Bunda Sayang,  Ibu Profesional

Pre Bunsay #4: Aktualisasi Diri

Assalamualaikum..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan untuk dapat mencapai prestasi kinerja yang memuaskan dengan cara mengoptimalisasi kecakapan, ketrampilan, kemampuan, dan potensi diri. Di jaman ini dilema seorang istri dan ibu adalah.. bekerja atau tidak bekerja?

Sejak bergabung di komunitas Ibu Profesional aku menyadari bahwa..

Yang membedakan adalah bagaimana kesungguhan dalam menjalani peran yang dipilih. Tidak ada yang lebih baik dari salah satunya sebab masing-masing ranah memiliki tantangan, ujian, dan konsekuensinya sendiri. Oleh karena itu segala rahmat, karunia, kemampuan, potensi yang diberikan oleh Allah kepada kita harus digunakan untuk memaksimalkan peran tersebut.

Every mom has her own battle, win yours without being down to others

Peran dan produktivitas apapun yang dipilih, seorang istri dan ibu wajib menyadari amanah utamanya yaitu keluarga. Jangan sampai produktif di ranah domestik maupun publik melupakan mendidik anak dan membersamai suami.

Apa yang harus dilakukan?

  1. Penerimaan diri atas peranan yang dipilih.
  2. Fokus, bahagia, dan bersungguh-sungguh menjalani keputusan yang diambil.
  3. Meyakini bahwa menjadi produktif bisa dari mana saja. Memaknai produktivitas sebagai wujud menambah syukur, menegakkan taat, dan berbagi manfaat.
  4. Memiliki strategi agar seimbang dalam berkarya, mendidik anak, dan membersamai suami.
Indikator memilih peran di ranah domestik maupun ranah publik

Isi materi ini buatku seperti air yang diguyur di kepala. Pindah ke Jerman sepertinya merupakan cara Allah untuk membuka mata dan wawasanku sebab setelah tinggal beberapa tahun ada banyak prioritas yang bergeser dan fleksibilitas yang berubah. Mohon doanya ya teman!

-ameliasusilo

Referensi:

Institut Ibu Profesional. Pra Bunda Sayang: Aktualisasi Diri Seorang Perempuan. 2019.