Tips sewa mobil di Jerman
Hidup di Jerman,  Jerman

Tips Sewa Mobil di Jerman

Sewa mobil di Jerman merupakan alternatif cara kami untuk melakukan perjalanan wisata di negeri ini. Bila turis asing ingin menyewa mobil untuk jalan-jalan keliling Jerman hal tersebut juga bisa dilakukan. Bagaimana cara dan tips menyewa mobil?


Hai teman pembaca Michdichuns!

Di awal tahun baru ini di negara bagian Jerman tempat kami berdomisili masih libur sekolah. Last minute, aku dan suamiku memutuskan untuk berlibur singkat ke dua buah kota di Nord Rhein Westfalen, negara bagian tetangga.

Karena liburannya hanya dua hari satu malam suamiku keberatan jika kami menggunakan kereta untuk transportasi ke lokasi liburan. Pak suami memilih menyewa mobil.

Cara Sewa Mobil di Jerman

Untuk cara sewa mobil suamiku punya dua opsi. Yang pertama adalah menyewa dari car sharing dimana suamiku menjadi anggotanya. Alternatif lainnya adalah mencari mobil sewaan melalui sebuah situs langganan.

Setelah pak suami membandingkan kedua opsi tersebut ternyata jika menyewa mobil car sharing dana yang kami keluarkan untuk transportasi lebih besar. Akhirnya beliau memutuskan untuk segera menyelesaikan proses pemesanan dari situs langganan, Check 24.

Bagaimana caranya?

Sebelum memberi tahu bagaimana caranya, aku ingin disclaimer dulu jika artikel ini bukan artikel berbayar. Aku hanya ingin membagikan kemudahan yang kami rasakan kepada teman pembaca.

Setelah masuk ke halaman utama Check 24, klik Mietwagen yang ada di bagian header. Oh ya, situs web ini berbahasa Jerman dan sepertinya tidak menyediakan pilihan bahasa lainnya. Kemudian setelah klik akan muncul laman web yang khusus untuk penyewaan mobil. Jika sudah terlihat gambar mobil, maka langkah yang dilakukan sudah benar.

tampilan laman web Check24 untuk penyewaan mobil
Tampilan laman wwb Check24 untuk penyewaan mobil.
Sumber gambar: Check 24.

Setelah itu tinggal dimasukkan data yang diminta. Abholort adalah lokasi pengambilan mobil. Disini kita memasukkan nama kota dimana kita akan mengambil mobil. Tepat dibagian atas kotak pengisian kita diminta memilih mengambil dan mengembalikan mobil di lokasi yang sama (am selben Ort) atau berbeda (an anderem Ort).

Selanjutkan isi tanggal peminjaman berikut tanggal pengembalian yang kita inginkan. Pada kotak kecil berikutnya pilih jam pengambilan mobil dan pengembalian mobil. Di kotak yang terakhir pilih usia pengemudi mobil yang disewa. Jika sudah memasukkan seluruh data, klik Mietwagen finden.

Saat pengisian ini ada beberapa tips yang bisa kubagikan sesuai pengalaman kami.

Sewa mobil langsung di situs agen penyewaan mobil

Sebelum aku menuliskan tips-tips, aku juga ingin berbagi tentang cara melakukan sewa mobil di Jerman melalui situs web agen-agen penyewaan yang ada disini. Beberapa agen dimana kami biasanya menyewa mobil antara lain Sixt, Enterprise dan Europcar.

Jika teman-teman bukan situs web masing-masing tempat sewa tersebut, teman pembaca Michdichuns akan melihat bahwa data yang diminta relatif mirip dengan yang diminta oleh Check24. Lokasi pengambilan mobil, tanggal sewa dan usia penyewa adalah data umum yang ditanyakan. Data tambahan lainnya seperti jenis mobil di beberapa situs web sudah ditanyakan di laman utama web.

Tampilan lain yang berbeda adalah adanya pilihan bahasa yang ditawarkan. Disini pengunjung situs web dapat memilih bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Salah satu situs bahkan sudah langsung dalam bahasa Inggris.

