Wisata

Pemeriksaan Paspor Terminal 3 Jakarta

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Pemeriksaan paspor di terminal tiga Jakarta berbeda dibandingkan dengan saat masih di terminal dua dulu. Sebelumnya adik ipar saat masih di Frankfurt sudah menyebutkan pemeriksaan paspor terbaru di bandar udara Soekarno Hatta yang mirip seperti di bandar udara Frankfurt. Namun, karena aku belum pernah melihat dan memiliki pengalaman dengan cara tersebut jadinya masih belum terbayang.

Jadi setelah penumpang dari luar negeri tiba di ruang besar yang digunakan untuk tempat pemeriksaan paspor, disana terdapat banyak meja atau bilik tempat petugas imigrasi memeriksa paspor. Meja-meja atau bilik-bilik tersebut ada yang diperuntukkan untuk pemilik paspor asing, paspor warga negara Indonesia dan penumpang dengan priority access. Jalur yang terakhir ini yang misalnya digunakan oleh penumpang yang menggunakan kursi roda.

Namun, bukan ini yang ingin kuceritakan. Pemeriksaan paspor yang seperti ini bukan sesuatu yang baru. Yang menarik perhatianku adalah adalah jalur lain di sebelah jalur antrian priority access.

Pemeriksaan paspor ini hanya dengan menggunakan pemindaian penumpang saja. Jalur ini khusus untuk warga negara Indonesia saja. Pemegang paspor Indonesia baik paspor biasa maupun paspor elektronik dapat menggunakan jalur ini. Istilah yang digunakan adalah autogate.

Aku sungguh kagum dengan adanya autogate ini. Persis seperti yang ada di bandara Frankfurt.

Jika menggunakan cara ini proses pemeriksaan paspor jadi lebih cepat dan tidak kontak dengan petugas. Jadi wajah dan sidik jri penumpang akan dipindai dengan alat yang terpasang disana. Jika hasil pemindaian terkonfirmasi dengan data yang tersimpan di imigrasi, pintunakan terbuka. Penumpang tinggal melewati pintu tersebut tanpa mendapat cap di paspornya.

Kerenkan?

Mudah dan cepat saat aku melihat penumpang lain yang menggunakan autogate.

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..