ulang tahun anak di Jerman michdichuns
Kegiatan Anak

Tips Praktis Ulang Tahun Anak di Jerman

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Ulang tahun anak di Jerman berdasarkan pengalamanku selama ini biasanya dirayakan dengan sederhana. Tidak ada badut atau dekorasi yang totalitas sebagai hasil karya vendor dekorasi. Tidak ada makanan prasmanan dengan berbagai menu masakan maupun dessert table cantik. Kalaupun ada itu pun jarang sekali. Jadinya seperti apa konsep acaranya dan bagaimana bisa lebih praktis lagi?

Ulang Tahun Anak di Jerman

Setiap tahun kami mengadakan acara ulang tahun anak di rumah. Dari anak kami berusia satu tahun sampai sekarang sudah dibangku sekolah dasar aku dan suamiku berusaha untuk membuat acara untuknya. Perbedaannya adalah pada saat anak kami masih belum berusia pra sekolah biasanya kami mengundang kerabat kami orang Indonesia yang tinggal di Hannover. Sedangkan setelah anak kami punya teman dekat dan beberapa kali saling bergantian main di rumah dengan teman-teman sebayanya, kami pun mulai menyelenggarakan acara untuknya dan teman-temannya saja.

Sebenarnya momen peralihan ini bertepatan dengan adanya pandemi COVID-19. Waktu itu tepat di hari anak kami berulang tahun, Jerman menerapkan peraturan lockdown untuk kedua kalinya. Anakku yang biasanya ada kegiatan spesial di TK di hari ulang tahunnya dan aku biasa membawa sesuatu untuk kegiatan tersebut jadinya sudah tidak bisa lagi. Anakku pun hanya merayakan seadanya di TK karena anak-anak yang datang ke TK dibatasi hanya yang orang tuanya bekerja dan bagi-bagi makanan waktu itu juga tidak diizinkan.

Ulang tahun di Ballorig Michdichuns
Acara ulang tahun di Ballorig.

Akhirnya aku dan suami sepakat tetap mengadakan acara tapi diganti menjadi acara main saja. Anakku boleh mengajak empat orang temannya saja yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi untuk teman Indonesia dan sesi untuk teman Jerman. Ternyata, acara yang hanya untuk anak-anak saja berbeda ya.. Meskipun capek untuk persiapannya hampir sama tetapi anak-anak itu jadi punya lebih banyak ruang dan waktu untuk bermain. Kekurangannya adalah aku merasa sepi karena biasa waktu kecil dulu merayakan ulang tahunnya ramai hihihihi…

Ide Ulang Tahun Anak di Jerman

Setelah anakku masuk TK beberapa kali ia mendapat undangan ulang tahun dari teman-temannya. Nah, dari situlah aku baru tahun bagaimana tradisi ulang tahun anak di Jerman pada umumnya. Jadi, biasanya anakku akan menerima undangan dari si anak yang ulang tahun tersebut. Kemudian, di undangan tersebut tertera nomor orang tua si anak yang dapat dihubungi. Orang tua yang diundang harus memberi kabar sampai tanggal tertentu. Undangan ini biasanya sudah disebar satu bulan sebelum acara.

Pada saat anakku di TK acara ulang tahun biasanya diadakan di rumah. Aku pikir, aku juga akan menemani anakku sepanjang acara. Alamak apa yang harus kulakukan dan kubicarakan selama itu dengan orang-orang disana dalam bahasa Jerman pula… Alhamdulillah ternyata tidak begitu caranya. Anak hanya diantar di jam yang tertulis di undangan kemudian ditinggal. Setelah itu dijemput lagi sesuai dengan jam yang tertera diundangan. Seandainya karena satu dan lain hal acaranya harus diperpanjang, biasanya orang tua yang punya acara akan menghubungi baik melalui telepon maupun Whatsapp.

Buka kado ulang tahun anak Jerman Michdichuns
Sesi buka kado yang paling ditunggu-tunggu..

