tips ambil mobil sewa di Jerman
Hidup di Jerman,  Wisata

Tips Saat Mengambil Mobil Sewa di Jerman

Tanpa tips sebenarnya ambil mobil sewa di Jerman prosesnya tidak rumit. Akan tetapi bagi yang baru pertama kali melakukannya lebih mudah lagi jika sebelumnya sudah tahu tips-tipsnya terlebih dahulu.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Setelah pemesanan sewa mobil melalui laman situs agen sewa selesai, langkah berikutnya adalah ambil mobil sewa tersebut di alamat di Jerman yang telah ditentukan.

Biasanya di dalam satu kota itu terdapat beberapa kantor agen sewa mobil. Contohnya di Hannover ini kantor Enterprise ada dua, di Laatzen dan Vahrenwald. Jadi, pastikan lihat alamat pengambilan terlebih dahulu supaya tidak terjadi kesalahan.

Tentang sewa: Sewa Mobil.

Tips Ambil Mobil Sewa di Jerman

Suamiku belum pernah sampai salah lokasi agen sewa. Tapi sering kali ia baru “ngeh” di hari pengambilan. Kalau dekat tidak apa. Jika lokasinya pengambilan mobil jauh, seperti misalnya butuh waktu 30 menit untuk sampai di lokasi, menyebabkan rencana perjalanan kami bergeser bisa sampai dua jam.

Nah, sudah dapat satu tips. Cek alamat agen sewa sebelum pengambilan mobil merupakan tips pertama sebelum tips-tips berikutnya.

Setelah sampai disana tunjukkan bukti pemesanan yang dikirimkan melalui e-mail. Lalu, bagi orang asing akan ditanya paspor serta surat ijin mengemudi.

Suamiku, walau memegang ijin residensi di Jerman, juga tetap diminta menunjukkan paspornya. Adapun untuk SIM, ia punya SIM Jerman sehingga aku tidak dapat menjelaskan tentang SIM internasional yang dikeluarkan di Indonesia. Tetapi aku beberapa kali mendengar hal tersebut bukan masalah untuk penyewaan mobil di Jerman.

tips ambil mobil sewa di Jerman
Siapkan SIM Jerman, SIM negara EU atau SIM internasional yang diakui di Jerman ya

Jika belum membayar, maka pembayaran dilakukan di agen saat itu. Selain biaya sewa biasanya ada biaya jaminan yang juga dibayarkan. Bila tidak ada kerusakan uang jaminan ini akan dikembalikan.

Cek dan Ricek

Setelah selesai urusan administrasi petugas agen akan mengajak penyewa untuk melihat mobilnya bersama-sama. Suamiku biasanya sudah menanyakan terlebih dulu apa mobil yang didapatkan. Apabila dirasa mobil yang didapat tidak sesuai dengan yang dipesan bisa langsung ditanyakan sebelum pembayaran dilakukan.

Beberapa kali kami memperoleh mobil yang menurut suamiku tidak selevel. Tapi karena tidak ada lagi armada yang siap, maka suka tidak suka harus diambil. Tidak jarang juga mobil yang diperoleh dinaikan levelnya. Kami pernah mendapat sedan Mercedes Benz yang kelasnya bukan ecek-ecek, terlihat masih gres dan kilometernya tidak banyak.

Intinya, tergantung rejeki. Tapi jika merasa tidak sesuai sampaikan saja ke petugasnya.

Di tempat parkir mobil petugas akan menjelaskan hal-hal yang terkait dengan mobil. Jika ada kerusakan akan ditunjukkan sehingga kita tahu dan tidak khawatir karena mengira diakibatkan oleh kita. Suamiku berpesan untuk memeriksa secara menyeluruh. Cek lagi apakah ada kerusakan. Lihat dan amati seluruh bodi mobil, kaca, atap mobil, bemper, velg sehingga mencegah ketidaksesuaian saat mengembalikan.

Kemudian periksa lagi apakah yang tertulis di surat sama dengan yang dijelaskan petugas. Jika ada temuan baru saat pemeriksaan bersama itu, laporkan dan pastikan tercatat di surat kontrak sewa yang kita miliki.