Tips sewa mobil

Berikut ini beberapa tips saat melakukan penyewaan mobil yang dapat teman pembaca Michdichuns pertimbangkan:

Asuransi (Versicherungsschutz)

Suamiku biasanya memilih untuk mengambil asuransi yang ditawarkan. Asuransi ini berguna sekali bagi kita, penyewa, jika terjadi kerusakan atau pencurian selama durasi penyewaan mobil. Tanpa asuransi ini apabila terjadi sesuatu kita harus membayar dengan jumlah yang selain ratusan bisa sampai ribuan Euro.

Oleh karena itu, suamiku selalu memilih opsi Ohne Selbstbeteiligung dan Premium Schutz. Jika diperhatikan memang biaya sewanya terjadi perubahan. Tetapi untuk perlindungan dari biaya-biaya yang mungkin tidak dapat kami bayar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kami lebih baik menambah sedikit dari harga sewa tanpa asuransi.

Jenis mobil

Jenis mobil yang kumaksud disini adalah apakah mobil yang diinginkan yang masuk dalam kelompok mobil kecil (Kleinwagen), seperti VW Polo, Toyota Aygo, Opel Corsa, Opel Adam, Hyundai i20, Ford Fiesta dan sejenisnya. Untuk jenis mobil diatas mobil kecil ada jenis kompak (Kompaktklasse) yang biasanya memiliki ruang lebih luas, seperti VW Golf, Seat Leon, Opel Astra, Mercedes A-Classe dan lain-lain.

Sewa mobil di Jerman Kleinwagen
Contoh mobil yang biasanya maksud jenis Kleinwagen.

Apabila ingin menyewa mobil yang memiliki kapasitas 4-5 orang dengan kenyamanan setingkat lebih tinggi dari jenis sebelumnya disertai dengan ruang bagasi yang lebih luas bisa memilih tipe menengah (Mittelklasse). Contoh mobil yang di kelompok menengah ini antara lain Nissan Qashwai, Ford Kuga, Opel Insignia, Ford Mondeo, Mazda 6, Peugeot 508, VW Tiguan dan sejenisnya.

Sewa mobil di Jerman jenis Kompaktklasse
VW Golf biasanya masuk jenis Kompaktklasse.

Jika ingin memilih jenis mobil yang lebih nyaman dari jenis-jenis sebelumnya bisa memilih jenis atas (Oberklasse) atau bahkan yang jenis premium. Apabila punya budget lebih dan ingin merasakan kenyamanan selama perjalanan ini adalah opsi yang bisa dipertimbangkan.

Saat kami masih bepergian dengan satu anak usia TK sampai SD jenis mobil kompak masih terasa lega dan nyaman. Mobil kami sewa untuk perjalanan jarak jauh dan lebih dari satu malam. Tapi ketika ibu datang berkunjung biasanya kami memilih jenis mobil di kelompok yang sama tetapi modelnya Kombi.

Sewa mobil di Jerman Mittelklasse Kombi
Skoda Octavia ini biasanya masuk jenis Mittelklasse kombi

Setelah kami punya bayi yang bertambah bukan hanya jumlah tas saja tetapi juga ada stroller. Dengan kondisi seperti ini yang paling nyaman adalah jenis Mittelklasse Kombi atau Oberklasse Kombi. Kenapa?

Model Kombi untuk keluarga

Kombi di Indonesia lebih dikensl dengan istilah station wagon. Suamiku memilih Kombi karena memiliki ruang bagasi yang lebih luas daripada yang non Kombi pada merk mobil yang sama. Contohnya VW Golf dengan VW Golf Variant.

Untuk keluarga dengan anak-anak yang masih kecil, yang biasanya barang bawaannya lebih banyak dan masih ketambahan stroller, jenis Kombi ini akan lebih nyaman untuk bepergian. Anak-anak juga akan merasa lebih lega.

Oberklasse atau Premium Kombi
Nah, Mercedes Kombi kemungkinan masuk jenis Oberklasse atau bahkan Premium. Kami belum pernah punya pengalaman karena pasti out of budget.

