review website michdichuns 2021
Blogging

Review Blog Michdichuns Tahun 2021

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…

Bismillahirrohmaanirrohiim…

Satu Tahun Blog TLD

Waktu berjalan begitu cepat. Tidak terasa sudah satu tahun blog Michdichuns berpindah dari wordress.com menjadi blog yang memiliki domain (dot)com. Saat memutuskan untuk memiliki blog TLD aku hanya memiliki satu tujuan, yaitu supaya lebih bebas berkreasi dan semakin konsisten menulis. Kenyataannya aku memang produktif menulis, aku menepati janjiku untuk menjaga konsistensi menulis di blog.

Aku menceritakan strong why memiliki blog TLD pada tulisan pertama di awal tahun 2021.

Menulis blog adalah sebuah caraku untuk bercerita mengenai pengalamanku yang merupakan orang Indonesia di perantauan. Selama merantau ada saja pengalaman baru, informasi baru dan pengetahuan-pengetahuan baru yang kuperoleh. Menurutku apa yang kualami bisa menjadi informasi baru lagi bagi orang-orang lain, khususnya para pembaca blog ini, yang bermanfaat. Setidaknya jika tidak bermanfaat kali ini, bisa jadi dimasa yang akan datang.

Belakangan aku sedang giat untuk meningkatkan kapasitas diriku, baik itu sebagai seorang perempuan individu hamba Allah, seorang istri, seorang ibu, dan seorang manusia sosial bagian dari masyarakat. Self improvement ini sayang sekali jika proses maupun hasilnya tidak diceritakan. Barang kali teman-teman pembaca juga memiliki tantangan yang sama dan tidak tahu bagaimana menghadapi tantangan tersebut. Ketika mencari informasi di dunia maya untuk menghadapi tantangan dan ternyata dapat menemukan inspirasi dari tulisan yang ada di blog ini, bagiku akan menjadi sesuatu hal yang menyenangkan. Menebar manfaat lebih luas lagi.

Lagipula ada rasa yang menyenangkan setiap kali aku selesai menulis. Seperti ada ruang kosong di pikiranku setiap kali aku berhasil menceritakan pengalamanku atau proses belajar dan hasilnya di blog. Ruang yang kosong ini siap untuk diisi kembali dengan pengalaman dan ilmu baru lainnya. Begitu terus seperti siklus. Ini memberikan kebahagiaan untukku.

Jadi apa saja yang sudah kulakukan di blog ini selama tahun 2021 lalu?

Apa saja yang tercatat di data statistik blog Michdichuns?
Sumber gambar: Canva dengan kreativitas penulis.

Capaian Blog Michdichuns

Angka-angka yang menunjukkan data statistik pencapaian blog kuperoleh melalui plugin Jetpack. Bakat analytical ku biasanya akan meronta jika aku tidak menyajikan data-data ini secara menyeluruh namun mudah untuk dipahami oleh pembaca. Oleh karena itu aku akan membagi ke dalam beberapa sub judul seperti di bawah ini

Capaian tahunan pengunjung

Dalam rentang waktu satu tahun tercatat sebanyak 803 pengunjung blog Michdichuns. Untukku yang termasuk pemula dalam menulis blog, jumlah kunjungan dalam satu tahun ini luar biasa. Aku tidak pernah menargetkan angka khusus untuk jumlah pengunjung blog. Jika dirata-rata berarti tiap bulan terdapat sekitar 67 pengunjung. Jika jumlah ini dibagi lagi, bisa diperkirakan tiap hari sekitar dua pengunjung. Tentunya angka-angka ini tidak saklek seperti itu ya. Karena jika aku memperhatikan diagram batang yang ada di stats wp-admin, tidak selalu setiap hari blog ku dikunjungi oleh pembaca.

Setiap melihat data pengunjung, aku selalu ingin tahu darimana saja pengunjung ini berasal. Apakah dari seluruh penjuru dunia atau hanya dari Indonesia dan Jerman saja. Kalaupun hanya di kedua negara ini, aku maklum sebab blog ini berbahasa Indonesia dan cerita yang ditulis seputar kehidupan di negara Jerman. Ternyata data menunjukkan blog dikunjungi oleh pembaca yang berasal dari lima benua. Paling banyak memang berasal dari Indonesia diikuti oleh pengunjung dari Jerman, Amerika Serikat, Belanda dan Cina.

Sebaran pengunjung blog Michdichuns di seluruh dunia.
Sumber gambar: Canva dengan kreativitas penulis.