Tentang sewa: Tips Pesan Mobil.

Dokumentasi Kondisi Mobil

Suamiku biasanya memoto kondisi mobil atau bahkan memvideokan kondisi mobil. Alasannya adalah hasilnya bisa dijadikan sebagai bukti jika ada ketidaksesuaian antara kita yang menyewa dan agen sewa mobil saat pengembalian mobil nanti.

Surat Kontrak Sewa Mobil

Setelah melakukan pembayaran kita akan memperoleh surat kontrak sewa. Di dalam surat ini memuat berbagai hal diantaranya adalah jenis mobil, kilometer yang sudah ditempuh oleh mobil ini dan volume bensin saat pengambilan mobil.

Lakukan pemeriksaan apakah kilometer dan volume bensin yang tertera disana sudah sesuai. Jika penyewa memilih paket sewa yang jumlah kilometernya terbatas kesesuaian jumlah ini adalah keharusan dan penyewa harus cek. Agar nantinya saat mobil dikembalikan penyewa tidak ditagih biaya-biaya karena kelebihan kilometer ini.

Cara Mengoperasikan Mobil

Pak suami memberikan tips untuk menanyakan kepada petugas agen cara mengoperasikan mobil. Tiap mobil memiliki ciri khasnya masing-masing. Kita yang menyewa belum tentu mengetahui tentang ini.

Misalnya, bagaimana mengoperasikan tuas persneling, dimana lokasi tuas pembuka kap mobil dll.

Syukur jika mobil yang dipinjam adalah mobil yang sudah biasa digunakan. Jadi penyewa tidak perlu lagi adaptasi dengan sistem mobil sewa yang berbeda jenisnya.

Bahan Bakar

Bahan bakar mobil juga perlu diperhatikan. Ini khususnya untuk mobil yang berbahan bakar bensin atau diesel. Supaya jangan sampai salah ketika berada di pom bensin.

Berikutnya cek lokasi tangki bahan bakar mobil. Tujuannya supaya saat masuk ke pom bensin sudah tahu ambil bagian kiri atau kanan mesin pengisi.

Kebersihan Mobil Sewa

Cek kebersihan interior mobil juga kata suamiku penting. Kalau terlihat kotor sampaikan pada petugas yang mengantar melihat mobil.

Surat Kendaraan

Cek surat kendaraan apakah ada di laci mobil sebelah kanan depan. Kalau tidak ada sampaikan dan minta petugas agen. Jangan sampai kalau ada apa-apa selama durasi pinjam kita tidak dapat menunjukkan surat mobil saat diminta oleh polisi lalu lintas.

Tips Lainnya

Oh ya, beritahu petugas agen sewa jika mobil hendak dibawa ke luar negeri. Biasanya tidak ada tambahan sewa sih tapi bisa juga ada biaya lainnya. Tergantung dari agen penyewa mobil tersebut

Jika membawa anak-anak jangan lupa bahwa penggunaan car seat itu wajib. Jadi, misalnya tidak punya bisa sekalian sewa saat melakukan pemesanan di situs web.

Periksa kebersihan dan fungsi dari car seat yang disewa. Tanyakan pada petugas bagaimana cara memasang di kursi mobil maupun melepasnya.

Tentang car seat: Car Seat di Jerman.


Lumayan banyak juga ya tips-tipsnya?

Tips pengambilan mobil sewa di Jerman ini merupakan hasil interogasi pak suami. Karena jam terbang menyewa mobilnya sudah tinggi beliau bisa menyebutkan beberapa poin sesuai dengan pengalamannya selama ini.

Semoga saja tips yang ada disini bisa memberi bayangan bagi pembaca Michdichuns bagaimana baiknya saat mengambil mobil sewa, khususnya di Jerman. Semoga mobil yang teman-teman sewa untuk travelling di Jerman dalam kondisi prima dan menjadi alat transportasi yang bisa diandalkan.

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..