Ketika anakku sudah bersekolah di sekolah dasar, konsep acara ulang tahunnya berubah. Dari sini aku dan suamiku akhirnya mendapat ide untuk pelaksanaan acara ulang tahun anak kami yang terakhir. Jadi, ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan seperti:

  • Mengajak ke bioskop menonton film anak
  • Pergi ke taman bermain umum
  • Pergi ke taman bermain indoor saja
  • Pergi ke taman bermain indoor kemudian ke rumah
  • Bermain bowling
  • Di rumah saja

Tips Praktis Ala Michdichuns

Berhubung aku hamil rasanya aku sangat tidak sanggup untuk membereskan rumah sebelum dan sesudah acara, memasak dan menyiapkan snack serta kue-kue. Belum lagi harus menyiapkan konsep acara yang menarik. Ditambah lagi anakku temannya banyak dan setiap ia ulang tahun sudah ada yang mengantri minta diundang untuk bermain di rumah. MasyaAllah… MasyaAllah..

ulang tahun anak di Jerman Michdichuns
Mengajak 9 anak bermain..

Tahun lalu kami mengajak 10 temannya untuk bermain di rumah. Bayangkan menyiapkan acara selama 3-4 jam untuk 10 anak hihihihi.. Tahun ini sudah kutawar untuk kurang dari itu tapi kenyataannya sulit hihihihi… Ia hanya mengurangi jatah untuk satu orang saja. Jadi, supaya aku dan suami sama-sama tenang, mudah, ringkas dan praktis kami memutuskan untuk mengadakan acara sepraktis mungkin tapi membahagiakan untuk semuanya.

  • Kami mengajak anak-anak bermain ke taman bermain indoor
  • Orang tua membawa teman-teman anakku di jam yang tertera di kartu undangan
  • Setengah jam setelahnya kami mengajak anak-anak untuk naik U-Bahn dan S-Bahn menuju taman bermain indoor
  • Bermain di taman bermain selama satu setengah jam. Makan snack dan minum manis disana
  • Pulang ke rumah, makan siang, makan kue, buka kado
  • Main bareng
  • Dijemput oleh orang tua masing-masing tepat waktu

Alhamdulillah kami semua lupa waktu sehingga main di taman bermain molor satu jam. Sungguh tidak berasa padahal aku hanya duduk-duduk saja. Paling aku beranjak untuk pergi ke kios makanan untuk membeli snack dan minuman bagi anak-anak. Atau aku juga sesekali memantau anak-anak main di sebelah mana dan menemani mereka sebentar. Yang paling banyak gerak ya suamiku. Tapi beneran deh, menghabiskan waktu di taman bermain itu tidak membosankan.

Cerita tentang taman bermain indoor yang kami datangi ada di tulisan tentang Ballorig.

Konsumsi Ulang Tahun

Karena tamu undangannya hanya anak-anak hidangan yang disediakan pun sederhana. Tahun lalu kami menyajikan Spaghetti Bolognaise, camilan snack yang beragam, permen, coklat, kentang goreng dan Chicken Nugget. Di acara beberapa pekan yang lalu kami menyajikan Pizza Salami, Pizza Margharita yang kami beli dari toko Syria langganan kami, kentang goreng dan Chicken Nugget saja. Praktiskan? Kami tidak menyediakan camilan lainnya karena waktu yang kami alokasikan untuk di rumah memang tidak banyak. Lagipula anak-anak juga sudah makan snack di taman bermain.

Konsumsi ulang tahun anak di Jerman Michdichuns
Saatnya makan..

Untuk minumannya kami selalu menyediakan air putih dan jus. Di taman bermain kami membelikan tiap anak slush dan juga air putih. Kalau untuk minuman ini tergantung preferensi dari tuan rumah. Kami cari aman saja sebab ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk minum soft drink. Di beberapa acara ulang tahun temannya, anak kami biasanya cerita ada minuman seperti Coca Cola atau Fanta.

Satu hal lagi yang kami pelajari dari orang tua teman anak kami adalah kebiasaan untuk menanyakan adanya pantangan anak. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada alergi atau pantangan terhadap makanan tertentu. Karena ada juga yang orang tuanya vegetaris, anaknya pun ikut vegetaris. Hal ini tentu saja membahagiakan dan menyenangkan bagiku yang bisa menyampaikan bahwa anak kami tidak mengonsumsi panganan yang mengandung babi atau gelatin. Alhamdulillah sejauh ini anak kami terfasilitasi untuk makanannya saat pergi ke tempat ulang tahun temannya.

Kira-kira begitulah gambaran acara ulang tahun anak terpraktis yang kami adakan baru-baru ini. Alhamdulillah semua senang. Aku dan suami pun jadinya tidak terlalu lelah. Biaya yang dikeluarkan jadinya memang sedikit lebih banyak. Tetapi tidak apa selama anak kami dan teman-temannya senang, kami pun orang tuanya juga bahagia.

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..