Bahkan, untuk bepergian jarak jauh dan lama dengan jumlah penumpang 4 orang, menurutku tipe Kombi ini jauh lebih nyaman. Ruang di bagian belakang mobil terasa lebih lega. Kaki pun bisa lebih diluruskan daripada yang bukan Kombi.

Kilometer dan bahan bakar

Pak suami biasanya memilih opsi jumlah kilometer yang ditempuh tidak terbatas (alle Kilometer frei). Tujuannya supaya jika saat perjalanan terjadi perubahan jalur yang membuat jumlah kilometer bertambah, kami tidak stres karena sudah menyewa mobil dengan kilometer terbatas.

Walaupun keuntungan dari pembatasan kilometer ini adalah harga sewa yang biasanya lebih murah, tapi rasanya menghindari stres akan lebih membahagiakan. Di Jerman kondisi di jalan tidak dapat diprediksi. Bisa saja ada kecelakaan atau pembangunan jalan sehingga pengguna jalan disuruh menggunakan jalan alternatif.

Untuk bahan bakar suamiku biasanya memilih untuk mengisi sendiri bahan bakar mobil. Maksudnya, saat mobil dikembalikan tanpa memilih opsi ini, maka kita akan menerima tagihan bahan bakar setelah mobil dikembalikan.

Misalnya saat mobil diambil bahan bakarnya penuh. Saat kita mengembalikan bahan bakarnya hanya tinggal setengah. Nah, kita akan menerima tagihan setengah pengisian bahan bakar tadi. Bisa jadi tagihannya lebih mahal dari harga bahan bakar yang kita cari sendiri.

Pengemudi tambahan

Jika selama durasi penyewaan yang mengendarai kendaraan lebih dari satu, kita harus melaporkan hal ini juga. Biasanya ada biaya tambahan yang dibebankan jika pengemudi mobil sewa lebih dari satu.

Ban musim dingin

Dalam bahasa Jerman ada istilah Winterreifen. Istilah ini mengacu pada roda mobil yang digunakan khusus musim dingin. Kenapa ada mobil jenis ini?

Biasanya pada musim dingin akan turun salju. Roda yang digunakan untuk menghadapi situasi ini berbeda dari roda pada umumnya. Oleh karena itu, jika penyewaan dilakukan saat musim dingin jangan lupa untuk memesan Winterreifen atau tanyakan pada agen penyewaan mobil apakah sudah inklusif jika tidak ada pertanyaan ini.

Langkah Berikutnya

Setelah proses pemilihan mobil selesai, kita akan masuk ke tahapan konfirmasi. Pastikan kembali mobil yang akan kita pesan spesifikasinya sudah sesuai yang diinginkan. Jika sudah benar tinggal konfirmasi dan lakukan pembayaran.

Pembayaran biasanya menggunakan kartu kredit. Ada yang langsung bayar saat proses pemesanan ini dilakukan. Atau bisa juga melakukan pembayaran saat pengambilan mobil.

Di beberapa situs agen ada yang menawarkan harga lebih murah jika transaksi selesai saat itu juga. Maksudnya langsung dibayar. Resikonya adalah penyewa mobil kurang fleksibel jika ingin membatalkan sewa.

Jadi, sebaiknya sebelum menyelesaikan pesanan dibaca lagi tentang kebijakan pembatalan sewa mobil. Apakah bisa kapan saja atau kapan maksimalnya.

Jika sudah yakin semuanya sudah sesuai yang diinginkan langsung pesan mobil sewanya.


Semoga apa yang kubagikan ditulisan ini bisa bermanfaat dan membantu teman pembaca Michdichuns saat menyewa mobil di Jerman atau Eropa pada umumnya ya. Berikutnya aku akan membagikan tips saat pengambilan dan pengembalian mobil sewa. Ditunggu munculnya artikel ini dalam waktu dekat ya!

Tentang sewa mobil: Pengalaman pribadi sewa mobil.

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..