target blog 2022
Blogging

Resolusi Blog Michdichuns Tahun 2022

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…

Bismillahirrohmaanirrohiim…

Menyusun resolusi blog tahun 2022 khususnya untuk blog Michdichuns adalah upaya yang kulakukan untuk meningkatkan produktivitasku sebagai blogger. Agar dapat memperoleh resolusi yang ciamik aku melakukan beberapa hal yang kutulis disini sebagai tips menyusun resolusi.

Tips Menyusun Resolusi

Untuk pertama kalinya aku akan menyusun resolusi untuk blog Michdichuns. Menurutku menyusun resolusi ini bisa menambah semangat untuk terus produktif. Dampak dari resolusi ini bisa melebar menjadi peningkatan kemampuan dan keahlian. Ini asumsiku loh ya hehehe.. Karena aku berasumsi seperti itu aku melakukan riset ekstra dalam penyusunan resolusi blog di tahun 2022. Aku mencari tips-tips dari berbagai sumber di dunia maya yang bertujuan agar resolusi yang kubuat dapat kucapai. Berikut ini adalah beberapa tips yang menurutku cocok untuk kuterapkan.

  1. Mengetahui data capaian blog di tahun sebelumnya
  2. Menganalisa keberhasilan dan kegagalan tahun sebelumnya
  3. Tentukan strong why
  4. Mengetahui hal yang disukai dan membuat bahagia
  5. Jumlah yang ingin dicapai tidak terlalu banyak, baby steps
  6. Membuat mindmapping
  7. Menggunakan metode SMART (spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, sesuai dengan kebutuhan dan diri kita, jangka waktu yang realistis)

Dua poin teratas sudah kutulis di cerita tentang evaluasi blog di tahun 2021.

Kategori Cerita di Blog

Sesungguhnya jika ada yang bertanya apa niche dari Michdichuns jawabannya aku tidak tahu. Aku merasa cerita-cerita yang ada disini gado-gado. Kadang aku bercerita tentang belajarku di sebuah kelas online. Aku sering menulis tentang perjalananku bersama keluarga setelah liburan. Cerita yang bertema kesehatan juga bisa ditemukan disini.

Walaupun terdiri dari berbagai jenis tema aku mengkategorikan cerita-ceritaku menjadi beberapa kategori dan subkategori yaitu:

  • Hidup di Jerman: Umum, Hamil, Bayi, Kegiatan Anak, Sekolah, Kegiatan Ibu, Kegiatan Keluarga
  • Ibu Profesional: Umum, Kampung Komunitas, KLIP, Transcity, Bunda Sayang, Bunda Cekatan
  • Catatan: Umum, Kesehatan, Mindfulness
  • Keahlian: Blogging, Menulis, DIY
  • Wisata: Umum, Belanda, Denmark, Hungaria, Jerman

Dari semua subkategori tersebut persebaran tulisannya tentu saja tidak sama. Aku pernah membaca bahwa sebaiknya seorang blogger mengetahui jumlah tulisannya di tiap kategori yang ada di blognya. Tujuannya adalah untuk mengetahui pada kategori apa jumlah tulisannya paling banyak. Kemudian mempertimbangkan apakah perlu untuk mempertahankan kategori yang tidak terlalu banyak jumlah tulisannya. Kategori dengan jumlah terbanyak ini bisa jadi adalah tema tulisan yang menjadi spesialisasi blogger tersebut.

Data ini dapat pula digunakan dalam membuat perencanaan konten blog. Informasi yang kuperoleh adalah perencanaan konten atau bahasa kerennya Blog Planner dapat membantu seorang blogger untuk menulis.

Data Tiap Kategori

Selama tahun 2021 lalu sebaran tulisanku di blog pada tiap kategorinya adalah sebagai berikut:

No.KategoriSubkategoriJumlah
1Ibu ProfesionalBunda Cekatan62
2Hidup di Jerman15
3Catatan15
4Hidup di JermanKegiatan Anak7
5Ibu ProfesionalKLIP7
6CatatanKesehatan6
7Hidup di JermanSekolah5
8Hidup di JermanKegiatan Ibu5
9CatatanMindfulness4
10KeahlianMenulis4
11Ibu ProfesionalKampung Komunitas4
12Ibu ProfesionalBunda Sayang4
13Hidup di JermanKegiatan Keluarga3
14Wisata3
15Ibu ProfesionalTranscity2
16Ibu Profesional1
17KeahlianBlogging1

Dari tabel di atas terlihat bahwa selain jurnal Bunda Cekatan, tulisan yang terbanyak adalah seputar kehidupan di Jerman dan catatan-catatan. Catatan yang dimaksud disini antara lain saat aku menulis tentang opini, ilmu baru yang kudapatkan maupun mengulas tentang suatu hal. Dari sini aku bisa merencanakan tema-tema yang akan kutulis dan kembangkan di 2022. Aku harus bisa menulis lebih banyak lagi pada kategori lain di luar jurnal setoran kelas-kelas di Ibu Profesional.