Berikutnya aku cukup terkejut saat mengetahui bahwa secara keseluruhan tulisan yang ada di Michdichuns dilihat atau dibaca sebanyak 1354 kali. Jika dirata-rata per hari memang masih kecil, sekitar 3 kali. Tapi bagiku yang memang tahun lalu tidak memiliki target angka, jumlah ini sudah lumayan. Paling tidak sudah lebih dari 1 kali. Alhamdulillah…

Capaian tahunan post

Rupanya tulisanku yang berjudul Mengurus Pindah Sekolah di Jerman mendapatkan views paling banyak, yaitu sebanyak 36 kali. Kemudian diikuti oleh tulisan berikutnya yang terkait dengan Ibu Profesional, yaitu jurnal Telur Hijau kelas Bunda Cekatan (35 kali). Di peringkat ketiga yang dibaca sebanyak 34 kali rupanya adalah tulisan yang terkait dengan kesenanganku membuat mainan atau sarana belajar anak. Dari zaman masih di blog wordpress.com tulisan yang berjudul Membuat Sandpaper Number Montessori memang selalu menempati posisi teratas yang sering dibaca oleh teman pembaca michdichuns.

Jumlah likes dan comments sayang masih minim sekali. Blog Michdichuns hanya mendapatkan masing-masing satu bintang dan delapan komentar selama satu tahun. Tapi tidak apa, blog ini memiliki rekor lainnya yang jauh lebih baik dan membanggakan untukku. Di salah satu hari di bulan Desember 2021 lalu, dalam jangka waktu 24 jam blog ini memperoleh 37 views. Lumayan kan?

Referrer

Jadi darimana para pengunjung mengetahui blog juga dapat diketahui. Ini merupakan data yang bagus sebagai dasar untuk menentukan strategi meningkatkan jumlah pengunjung blog. Media sosial seperti Facebook dan Instagram menjadi dua pintu teratas. Selain itu aplikasi wordpress reader dan linktr.ee juga menjadi perantara antara pengunjung dan blogku.

Capaian Bulanan

Berikutnya aku ingin membandingkan capaian per bulan yang kusajikan dalam tabel di bawah ini:

BulanTulisanVisitorsViewsTop Post
Januari1496147Hello world!
Februari1299149Bunda Cekatan: Peta Belajar
Maret64771Bunda Cekatan: Antara Keluarga Bahasa dan Keluarga Literasi
April304263Bunda Cekatan: Tantangan 30 Hari dan Puasa 4 Pekan Hari 1
Mei2657100Pengalaman Tes COVID-19 Perdana di Jerman
Juni1264108Rumah Belajar di Ibu Profesional Efrimenia
Juli1279141Persiapan Menyambut Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi
Agustus766107Aku dan Pramuka
September14368Membuat Sandpaper Number Montessori
Oktober25893Mengurus Pindah Sekolah di Jerman
November149117Menulis Dalam Bahasa Indonesia
Desember8103191Bunda Cekatan: Jurnal Telur Hijau

Ternyata dalam satu tahun aku menulis sebanyak 131 cerita. Dari tiap-tiap cerita itu biasanya aku menuliskan minimal 300-500 kata. Tahu dari mana? Aku mengetahuinya sebab tulisan-tulisan yang aku tulis disini biasanya kusetorkan di Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Ketika menyetorkan aku harus menyebutkan berapa banyak jumlah kata yang telah kutulis.

Dari tabel diatas tampak bahwa sejak bulan Agustus aku sedikit sekali menulis di blog. Jumlah tulisan yang muncul di blog tidak mempengaruhi jumlah pengunjung. Bulan April dan Mei muncul sebagai bulan dengan jumlah tulisan baru terbanyak pertama dan kedua sebab di bulan tersebut aku mengikuti kelas Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional. Salah satu tahapannya menantang untuk menuliskan jurnal setiap hari. Tidak heran jika jumlah tulisan di dua bulan tersebut cukup banyak.

Apresiasi

Setelah menuliskan capaian selama satu tahun aku merasa sedikit kecewa dengan penurunan konsistensi menulis di blog. Konsistensi menulisku setiap hari tetap terjaga namun tidak dilakukan di blog. Sejujurnya karena aku banyak menulis di tempat kerja mempengaruhi mood menulisku di blog. Selain itu beberapa kali aku juga menulis di Google Docs yang tidak dipublikasi untuk umum.

Walaupun begitu aku cukup senang mengetahui jumlah tulisan yang kuproduksi di blog selama satu tahun ini. Jumlah tulisanku yang sebanyak lebih dari seratus ini tentunya sangat banyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Peluk hangat untuk jari-jari, gawai dan juga otak yang sudah bekerja sama dengan baik sehingga aku bisa produktif di blog Michdichuns.

Aku berharap kegiatanku di komunitas Ibu Profesional, khususnya di KLIP juga mempengaruhi semangatku menulis di blog. Oleh karena itu tahun ini aku berniat mendaftar kembali KLIP 2022. Apalagi akan ada banyak kelas-kelas baik di Ibu Profesional maupun di KLIP yang dapat meningkatkan kemampuanku dalam menulis.

Selain itu keikutsertaanku di komunitas menulis lainnya bisa terus memompa semangatku untuk terus berkarya, produktif dalam menghasilkan karya tulis yang bermanfaat. Bismillahirrohmaanirrohiim menebar manfaat dan mencari amal jariyah melalui tulisan.

Bagaimana capaian menulismu di tahun 2021 lalu, teman-teman pembaca Michdichuns?

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..