Kegiatan Anak,  Kesehatan Fisik

Periksa Gigi Anak Perdana di Tahun 2021

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Sejak pemeriksaan gigi anak untuk pertama kalinya beberapa tahun yang lalu, aku selalu rutin mengantarkan anakku pergi ke dokter gigi setiap empat – enam bulan sekali. Jadwal untuk periksa gigi sudah langsung dibuat setiap anakku selesai pemeriksaan gigi. Apakah pemeriksaan rutin ini karena anakku ada masalah di giginya? Alhamdulillah tidak.. Sejauh ini kesehatan gigi dan mulutnya dalam kondisi prima.

Sejak temuan ada karies di giginya saat pemeriksaan perdana beberapa tahun lalu, aku selalu berusaha untuk mematuhi jadwal rutin yang telah diberikan oleh praktek dokter gigi anakku. Lebih baik melakukan pencegahan daripada pengobatan kan? Kapan-kapan aku akan bercerita mengenai pengalaman perdana pemeriksaan gigi dan tentang sistem pemeriksaan gigi anak di Jerman, insyaAllah.

Setiap kali melakukan pemeriksaan gigi sebetulnya anakku mendapatkan prosedur pemeriksaan yang sama. Anakku sampai hapal dia harus melakukan apa hehehe.. Lalu, apa yang istimewa saat pemeriksaan di bulan Januari 2021 lalu?

Praktek Dokter Gigi Anak di Hannover

Sebelum aku menjawab pertanyaan di akhir paragraf diatas, aku ingin bercerita sedikit tentang praktek dokter gigi anak di Hannover. Praktek dokter gigi yang kami kunjungi adalah praktek bersama dokter gigi khusus anak-anak. Aku sengaja mencari praktek dokter gigi seperti ini supaya suasana tempat prakteknya menyenangkan dan ramah untuk anak-anak. Alhamdulillah di Hannover ini terdapat beberapa opsi praktek dokter gigi anak.

Ini adalah daftar beberapa praktek dokter gigi anak yang kuketahui beserta website nya:

Nama Tempat PraktekAlamat Website
Magic Dental https://magic-dental.de/
Löwenzahnarzthttps://www.loewenzahnarzt.de/
Zahnzauberwelthttps://www.zahnzauberwelt-hannover.info/

Karena prakteknya khusus anak-anak maka dekorasi tempat praktek tersebut benar-benar totalitas untuk anak-anak. Ada yang menyediakan boneka, buku anak-anak, ruang tunggu yang tempat duduknya ramah anak, berbagai mainan, dan lain sebagainya. Ruang pemeriksaan di dokter gigi kami pun di cat warna-warni dan memiliki tema tertentu di setiap ruangnya. Bahkan toiletnya pun ramah anak. Intinya suasana yang dibangun di tempat – tempat praktek tersebut jauh dari kesan praktek dokter seperti pada umumnya.

Kesan dunia anak-anak dan keramahan yang diberikan oleh dokter gigi, perawat dan petugas resepsionis di praktek dokter gigi anak kami ini tentunya membangun kesan positif bagiku dan khususnya untuk anakku. Meskipun sudah pernah mendapatkan tindakan pada giginya sebanyak dua kali anakku tidak memiliki trauma. Dulu aku sebal dan takut rasanya mengetahui harus periksa ke dokter gigi setelah mendapatkan tindakan di dokter gigi.

Setiap kali masuk ke ruang pemeriksaan anakku sudah tahu apa yang harus ia lakukan. Meskipun dokter gigi yang melakukan pemeriksaan tidak selalu sama, ia percaya terhadap dokter gigi dan asistennya. Ia berani masuk ke ruang dokter sendirian mendahuluiku. Kemudian dengan sigap langsung tiduran di atas tempat pemeriksaan. Oh iya aku belum cerita bahwa untuk anak-anak, mereka tidak duduk di kursi melainkan di atas tempat datar.

Setelah itu anakku sudah siap untuk membuka mulutnya. Ia pun mengikuti seluruh instruksi yang diberikan baik oleh dokter gigi maupun asisten. Mereka pun mengajak anakku berinteraksi saat pemeriksaan.

Yang menyenangkan dan ditungu-tunggu oleh anakku adalah setiap selesai pemeriksaan anak akan mendapatkan koin emas. Koin emas ini dapat ditukar dengan hadiah yang berada di resepsionis. Anakku memasukkan tangannya ke dalam kontak untuk memilih dan mengambil sendiri hadiahnya. Sayang sekali karena pandemi koin emas tidak diberikan lagi. Sebagai gantinya dokter gigi langsung menanyakan kepada anakku, hadiah apa yang diinginkannya.

Apa saja hadiahnya? Sejauh ini anakku mendapat balon yang masih belum ditiup, bola dan pensil.

Hadiah dari dokter gigi

Periksa Gigi 2021

Periksa gigi di bulan Januari kemarin menurutku cukup istimewa. Kami belum pernah mendapatkan pengalaman seperti itu sebelumnya. Anakku diajarkan oleh asisten dokter gigi bagaimana menyikat gigi yang benar. Cara mengajarinya bukan melalui video atau anakku digosokkan giginya. Namun anakku diminta untuk praktik langsung menggosok giginya sendiri sambil melihat mbak asisten yang memberikan contoh dengan menggunakan maket gigi dan boneka sikat gigi.

Tentu saja anakku diberi sikat gigi dan pasta gigi. Praktik dilakukan di depan wastafel dan kaca. Setelah praktik, anakku boleh berkumur disana. Sikat gigi yang digunakan pun boleh dibawa pulang.

Setelah itu ibu dokter datang dan memeriksa gigi anakku. Seperti biasa ibu dokter memeriksa satu per satu gigi sambil berhitung. Kemudian gigi anakku dikasih fluorid dan beliau memberi pesan untuk tidak makan apapun dalam waktu satu jam. Sebetulnya saat pemeriksaan tersebut anakku sudah tumbuh gigi dan gigi susunya sudah goyang. Namun oleh ibu dokter giginya tidak langsung dicabut. Kami disuruh menunggu terlebih dahulu.

Apabila teman – teman pembaca ingin tahu praktik sikat gigi yang diajarkan, aku sudah mencarikan video yang ada di kanal Youtube. Cara menggosok gigi yang benar dapat dilihat di video di bawah ini:

Sumber video: Kanal Youtube ZZB – Zahnmedizinisches Zentrum Berlin

Ibu-ibu mohon perhatikan kesehatan gigi dan mulut kita sendiri, pasangan dan juga anak-anak ya! Jangan lupa melakukan pemeriksaan gigi rutin. Bagi teman – teman yang saat ini tinggal di Jerman dan memiliki asuransi no privat, berhubung pemeriksaan rutin sudah termasuk dalam katalog, yuuk periksa rutin untuk mencegah terjadinya sakit gigi dan sakit lainnya di rongga mulut!

Salam,

-ameliasusilo-

Sumber gambar featured image: Canva

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..