Hidup di Jerman

Salju Perdana di Hannover di Akhir Tahun 2021

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…

Bismillahirrohmaanirrohiim…

Hannover dan Salju

Jika mencari musim dingin yang bersalju sebaiknya jangan cari di Hannover. Meskipun hampir di setiap musim dingin turun salju, ketebalan dan keawetan salju di Hannover itu tidak bisa dibandingkan dengan film-film yang menayangkan tentang salju. Selama aku tinggal di Hannover, baru tiga kali aku merasakan salju yang benar-benar tebal. Yang paling tebal dan berdurasi terlama mencairnya, alhamdulillah, sudah pernah kurasakan di awal tahun 2021 lalu.

Lalu mengapa di Hannover saljunya tidak selalu tebal dan awet?

Hannover terletak di bagian utara Jerman. Menurut website doesitsnowin daerah utara cuacanya lebih hangat saat musim dingin dibandingkan di daerah Jerman selatan. Biasanya di daerah utara lebih banyak turun hujan daripada salju. Hal ini bisa disebabkan karena di utara terletak di dataran rendah. Tentunya tidak semua wilayah di utara ya. Di beberapa lokasi pegunungan, suhu udaranya juga bisa rendah dan turun salju.

Ketika turun salju lalu saljunya hilang karena tersapu hujan, kami sudah biasa. Ketika salju turun tipis-tipis dan ketebalannya tidak mencapai mata kaki, kami pun sudah bersyukur. Yang penting bisa main salju meskipun hanya sebentar saja.

Sebelumnya aku sudah pernah bercerita tentang salju di tahun 2016 dan 2018.

Tanda Turun Salju

Walaupun jarang turun salju, beberapa kali aku bisa menebak tanda salju akan turun. Eh, aku bukan peramal ya.. Hanya saja setelah kuamati dan rasakan biasanya salju turun setelah ada perubahan-perubahan kondisi.

Biasanya beberapa hari sebelum salju turun, langitnya berwarna abu-abu gelap. Suasananya kelabu. Suhu udara bisa langsung turun mendadak atau perlahan-lahan. Kadang bisa langsung tiba-tiba sampai dibawah nol. Selain itu bisa juga muncul kabut yang tebal. Dan sebelum salju beneran turun biasanya suhunya sangat sangat dingin sekali yang rasanya berbeda. Dingin tapi segar.

Setelah salju turun, rasanya lebih segar dan fresh. Meskipun suhunya masih sama-sama dibawah 0 derajat Celcius, rasanya akan jauh lebih hangat dibandingkan sebelum salju turun. Kondisi udara pasca salju itu enak sekali.

Turun Salju di Hannover

Beberapa hari yang lalu di Hannover tiba-tiba udaranya sangat dingin. Yang tadinya bisa pakai mantel atau jaket yang masih tipis tiba-tiba kok dingin yang rasanya sampai menusuk tulang. Padahal dibalik jaket aku sudah memakai pakaian yang biasanya membuatku cukup hangat. Setelah itu muncul kabut tebal selama dua hari.

Kabut yang lumayan tebal.
Kabut di Hannover.

Di hari terakhir tiba-tiba turun hujan es. Kebetulan karena hari itu aku ada keperluan, pergilah aku ke luar apartemen dengan menggunakan sepeda. Di tengah jalan aku merasa seperti turun hujan. Semakin lama semakin deras sampai bikin mataku kelilipan. Jelas kalau sampai kelilipan bukan air. Ternyata salju turun cukup deras!

Salju tipis

Salju ini tidak bertahan lama. Hanya dalam waktu beberapa jam turun hujan yang mencairkan butiran-butiran salju tadi. Tidak apa.. Siapa tahu masih ada rejeki bertemu salju-salju lainnya sebab ini masih awal musim dingin.

Nah, teman-teman michdichuns masih ada yang penasaran sama salju? Semoga suatu hari nanti bisa merasakan salju beneran ya, aaamiiinnnn…

Atau mungkin ada yang memiliki tanda khas akan turun salju yang berbeda? Boleh dong diceritakan disini..

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..