Hidup di Jerman,  Jerman

Tips Mengembalikan Mobil Sewa di Jerman

Setelah selesai menggunakan mobil sewa, saatnya mengembalikan mobil tersebut kembali ke agen dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa teman pembaca ketahui.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Bagaimana pengalamannya melakukan pemesanan dan pengambilan mobil sewa di agen penyewaan mobil Jerman?

Apakah sudah membaca tips-tips yang pernah kutuliskan sebelumnya di blog Michdichuns ini yang terkait dengan sewa mobil di Jerman?

Sebagai penutup dari tips-tips tersebut di artikel ini aku menuliskan beberapa tips saat mengembalikan mobil sewa.

Tips Mengembalikan Mobil Sewa di Jerman

Aku harap pengalaman teman-teman berkendara dengan mobil sewa di Jerman adalah pengalaman yang menyenangkan. Setelah selesai menggunakan mobil saatnya mengembalikan mobil tersebut.

Di artikel ini aku akan memberikan beberapa tips yang diberikan oleh suamiku saat akan mengembalikan mobil dan setelahnya.

Tentang sewa mobil: Sewa Mobil di Jerman.

Membersihkan Mobil

Jika saat pengambilan mobil sewa kondisi mobil bersih, maka saat dikembalikan pun kondisinya harus seperti itu. Apabila karena satu dan lain hal tidak sempat atau mungkin tidak tahu bagaimana membersihkannya sebaiknya dikomunikasikan ke petugas agen. Siap-siap ada tagihan kebersihan.

Suamiku biasanya membersihkan interior mobil di parkiran mobil dekat apartemen. Alat membersihkan mobilnya adalah alat penyedot debu serta tisu atau lap yang kami miliki.

Jika tidak memungkinkan beliau akan membawa mobil ke pom bensin. Disana ada fasilitas untuk membersihkan mobil mandiri yang berbayar.

Tentang sewa mobil: Cara Sewa Mobil.

Pengisian Bahan Bakar

Apabila saat pengambilan mobil bahan bakarnya atau energinya penuh, maka biasanya mobil harus dikembalikan dalam kondisi yang sama. Bila hal ini tidak dilakukan siap-siap mendapat tagihan dari agen sewa.

tips mengembalikan mobil sewa di Jerman
Tips: Baca lagi surat kontrak sewanya ya jika ada yang terlupa sebelum mengembalikan mobil sewa

Kecuali, jika ada ketentuan lain yang disepakati sebelumnya ya. Misalnya seperti pengalaman pak suami yang memilih agen penyewa saja yang mengisi bahan bakarnya. Setelah itu ia menyesal karena harga yang ditagihkan lebih mahal daripada jika beliau mengisi sendiri di pom bensin langganan.

Tentang sewa mobil: Tips Sewa Mobil.

Lokasi Pengembalian Mobil

Saat ambil mobilkan harus tahu lokasinya dimana. Ketika mobil dikembalikan pun lokasinya harus dicek dulu. Apakah lokasinya di kantor cabang agen yang sama atau berbeda. Selama ini suamiku selalu mengembalikan mobil ditempat dimana ia mengambilnya jika di kota yang sama.

Mobil sewa bisa juga dikembalikan di kota yang berbeda. Nah, ini tentu harus dicari dulu ya lokasinya. Jangan sampai salah.

Selain lokasi, teman-teman pembaca Michdichuns dapat memperhatikan jam kerja kantor agen. Bukan berarti mobil tidak bisa dikembalikan diluar jam kerja ya. Hal ini bisa juga kok dilakukan. Relevansinya adalah bila memang ada rencana untuk mengembalikan diluar jam kerja sebaiknya pastikan dimana lokasi meletakkan kunci mobil.

Biasanya petugas akan memberi tahu saat pengembalian mobil. Just in case, petugasnya lupa dan kita sebagai penyewa juga tidak menanyakan, cari tempat pengembalian kunci yang benar.

Parkirkan mobil di tempat yang benar juga ya. Jangan sampai salah apalagi jika salah parkir mobil ini menyebabkan mobil diderek. Ampuuun deh!

Cek E-mail

Setelah mobil dikembalikan ada satu lagi yang harus dilakukan, yaitu meminta surat keterangan penerimaan mobil dari agen sewa. Jika saat pengembalian ketemu langsung dengan agen, permintaan ini bisa disampaikan langsung. Apabila mobil dikembalikan diluar jam kerja, segera tulis e-mail permintaan.

Surat biasanya akan diperoleh dalam waktu dekat. Disana akan ada pernyataan penerimaan mobil serta permasalahan yang mungkin ditemukan oleh petugas agen sewa.

Apakah ada denda yang perlu dibayar atau biaya bahan bakar atau biaya lainnya akan tertera di surat keterangan ini. Baca baik-baik surat tersebut supaya menghindari sesuatu yang tidak selesai.

Apabila saat berkendara teman-teman terkena jepretan radar biasanya akan ada surat lainnya yang diterima. Suamiku belum pernah dapat surat pelanggaran saat menyewa mobil di agen sewa. Beliau pernah satu kali mendapat surat saat menyewa mobil dari car sharing. Suratnya dikirim langsung ke rumah.

Di dalam surat tersebut dijelaskan cara menyelesaikan pembayaran denda. Semoga ini denda yang pertama dan terakhir.


Jika surat keterangan penerimaan dari agen sewa mobil sudah diterima dan tidak ada masalah artinya penyewaan mobil kita sudah selesai. Semoga semua teman pembaca Michdichuns dapat menyelesaikan penyewaan ini dengan baik ya.

Aku berharap tips-tips yang sebagian besar diberikan oleh suamiku ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang hendak berlibur di Jerman dan menyewa mobil. Dapat bepergian dengan mobil, khususnya bagi yang memiliki anak kecil, banyak keuntungannya dan bisa menjadi pengalaman menyenangkan untuk keluarga.

Selamat beristirahat pasca liburan. Atau mungkin…

Selamat berlibur!

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..