Pergi Haji Tanpa Antri di Jerman
Haji Jerman

Pergi Haji Tanpa Antri di Jerman

Pergi haji dari Jerman tanpa antri memang benar. Muslim yang berdomisili di Jerman bila ingin berhaji dapat langsung mendaftar dan pergi di tahun yang sama. Yang perlu diketahui adalah sistem pendaftaran dan berhaji dari Eropa sejak tahun 2022 sudah berbeda. Seperti apakah itu?


Hai teman pembaca Michdichuns!

Tepat satu minggu yang lalu aku dan suami kembali dari berhaji. Alhamdulillah tahun ini kami dimampukan oleh Allah untuk melengkapi rukun Islam kami yang kelima.

Perjalanan haji kami sebenarnya sudah lama kami rencanakan. Keinginan berhaji sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu hanya saja rejeki berhaji kami berdua baru diperoleh dan dapat kami kerjakan di bulan Juni 2024. Rasanya indah sekali jika mengingat perjalanan perencanaan pergi haji kami dari awal. Rencana Allah selalu indah, masyaAllah.

Walaupun kami warga negara Indonesia, kami berangkat tidak dari Indonesia. Sejak awal aku dan suami memiliki niat untuk berhaji, kami memang ingin berangkat dari Jerman. Walaupun kami merupakan warga negara asing di Jerman ini, kami boleh untuk berhaji menggunakan kuota haji Jerman selama memiliki ijin tinggal di sini.

Pergi Haji Tanpa Antri di Jerman

It’s true!

Sependek pengetahuanku tidak ada antrian pergi haji seperti halnya yang biasa terjadi di negara – negara mayoritas muslim. Kami maupun kenalan – kenalan yang sudah pergi haji dari Jerman sebelumnya biasanya setelah dibuka pendaftaran haji langsung mendaftar. Kami bisa langsung berhaji tanpa mengantri, alhamdulillah.

Tidak ada antrian sampai bertahun – tahun. Kami tidak perlu membayar dengan nominal yang lebih mahal untuk jenis haji yang bisa berangkat lebih cepat.

Kalau dulu sebelum pandemi COVID-19, daftar haji setelah musim haji di tahun X selesai berarti daftarnya untuk keberangkatan haji tahun X + 1. Setelah pandemi terjadi perubahan sistem pendaftaran. Jika ingin pergi haji di tahun Y, calon jamaah haji baru bisa mendaftar di tahun Y. Saat ini sudah tidak bisa lagi daftar di tahun Y – 1.

Tahun 2020 dan 2021 saat pandemi berlangsung tidak ada keberangkatan jemaah haji Jerman. Karena perubahan sistem pendaftaran haji di tahun 2022, calon jamaah haji 2020 dan 2021 yang tertunda keberangkatannya tidak perlu antri untuk daftar atau berhaji. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar di tahun 2022 termasuk calon jamaah haji yang baru berniat berangkat di 2022.

michdichuns tenda mina dan jamarat
Daftar haji yuk supaya bisa menunaikan rukun Islam yang kelima.

Walaupun kemungkinan untuk berangkat hajinya besar bukan berarti tidak menyegerakan diri untuk melakukan pendaftaran. Dari proses pendaftaran serta pembelian paket Nusuk yang aku dan suamiku telah lalui, ada kuota – kuota yang perlu kita perhatikan. Beberapa kuota yang perlu diketahui antara lain adalah kuota biro perjalanan Jerman yang dipilih, kuota paket Nusuk yang diinginkan dan kuota haji Jerman.

Apabila kuota ini habis kemungkinan besar keberangkatan kita jadi tertunda.

Ada apa dengan paket nusuk? Apakah itu?

Kuota biro perjalanan dan kuota haji Jerman, apalagi itu?

Nusuk

Sejak tahun 2023 lalu pendaftaran haji beserta pembelian paket haji dilakukan melalui Nusuk. Semua proses pendaftaran dilakukan secara online melalui satu buah platform milik pemerintah Arab Saudi ini.

Platform Nusuk
Tampilan platform Nusuk untuk daftar haji.
Sumber gambar: Nusuk.

