Transportasi Hannover ke Salzburg Michdichuns
Austria

Salzburg: Transportasi Hannover – Salzburg

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Tahun lalu kami menghabiskan liburan musim gugur di Austria. Kota pertama yang kami kunjungi adalah Salzburg. Kami memilih kota ini karena lokasinya yang dekat dengan perbatasan Jerman sehingga jarak tempuhnya lebih dekat dari Hannover. Kali ini aku akan bercerita tentang perjalanan yang kami lakukan dari Hannover ke Salzburg.

Moda Transportasi Menuju Salzburg

Untuk transportasi dari Hannover menuju Salzburg kami menggunakan kereta. Moda transportasi ini kami pilih sebab durasi tempuhnya lebih singkat bila dibandingkan dengan menggunakan bus. Dengan menggunakan kereta dan sudah dihitung waktu transit untuk pindah kereta total durasi perjalanannya adalah sekitar delapan setengah jam.

Bila menggunakan bus, seperti halnya ketika aku dan keluargaku travelling ke Copenhagen, durasi perjalanannya paling cepat hampir tiga belas jam. Itupun tidak langsung seperti bus ke Copenhagen. Perjalanan menggunakan bus ke Salzburg dari Hannover harus pindah bus satu kali di terminal bus Muenchen.

Cerita transportasi ke Copenhagen dapat dibaca ditulisan blog ini yang berjudul Copenhagen: Transportasi.

Disamping durasi tempuh yang lebih singkat, kami juga menemukan jadwal kereta yang menguntungkan. Untung disini dalam artian kami jadi tidak perlu mengeluarkan dana untuk penginapan karena perjalanan kereta yang kami pilih adalah malam hari atau lebih tepatnya tengah malam. Keuntungan yang lainnya lagi dari pilihan ini adalah aku dan suami tidak perlu menambah hari cuti karena kereta berangkatnya malam hari di hari Jumat.

Kereta ICE Hannover Muenchen tengah malam untuk perjalanan ke Salzburg
Tidur di kereta leg pertama rute Hannover – Muenchen. Waktu itu untuk bepergian menggunakan kereta masih wajib menggunakan masker.

Jadwal Keberangkatan

Jadwal keberangkatan kereta dari Hannover menuju Salzburg sengaja kami pilih hari Jumat dan tiba di Salzburg hari Sabtu. Tujuannya supaya kami dapat memaksimalkan hari akhir pekan yang ada untuk travelling di Salzburg nantinya.

Jadwal kereta tidak hanya satu. Alternatif jadwal keberangkatan ada banyak tergantung dari jenis kereta apa yang kita pilih dan biaya yang kita miliki. Waktu itu kami memilih untuk mengombinasikan antara kereta ekspres Jerman (ICE) dengan kereta regional. Dari segi harganya lebih murah dibandingkan jika kami menaiki kereta ekspres Jerman dan Austria.

Kedua kereta ini berangkat dari Muenchen di waktu yang tidak berbeda jauh. Ketibaan di Salzburg pun tidak sampai satu jam perbedaannya. Namun, harga tiket yang harus dibayar antara dua kereta ekspres dan kombinasi kereta ekspres-regional tentu saja berbeda banyak.

Kami pergi dari Hannover menaiki kereta ICE jurusan Muenchen pukul 00.03. Tiba di Muenchen pukul 6.04 pagi. Kami punya waktu sekitar 51 menit untuk berpindah ke kereta regional milik Bayern, BRB atau Bayerische Regiobahn. Kereta ini berangkat pukul 6.55 dan tiba di Salzburg Hauptbahnhof pukul 8.42.

Michdichuns tiba di Salzburg setelah naik kereta dari Hannover dan Muenchen.
Wajah bahagia akhirnya tiba di Salzburg walau hanya tidur sambil duduk di kereta.

Tiba di Salzburg memang masih pagi banget. Toko-toko yang ada di stasiun saat itu juga baru mulai buka dan bahkan ada yang masih tutup. Yang paling penting toko yang menjual makanan untuk mengisi perut alias sarapan sudah buka.

Waktu itu kami tidak punya banyak waktu untuk sarapan. Kami sudah mendaftar free walking tour Salzburg yang jam mulainya kurang lebih sekitar setengah jam dari jam ketibaan kami di Salzburg. Akhirnya kamipun terburu-buru menyimpan koper kemudian segera bergegas menuju tempat titik temu yang diarahkan oleh operator free walking tour.

Cerita pertama tentang Salzburg di blog ini: Salzburg-3 Hari 2 Malam.

Harga Tiket

Karena kami memilih moda transportasi kereta untuk perjalanan kali ini, kami jadi irit banyak sekali. Penyebabnya adalah jenis kereta yang kami pilih, jam keberangkatan serta kartu diskon yang dimiliki olehku dan suami.

Anakku yang berusia dibawah 15 tahun tidak perlu membayar tiket. Akupun mendapat potongan tiket sebesar 25 persen karena memiliki kartu Bahncard 25. Suamiku yang dari kantornya difasilitasi kartu Bahncard 100 tidak perlu membayar tiket kereta lagi.

Jika ingin tahu tentang Bahncard, aku sudah pernah menuliskannya ditulisan yang berjudul Bahncard.

Khusus untuk tiket suamiku kami sebetulnya surprise. Ketika membeli tiket kereta Copenhagen – Hannover suami masih harus membayar tiket kereta Copenhagen – Hamburg. Untuk kali ini ia tidak perlu membayar tiket sama sekali karena kereta yang kami naiki semuanya masih dibawah operasi perusahaan Jerman. Yang artinya sudah termasuk dalam iuran bulanan kartu yang dibayarkan oleh suamiku.

Ada untungnya juga kami tidak memilih opsi perjalanan menaiki kereta ekspres Jerman dan Austria.

Untuk perjalanan ini kami hanya membayar tiketku saja sekitar 50 Euro. Kemudian supaya diperjalanan nyaman kami menambah reservasi tempat duduk sebesar 9 Euro untuk keluarga. Totalnya kami menghabiskan sekitar 59 Euro untuk tiket transportasi dari Hannover ke Salzburg.

Tips Membeli Tiket Transportasi Salzburg

Tips yang dapat kuberikan untuk bisa menghemat dana transportasi antara lain carilah jadwal keberangkatan kereta di waktu yang bukan prime time. Jam pulang kantor, jam berangkat kantor atau pagi hari biasanya harga tiket relatif mahal.

Kemudian, kombinasikan kereta ekspres dengan regional. Tapi ini perlu hati-hati juga sih karena tidak selamanya kombinasi ini bisa memberikan harga murah. Tapi seringnya bisa dapat harga yang lebih miring dibandingkan jika menggunakan kereta ekspres untuk keseluruhan perjalanan kita.

Jangan lupa perhatikan durasi perjalanan ya. Kalau durasinya jauh berbeda, biasanya aku lebih memilih menggunakan kereta ekspres yang durasinya lebih pendek. Menambah sedikit biaya tiket tapi lebih cepat sampai untukku adalah sebuah pilihan yang terbaik mengingat aku membawa anak kecil dalam perjalanan kami.

Semoga bermanfaat dan tunggu cerita berikutnya di Salzburg!

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..