Bunda Sayang,  Ibu Profesional

Pre Bunsay #2: Manajemen Waktu

Assalamualaikum..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Agar memiliki manajemen waktu yang baik maka seseorang butuh pembiasaan pada dirinya. Sehingga harus sabar dan semangat dalam menjalani proses pembiasaan tersebut.

Kenapa manajemen waktu penting? Karena manfaatnya untuk kita, ibu yang aktif baik di ranah domestik maupun publik, sangat banyak. Contohnya semua target dan tujuan yang kita susun bisa tercapai, meningkatkan produktivitas, bebas dari stres dikejar deadline, dan menjadi lebih semangat menjalani hidup karena yakin tidak ada yang akan dilupakan.

Bagaimana strateginya?

List: Jabarkan seluruh aktivitas yang akan kita kerjakan dalam waktu tertentu. Kemudian dikelompokkan menjadi 4 kuadran berdasarkan skala penting dan mendesak.

Plan: bikin perencanaan kandang waktu.

Action: Pasang komitmen dalam diri, lalu lakukan apa yang telah direncanakan, dan usahakan untuk terus konsisten.

Recheck: Selalu evaluasi apakah kita telah mengerjakan semuanya dan jangan sampai ada yang terlewat.

Ada beberapa tips yang diajarkan dalam kuliah ini. Diantaranya, dalam aktivitas harian sebagai seorang ibu yang sebaiknya diingat adalah anak dan suami menjadi prioritas utama (put first thing first). Hendaknya mereka didahulukan apabila berbenturan aktivitas. Kemudian untuk menghindari kebingungan dan dalam rangka memberitahukan aktivitas yang dilakukan kepada penghuni rumah lainnya maka mengkomunikasikan jadwal yang telah kita susun secara visual akan membantu kita.

Lalu lakukan aktivitas setahap demi setahap, lakukan sekarang juga, dan tidak ditunda (one bite at time).

Carilah waktu yang tepat untuk melakukan perkerjaan-pekerjaan tertentu. Diri kita sendiri yang dapat mengenali waktu optimal untuk fokus dan berkonsentrasi. Kemudian coba juga untuk memahami sejauh mana kemampuan kita dalam multitasking (manajemen fokus).

Perkejaan rumah menurutku adalah pekerjaan yang tidak ada habisnya padahal tidak semua pekerjaan kusukai dan bisa kukerjakan. Delegating atau mendelegasikan tugas rumah kepada penghuni rumah lain adalah cara yang ampuh. Latih anggota rumah => percayakan => kerjakan => ditingkatkan => latih lagi => percayakan lagi => ditingkatkan lagi => begitu seterusnya.

Beberapa sudah mulai aku lakukan dan aku mulai menikmati manajemen yang aku lakukan. Sekali lagi aku butuh konsistensi dalam melaksanakan manajemen waktu ini.

Semoga bermanfaat!

-ameliasusilo

Referensi:

Tim Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Manajemen Waktu Kuliah Bunda Sayang. 2019.