Target menulis tahun 2023 Michdichuns
KLIP

Target Menulis Tahun 2023

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Target menulis di tahun 2023 ini ada empat. Banyak dan mungkin cukup ambisius. Semoga bisa tercapai ya mengingat dua bulan lagi sudah masuk minggu-minggu penantian kelahiran bayi. Kemudian dipertengahan tahun nanti akan ada rencana liburan panjang.

Tapi balik lagi, jika target yang dicanangkan memiliki strong why yang mendasarinya insyaAllah target menulis di tahun 2023 ini bisa tercapai.

Menulis Manuskrip

Menjelang parental leave aku masih ada tanggungan beberapa manuskrip untuk diselesaikan dan dikirimkan ke jurnal ilmiah. Sebenarnya ini bukan target pribadi melainkan bagian dari tugas di kantor. Tapi karena kebetulan aku suka menulis dan manuskrip ini adalah menulis yang berbeda tantangannya aku jadikan juga sebagai bagian dari target.

Kenapa dijadikan target?

Sebab selain manuskrip ini harus selesai, aku harus mengirimkannya ke jurnal. Proses sampai akhirnya bisa dikirim juga tidak semudah itu karena menulis manuskrip ini dikerjakan oleh tim. Jadi banyak lika-likunya.

Aku sebagai penulis utamanya memang memiliki porsi yang lebih banyak, bisa hampir 80-90%. Sisanya biasanya bagian penulis pendamping untuk mempercantik kalimat, koreksi typo, menambah dan menambal kalimat-kalimat yang sudah kutulis sebelumnya.

Ketika pada akhirnya semua setuju dan manuskrip dikirim muncul tantangan berikutnya. Seperti halnya mengirimkan naskah buku ke penerbit, aku juga harap-harap cemas apakah manuskrip akan diterima langsung, perlu revisi atau ditolak sama sekali.

Masalahnya kalau direvisi atau ditolak tapi aku sudah kadung masuk masa cuti…

Tapi semoga saja dimudahkan ya segala sesuatunya. Sehingga saat aku parental leave nanti yang kudapatkan hanya berita-berita baiknya saja. Aaaamiiiinnnn…

Target Menulis Blog

Target berikutnya adalah konsistensi menulis blog setiap hari. Menulis loh ya bukan memposting tulisan blog. Untuk hal yang terakhir ini rasanya aku belum sanggup.

Disaat aku bekerja, aku paling hanya bisa mencicil tulisan tidak sampai selesai. Disaat nanti di rumah saja karena persalinan dan punya bayi pun aku masih belum cukup percaya diri untuk bisa posting cerita setiap hari.

Karena aku cukup sadar diri, maka menurutku yang kubutuhkan adalah menjaga konsistensi untuk menulis blog setiap hari. Jika ternyata di waktu yang kualokasikan aku mampu menyelesaikan cerita di blog, ya bisa kuposkan. Namun, jika ternyata tidak memungkinkan ya tidak apa2 juga.

Lulus Tantangan Menulis

Saat ini aku sedang mengikuti dua buah tantangan menulis. Penyelenggara tantangan menulis ini adalah dua buah komunitas yang berbeda. Walau berbeda kedua penyelenggara mengadakan tantangan dengan durasi yang sama, yaitu satu tahun.

Target yang kucanangkan di bagian ini adalah aku ingin bisa bertahan di dua buah tantangan menulis yang kuikuti sejak awal tahun. Bukan hanya bertahan tapi juga lulus.

Tidak hanya sekedar lulus tetapi juga dapat menyesuaikan tulisan maupun setorannya dengan peraturan-peraturan yang berlaku di komunitas menulis ini.

Jadi yang satunya adalah tantangan menulis yang diadakan oleh Kelas Literasi Ibu Profesional. Tantangan lainnya diselenggarakan oleh seorang blogger keren yang membuka wadah menulis bertema travelling. Alhamdulillah sejauh ini aku masih bisa bertahan meskipun sempat up and down tertatih-tatih di keduanya selama satu bulan terakhir.

Menghasilkan Karya Tulis

Yang terakhir adalah target menghasilkan karya tulis baik berupa publikasi di jurnal yang memiliki impact factor tinggi, skripsi di KLIP, bertahan di komunitas menulis travelling maupun cerita-cerita di blog yang jumlahnya cukup banyak dan menarik minat pembaca blog.

Jika beruntung siapa tahu bisa menghasilkan buku dari menulis di KLIP seperti halnya beberapa peserta KLIP di tahun 2022 lalu. Atau paling tidak skripsi yang ditulis dapat dijadikan ebook yang bermanfaat bagi orang banyak.

Tentu saja aku akan tambah bahagia jika manuskrip yang kutuliskan bisa tembus jurnal internasional dengan impact factor yang lumayan tinggi.

Target Menulis dan Tantangan Menulis

Kenapa sudah bulan Februari malah baru menulis target menulis tahun 2023?

Sebab aku sedang mengikuti tantangan tema menulis mingguan yang diadakan di KLIP. Minggu lalu tantangannya adalah kata “Target”. Inilah target baruku ditahun 2023.

Setelah rutin menulis setiap hari rasanya ada yang berbeda. Seperti ada sesuatu di dalam otak yang bisa dikeluarkan. Akhirnya di otak terdapat ruang-ruang kosong yang siap menampung ilmu-ilmu baru. Jadi asyik menurutku.

Manfaat menulis jadi lebih luas lagi. Semoga niat baik ini bisa terjaga konsistensinya sampai akhir tahun 2023. Aaaaamiiiinnn!

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..