Wisata

Naik Kereta Eksekutif Jerman Untuk Keluarga

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Kereta di Jerman, khususnya kereta eksekutifnya, ramah anak. Perjalanan dengan kereta jarak jauh jadi terasa nyaman baik untuk anak maupun orang tuanya dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kereta milik pemerintah Jerman.

Disclaimer: Tulisan ini dibuat tanpa mendapat bayaran ataupun hadiah apapun.

Tiket

Harga tiket untuk anak yang berusia dibawah 14 tahun adalah 0 Euro alias tidak perlu bayar harga tiket. Yang perlu dilakukan saat calon penumpang, dalam hal ini orang tua anak, ingin membeli tiket satu keluarga yang perlu dilakukan adalah memasukkan kategori usia anak saat melakukan pemesanan tiket.

Pembelian tiket kereta dapat dilakukan melalui situs resmi Deutsche Bahn (perusahaan kereta Jerman). Alternatif pembelian tiket lainnya adalah dengan datang langsung ke Reisezentrum yang ada di stasiun. Jika membeli tiket di loket sebenarnya calon penumpang tidak perlu membeli tiket anak atau menyebutkan ada anak yang ikutndalam perjalanan nanti. Namun, jika ingin memesan tempat duduk untuk satu keluarga penting untuk menyebutkan keseluruhan jumlah penumpang.

Gerbong Keluarga

Terkait dengan pemesanan kursi di kereta, yang perlu calon penumpang ketahui adalah pada rangkaian kereta ekspres Jerman hampir pasti, hampir selalu ada gerbong keluarga. Disebut gerbong keluarga karena memang gerbong ini difungsikan untuk penumpang yang membawa anak-anak.

Pada kereta yang jenis terbaru biasanya gerbong keluarga ini tersedia satu gerbong. Jadi di gerbong tersebut akan disetting untuk keluarga, khususnya anak-anak. Kereta jenis lama juga ada gerbong keluarga tetapi biasanya tidak satu gerbong penuh.

Bagian di dalam gerbong keluarga sendiri ada dua jenis. Jadi gerbong keluarga ini ada bagian yang khusus anak bayi (Kleinkind Abteilung) dan anak-anak usia yang bukan bayi lagi atau istilahnya dalam bahasa Jerman, Kinderabteilung.

Karena jumlah tempat duduk yang terbatas tentu saja ada kemungkinan tidak dapat tempat duduk di bagian tersebut. Sebenarnya tidak apa-apa juga sebab kita masih bisa melakukan reservasi tempat duduk di gerbong yang normal. Hanya saja untukku pribadi kadang merasa risih jika harus berada di gerbong yang bergabung dengan penumpang dewasa lainnya. Risihnya lebih karena kemungkinan kami berisik hehehe… Khawatir keberisikan kami menggganggu penumpang lainnya. Walaupun sejauh ini kami belum pernah mengalami ditegur penumpang karena berisik.

Hal lainnya yang merupakan keuntungan dari duduk di gerbong keluarga adalah gerbong ini dekat dengan restorasi. Sehingga jika butuh apa-apa yang terkait dengan makanan dan atau minuman aksesnya dekat dan cepat.

Hadiah Anak

Di gerbong restorasi atau Bordbistro anak-anak dapat mengambil paket untuk anak yang disediakan oleh DB. Semua anak boleh mengambil paket tersebut selama masih ada. Satu anak berhak mendapatkan satu buah paket.

Hadiah atau paket yang disediakan untuk hiburan anak-anak selama perjalanan di kereta ini terdiri dari dua jenis. Yang pertama adalah majalah dan yang kedua berupa mainan. Untuk majalah ada dua kelompok usia yang berbeda. Isinya berbeda menyesuaikan kelompok usia yang menjadi sasaran majalah tersebut.

Majalah hadiah anak saat naik kereta eksekutif Jerman
Majalah Mini Lok hadiah dari DB untuk anak saat naik kereta.

Sedangkan untuk mainan, sependek pengalamanku ada kartu atau mainan figur kereta. Anakku pernah mendapat kartu memori yang gambar-gambarnya seputar der kleine ICE. Sekarang setelah anaknya besar ia selalu memilih hadiah berupa figur kereta milik DB.

Mainan anak dari DB opa Adler
Spielfigur hadiah dari DB untuk yang rajin

Untuk bisa mendapatkan hadiah ini, jangan sampai lupa untuk meminta tiket kereta anak saat kondektur memeriksa tiket kereta kita. Dengan tiket anak ini, anak kita bisa mengambil hadiahnya di kasir yang ada di gerbong restorasi.

Jadi, jangan lupa ya jika travelling ke Jerman bersama anak-anak dan hendak menggunakan kereta tentang hal-hal yang telah kusebutkan di atas. Semoga teman-teman pembaca Michdichuns yang belum pernah ke Jerman bisa kesini suatu hari nanti bersama keluarga.

Kinderfahrkarte, tiket untuk ambil hadiah dari DB.

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..