Strong why 2022

Berdasarkan data tahun 2021 aku merasa perlu memperbarui lagi alasan kuat untuk menulis blog. Aku menulis di blog niat utamanya adalah untuk berbagi pengalaman dan informasi yang kuperoleh di Jerman serta usaha dalam meningkatkan kapasitas sebagai seorang manusia yang memiliki berbagai peran.

Di tahun 2022 ini aku ingin materi yang kubagikan memiliki mutu yang baik, menjadi jembatan untuk memperluas pertemanan dan mendapat apresiasi yang membahagiakanku. Apresiasi ini bisa berupa apa saja. Sesuatu hal yang membuat tingkat kebahagiaanku meningkat.

Target Capaian 2022

Resolusi 2022 untuk blog Michdichuns ada tiga hal:

  • Mencegah plagiarisme sejak Januari 2022
  • Jumlah artikel per bulan minimal 15
  • Peningkatan jumlah views dan visitors lebih dari 2021
  • Monetisasi
menyusun resolusi untuk meningkatkan capaian diri
Resolusi dapat meningkatkan capaian diri, benar atau salah?
Sumber gambar: Canva.

Untuk mencapai resolusi tersebut ada beberapa hal yang dapat kulakukan:

Anti plagiat

Aku ingin setiap bulan melakukan pemeriksaan plagiarisme melalui website tertentu yang dianjurkan oleh Niagahoster. Dari sini aku berharap dapat mengetahui apakah tulisanku disalin oleh orang lain. Selain pemeriksaan rutin aku juga melakukan tindakan preventif berupa aktivasi plugin Copy Protection. Jika aku sudah berhasil mengaktivasi, insyaAllah aku akan menuliskan ulasannya di blog.

Jumlah tulisan

Untuk meningkatkan jumlah tulisan di blog aku mengikuti Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Kebetulan ada format baru yang telah disiapkan oleh tim KLIP untuk pesertanya. Berdasarkan ulasan rencana 2022 yang sudah kutonton sebelumnya, para peserta nanti akan mendapatkan ilmu-ilmu yang dapat meningkatkan kapasitas peserta sebagai seorang penulis. Menarik kan?

Selain itu untuk mendongkrak jumlah tulisan aku berencana untuk bergabung di komunitas blogger lainnya. Beberapa hari terakhir aku sudah penasaran dengan satu komunitas tertentu. Semoga aku bisa diijinkan untuk bergabung disana.

Pelatihan blogging

Mengikuti pelatihan-pelatihan baik yang diadakan oleh Ibu Profesional maupun komunitas menulis atau blogger tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu karya tulisku di blog. Jika mutu tulisan meningkat dan ketentuan untuk dapat dideteksi oleh search engine meningkat, aku berharap bisa menebar manfaat yang lebih luas.

Monetisasi

Enjoy, Easy, Excellent, Earn atau yang biasa dikenal dengan istilah 4E merupakan indikator apakah sebuah bidang merupakan bakat seseorang. Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan untukku dan rasanya mudah saja untuk menulis. Ide tulisan sering kali kudapatkan dimana saja. Dari ide sederhana kadang bisa kukembangkan menjadi tulisan yang panjang maupun pendek. Blog dan buku adalah media menulisku.

Saat ini aku sedang terus berusaha agar aku menjadi ahli atau paling tidak menghasilkan karya tulis di blog yang bagus. Hal ini aku lakukan dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan. Bagian terakhir dari 4E adalah earn yang rencananya ingin aku capai dengan cara mendaftarkan ke google adsense serta berjuang untuk memenangkan perlombaan blog.

Pesan Penting

Di bulan Desember lalu aku sempat mengikut pelatihan menulis blog pemula yang diadakan oleh komunitas menulis Ibu-ibu Doyan Nulis atau biasa disingkat IIDN. Aku membutuhkan tips-tips dasar untuk blogger pemula dari ahlinya langsung. Meskipun sudah bertahun-tahun menulis blog tapi aku merasa masih terus pemula karena kemampuanku masih disitu-situ saja.

Tips utama yang kudapatkan dari mbak Wid, ketua IIDN adalah menulis menulis dan menulis. Tulisan yang dibuat tidak perlu dipublikasi langsung yang penting setiap hari menulis. Dari sini nanti akan muncul habit dan konsistensi baru. Menulis setiap hari menjaga konsistensi seorang penulis dalam menghasilkan karya tulis. Dari konsistensi yang paripurna ini nantinya target-target yang dicanangkan pelan-pelan dapat diraih. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Mohon doanya supaya dimudahkan.

Konsistensi adalah kunci produktivitas
Konsistensi adalah koentji!
Sumber gambar: Canva dengan kreativitas penulis.

Apa resolusi teman-teman pembaca di tahun 2022? Adalah resolusi spesifik di bidang menulis seperti yang sudah kuceritakan di atas?

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..