metronom dari Uelzen/Hannover aku berhenti di Gleis atau peron 13 A-C. Peron ini letaknya dibagian utara stasiun. Kita harus ke bagian selatan stasiun utama Hamburg supaya bisa ke halte U-Bahn jalur 1.

Halte U1

Untuk mencapai konsulat yang berada di Bebelalle 15 kita harus menggunakan U1. Kebetulan stasiun dilewati oleh jalur U1 ini. Ikuti saja petunjuk yang ada di stasiun untuk menemukan dimana letak halte U-Bahn.

Sebagai ancer-ancer tangga ke bawah menuju halte U-Bahn berada disebelah kios penjual bunga yang ada di stasiun. Kios dan tangga ini letaknya tidak jauh dari Gleis 1. Setelah turun tangga belok ke kanan kemudian ikuti jalan di bawah tanah tersebut. Halte U1 berada di bagian paling ujung.

Transportasi ke KJRI Hamburg
Halte U1 Hauptbahnhof-Süd lokasinya paling ujung.

Jika sudah ketemu lokasinya turuni tangga. Jalur U1 dari maupun ke stasiun utama menggunakan tangga yang sama. Jalur keretanya langsung terlihat segera setelah kita menuruni tangga.

Pilih jalur sebelah kiri setelah turun tangga.

Oh ya, bagi yang membawa stroller atau kursi roda bisa menggunakan lift yang letaknya berada di seberang stasiun. Petunjuk dimana lokasi lift menurutku cukup jelas. Jika lift yang tepat di seberang stasiun ini rusak, jalan sedikit ke arah terminal bus disana ada lift lainnya yang dapat digunakan sebagai alternatif.

Karena aku punya Deutschland ticket, aku tidak perlu membeli tiket dalam kota Hamburg. Tiket ini sudah inklusif tiket transportasi publik di Hamburg. Apabila tidak menggunakan tiket ini atau Niedersachsenticket bisa membeli tiket 9 Uhr yang dijual di mesin tiket milik HVV.

Tentang tiket: Deutschland ticket.

15 menit saja dari stasiun utama ke halte Lattenkamp.

Halte Lattenkamp

Durasi perjalanan U1 dari halte Hauptbahnhof-Süd ke halte Lattenkamp yang berada di dekat KJRI sekitar 15 menit. Jangan heran kalau tiba-tiba kereta yang kita tumpangi tidak lagi berada di bawah tanah. Meskipun namanya U-Bahn tetapi jalurnya tidak semuanya berada di bawah tanah.

Sampai di halte Lattenkamp.

Halte Lattenkamp ini memiliki lift sehingga bagi yang membawa stroller fasilitas ini memudahkan. Apabila lift rusak pilihannya adalah menggunakan tangga. Jangan khawatir tangganya tidak terlalu tinggi sehingga kalau memang terpaksa naik tangga karena kerusakan lift tidak begitu mengkhawatirkan.

Keteta U-Bahn HVV Hamburg.

Nah, dari halte ini kita jalan ke arah perempatan lampu merah. Seberangi jalan ke arah jalanan panjang satu arah yang ditepi kirinya berjajar pohon tinggi dan parkir mobil. Tepi kanan dari jalanan ini, bila kita dari arah halte Lattenkamp, adalah jejeran rumah-rumah besar yang bagus.

Sekitar 300-400 meter dari perempatan adalah lokasi KJRI Hamburg. Tidak perlu naik bus apalagi skuter elektronik, jaraknya cukup dekat untuk ditempuh dengan berjalan kaki.

KJRI Hamburg.

Bonus ke Hamburg

Sebagai bonus sudah jauh-jauh pergi ke Hamburg biasanya aku mampir ke tempat lainnya. Dua kali bolak balik KJRI aku mampir toko Indonesia Hamburg yang letaknya tidak jauh dari stasiun utama Hamburg. Karena lokasinya tidak jauh kita bisa menggunakan U1 juga.

Bukannya berhenti di halte Hauptbahnhof-Süd lanjutkan perjalanan dengan U1 sebanyak satu halte lagi. Dari halte Lohmühlenstrasse kita tinggal jalan empat menit saja. Dekat bukan?

Saat pergi mengambil paspor anakku yang nomor dua, aku tidak pergi ke toko. Aku memilih untuk makan enak di restoran Asia halal. Kapan lagi bisa makan bebek krispi halal porsi besar dan enak hehehehe… Cerita tentang restoran ini aku ceritakan kembali kapan-kapan yaa


Semoga artikel ini bisa membantu teman pembaca Michdichuns yang ingin mencari tahu cara pergi atau apa saja alat transportasi yand digunakan ke KJRI Hamburg menggunakan kereta dari Hannover. Atau juga darinkota lainnya tapi perlu mampir Hannover terlebih dahulu untuk ganti kereta.

KJRI Hamburg michdichuns
KJRI Hamburg.

Semoga berhasil dan selamat sampai Hamburg ya!

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..