Michdichuns naik kereta di Jerman menggunakan Bahncard
Wisata

Naik Kereta di Jerman Menggunakan Bahncard

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Bahncard merupakan kartu diskon yang dikeluarkan oleh perusahaan kereta Jerman, Deutsche Bahn, untuk para penumpang yang menginginkan potongan harga tiket kereta. Kartu ini ada beberapa jenis yang dinamakan sesuai dengan jumlah persentase diskon yang diberikan dan tingkat usia. Aku dan suamiku termasuk pelanggan Bahncard karena kami sering bepergian dengan menggunakan kereta.

Jenis Bahncard

Jika dilihat di situs resminya jenis Bahncard ada 29 kartu yang meliputi kartu untuk kelas 2, kelas 1, diskon 25%, 50% dan perjalanan tanpa perlu membeli tiket lagi. Kartu juga bervariasi ada yang untuk 27-65 tahun, usia dibawah 27 tahun, diatas 65 tahun dan untuk seseorang yang berkebutuhan khusus. Ada pula kartu untuk percobaan selama tiga bulan. Harganya pun bervariasi direntang harga 12 Euro sampai 7.356 Euro. Eittss jangan pingsan dulu melihat harga sampai diatas 7.000 Euro ya.

Kartu eksekutif Jerman atau ICE yang harga tiketnya jadi lumayan jika beli menggunakan Bahncard. Michdichuns
Kartu eksekutif Jerman atau ICE yang harga tiketnya jadi lumayan jika beli menggunakan Bahncard.
Sumber gambar: Dokumen pribadi.

Untuk kartu percobaan atau dalam bahasa Jerman disebut Probe Bahncard masa berlakunya adalah tiga bulan. Enam minggu sebelum masa berlaku kartu habis, pemilik kartu harus memutuskan memperpanjang abonemen atau memberhentikan langganan. Jika terlupa maka konsekuensinya adalah kartu secara otomatis diperpanjang dengan durasi satu tahun. Dengan perpanjangan otomatis ini pemilik kartu harus membayar biaya abonemen kartu selama satu tahun. Pembayaran semua jenis kartu ada di awal. Jika memilih untuk mencoba kartu Probe, maka pemilik kartu membayar biaya kartu untuk tiga bulan. Sedangkan untuk kartu yang normal pemilik kartu membayar biaya abonemen yang berjangka waktu satu tahun.

Harga diskon dikalkulasi dari harga tiket jenis Flexpreis. Baik kartu 25 maupun 50 kalkulasinya dari jenis harga yang sama. Kata suamiku jika ingin untuk dari harga tahunan yang kita bayarkan solusinya hanya satu, yaitu sering travelling alias sering bepergian dengan menggunakan kereta.

Keuntungan yang Diperoleh

Kebetulan aku saat ini memiliki Bahncard 25 sedangkan suamiku memiliki Probe Bahncard 100 dari kantornya. Tahun lalu aku membayar sebesar 59.90 Euro untuk biaya abonemen selama satu tahun. Suamiku mendapat fasilitas kartu yang biayanya berbagi dengan kantornya.

Aku baru saja membeli tiket untuk perjalanan ke Berlin. Biaya tiket normal untuk satu orang dewasa dan anak di rentang usia 6-14 tahun adalah 39.90 Euro. Karena aku menggunakan Bahncard 25, aku hanya membayar sebesar 23,20 Euro. Suamiku yang memiliki Bahncard 100 tidak perlu membeli tiket lagi. Ia tinggal naik kereta dan duduk. Nanti saat kondektur memeriksa tiket, aku menunjukkan tiket yang sudah kubeli berikut kartu Bahncard-ku sedangkan suamiku hanya menunjukkan kartu miliknya saja.

Fasilitas

Keuntungan yang diperoleh suamiku sebagai pemegang kartu 100 jelas lebih banyak. Salah satunya adalah ia bisa masuk ke lounge milik Deutsche Bahn. Selain itu, jika ia datang ke tempat pelayanan dan informasi di mesin pengambilan nomor antrian suamiku bisa memencet tombol untuk pemilik kartu ini. Dia akan mendapatkan antrian yang lebih cepat.

Tapi bukan berarti aku tidak dapat keuntungan apapun. Dari poin yang kukumpulkan setiap pembelian tiket menggunakan Bahncard biasanya aku memperoleh surat pemberitahuan yang akan menginformasikan tentang hadiah atau keuntungan lainnya seperti gratis minum atau fasilitas untuk menggunakan lounge saat menunggu kereta.

Karena kami berdua memiliki bahncard setiap kali melakukan pembelian tiket kereta rasanya jadi lebih murah. Kami juga tidak merasa rugi dengan kepemilikan kartu ini sebab frekuensi travelling kami memang cukup sering. Kadang ada bepergian yang direncanakan sejak jauh hari sehingga harga tiketnya bisa dapat yang paling murah. Tidak jarang pula kami merencanakan pergi hanya beberapa minggu sampai satu bulan sebelumnya. Balik lagi karena dapat potongan harga sepertinya senang saja bisa mengeluarkan biaya yang tidak terlalu mahal.

Tapi yang perlu diingat kepemilikan kartu ini jatuhnya kurang menguntungkan jika frekuensi pergi menggunakan kereta api di Jermannya sedikit. Jadi, sebelum memutuskan abonemen bahncard bisa dilihat dulu bagaimana frekuensi travelling dua belas bulan terakhir dan bagaimana perkiraan travelling satu tahun ke depan. Adakah dari teman-teman pembaca Michdichuns yang tinggal di Jerman dan memiliki Bahncard sama seperti kami?

Cerita tentang kereta di Jerman dapat dibaca di tulisan yang berjudul Naik Kereta Api di Jerman.

Salam,

-ameliasusilo-

3 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..