Jadi, meskipun keberangkatan haji dari Jerman sempat berhenti saat pandemi COVID-19 lalu, tidak ada antrian daftar haji. Semuanya bisa langsung mendaftar dan membeli paket haji ketika masa pendaftaran dan jadwal pembelian paket haji dibuka di Nusuk.

Nusuk adalah platform yang diawasi Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi. InsyaAllah semua proses pendaftaran maupun transaksi yang dilakukan dalam platform ini aman. Dari pengalaman kami sendiri alhamdulillah aman. Ketika suami mengontak layanan pengaduan melalui e-mail, respon yang diberikan juga cepat.

Saat melakukan pendaftaran haji calon jamaah diminta untuk mengisi formulir online dan mengunggah dokumen – dokumen yang diperlukan di platform Nusuk ini. Setelah proses ini selesai akan ada tahapan – tahapan berikutnya termasuk pembelian paket haji sampai nanti akhirnya penerbitan visa dan pembagian tiket pesawat.

Untuk informasi lebih detil tentang Nusuk aku akan menuliskan pada artikel tentang haji lainnya. InsyaAllah…

Kuota Haji Jerman

Apakah kuota haji Jerman bisa habis?

Kuota Jerman habis atau tidak?

Kebetulan saat pendaftaran haji lalu aku cukup memantau informasi yang diberikan oleh biro perjalanan haji kami. Kuota haji Jerman di 2024 ini ternyata habis saat pembelian paket haji 2024 masih dibuka.

Namun, sistem baru melalui Nusuk ini memberi kesempatan lainnya dengan adanya pembelian paket haji menggunakan kuota internasional. Jadi, kuota dari negara – negara lainnya yang belum habis dibuka untuk semua negara. Artinya, pembelian paket haji melalui kuota ini bersaing dengan calon jamaah haji yang ada di seluruh dunia.

michdichun jabal Rahmah
Jabal Rahmah di Arafah.

Setelah visa hajiku terbit aku membaca informasi ada bukaan pembelian paket haji lagi. Pembelian paket ini last minute offer sebelum pembelian paket haji 2024 ditutup. Paket yang dijual ini terbatas jumlahnya. Aku tidak mendapatkan informasi kuota apa yang digunakan untuk penawaran paket ini.

Oh ya, paket yang ditawarkan adalah paket mewah yang harganya mahal. Seingatku aku melihat flyer tentang ini di akun Instagram Nusuk tetapi saat aku menulis artikel ini flyer tersebut tidak kutemukan lagi.

Jumlah kuota haji Jerman

Sebenarnya berapa kuota haji Jerman atau jumlah kontingen Jerman secara keseluruhan?

Aku kurang tahu persisnya. Namun, dari situs populationreview.com kuota haji Jerman tahun 2022 dan 2023 disebutkan masing – masing sebesar 4.125 kuota. Aku berasumsi jumlahnya mungkin sekitar segini lagi. Semoga ada laporannya ya jadi ketahuan berapa jumlah jamaah haji tiap – tiap negara di dunia.

michdichuns terminal haji bandar udara Kairo
Suasana di terminal haji yang bikin terharu tetapi membuat semangat.

Biro perjalanan yang kami pilih memiliki jumlah jamaah haji sekitar 400 orang. Jumlahnya tidak bulat 400 ada lebihnya namun aku kurang tahu persisnya berapa. Sebanyak 45 orang dari 400an lebih jamaah tersebut adalah orang Indonesia, termasuk diriku, suami dan teman – teman Indonesia lainnya.


Sedikit bocoran tentang platform Nusuk sudah. Informasi tentang kuota Jerman juga sudah kutulis di atas.

michdichuns Kabah masjidil Haram Mekah
Semangat yuuuk untuk menabung dan mempersiapkan fisik dan rohani untuk pergi haji secepatnya.

Lalu, bagaimana cara mendaftar haji? Bagaimana bayarnya? Bila tidak ada kantor pemerintahan di Jerman yang bertugas mengurusi haji Jerman, bagaimana nasib jamaah haji Jerman? Apa fungsi biro perjalanan?

Tunggu ceritaku berikutnya ya tentang cara daftar haji di Jerman.

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..

error: Content is protected !!