naik kereta api di Jerman Michdichuns
Wisata

Naik Kereta Api di Jerman

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Kereta api di Jerman merupakan moda transportasi publik yang menjadi pilihan untuk perjalanan baik jarak dekat maupun jarak jauh. Sebelum pandemi harga tiket kereta sempat naik sehingga terasa sekali jika melakukan perjalanan jarak jauh. Apalagi jika membeli tiketnya mendadak. Sejak pandemi ini harga tiket memang turun tapi sebagai ibu yang berusaha untuk memaksimalkan budget liburan, aku memiliki beberapa tips untuk mendapatkan tiket kereta api di Jerman yang murah.

Alasan Naik Kereta Api di Jerman

Ada banyak alasan untuk lebih memilih naik kereta api di Jerman. Untuk keluargaku moda transportasi ini menjadi alternatif utama karena saat ini kami belum memiliki mobil pribadi. Rasanya bagi kami memiliki mobil masih menjadi kebutuhan tersier mengingat sistem transportasi publik di Jerman, terutama dimana kami tinggal, sudah baik. Apalagi kami tinggal di sebuah daerah yang tidak jauh dari pusat kota sehingga jarak tempuh kemana-mana tidak terlalu jauh.

Alasan kedua adalah karena saat berangkat atau pulang kerja bisa beristirahat. Beberapa kali aku tertidur di kereta. Untungnya saat mendekati stasiun yang dituju aku terbangun. Jika tidak tidur biasanya aku bisa melepas penat pulang kerja dengan membaca buku, dmemeriksa pesan di Whatsapp, makan atau ya tidak melakukan apapun. Walau sebentar perjalanannya aku tetap bisa menikmati the beauty of doing nothing.

Kadang perjalanan dengan kereta api di Jerman durasi perjalanannya lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan bus atau mobil pribadi. Ini dengan catatan jika menggunakan kereta api ekspres ya. Jika terdapat kemacetan di tol, perjalanan bisa molor sampai lebih dari satu jam.

Yang terakhir, aku dan keluarga biasanya memilih kereta karena harganya lebih murah. Jadi, biasanya aku dan suami bagi tugas. Beliau melakukan riset perjalanan dengan mobil sedangkan aku menggunakan kereta atau bus. Jika selisih harga tipis antara naik kereta dan mobil, biasanya kami lebih memilih menggunakan kereta api untuk perjalanan wisata kami di Jerman atau ke luar negeri.

Mencari Tiket Murah

Naah, mencari tiket murah kereta Jerman ini ada caranya. Jika sesuai pengalamanku selama ini ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Kereta regional

Pertama, mau pergi kemana dulu. Kita bisa lihat dulu lokasi kotanya, setelah itu cari tahu durasi tempuh perjalanan kemudian berapa banyak waktu yang kita miliki untuk melakukan perjalanan wisata ini. Jika perjalanan masih dilakukan dalam satu negara bagian dan durasi perjalanan dibawah tiga jam, biasanya kami memilih menggunakan kereta regional.

Perjalanan menggunakan kereta regional bisa dengan menggunakan tiket negara bagian atau tiket yang dapat digunakan di seluruh jalur kereta api di Jerman. Harga dan ketentuan tiket negara bagian tidak sama. Sepertinya luas dari negara bagian tersebut juga mempengaruhi harganya (ini asumsiku ya).

Cerita keluargaku menggunakan tiket kereta regional ada di tulisan tentang Klimahaus Bremerhaven.

Harga tiket

Contohnya untuk negara bagian Niedersachsen, dimana kami berdomisili, harga tiket untuk satu orang adalah 25 Euro. Jika bepergian dua orang diatas usia 14 tahun, harga tiketnya tinggal ditambah 6 Euro sehingga harga tiket untuk dua orang sebesar 31 Euro. Artinya per orang jatuhnya 15.50 Euro. Jadi jauh lebih murah kan?

Untuk penumpang ketiga tinggal tambah 5 Euro dari harga tiket untuk dua orang. Penumpang keempat dan kelima pun masing-masing ditambah 5 Euro juga. Jadi, jika bepergian bersama 5 orang dewasa, harga tiket per orangnya menjadi 9.20 Euro.

Harga tiket tidak terpengaruh oleh musim apalagi waktu. Maksudnya musim liburan atau normal harganya tetap sama. Mau dibeli dihari yang sama atau jauh hari, harganya pun tetap sama.

Kereta api regional atau kereta api ekonomi di Jerman Michdichuns
Kereta api regional atau kereta ekonomi di Jerman.
Sumber gambar: Dokumen pribadi

Durasi dan cakupan tiket

Tiket negara bagian ini jika digunakan untuk perjalanan di antara hari Senin sampai hari Jumat berlaku mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 3 pagi keesokan harinya. Jika digunakan untuk perjalanan diakhir pekan, tiket dapat digunakan segera setelah tiket dibeli sampai pukul 3 pagi keesokan harinya. Tiket bisa dibeli pada hari keberangkatan atau sebelumnya. Di mesin pembelian tiket kita dapat menentukan tanggal berlaku tiket tersebut.

Untuk Niedersachsenticket cakupan luas wilayah yang dijangkau cukup luas. Bayangkan saja tiket tersebut dapat digunakan di Niedersachsen, Hamburg dan Bremen. Tiket berlaku di tiga negara bagian berbeda. Selain wilayah cakupan yang luas, tiket ini berlaku untuk kereta regional, tram, kereta bawah tanah, bus serta kapal yang menjadi transportasi publik di ketiga negara bagian tersebut. Asikkan?

Kereta Eksekutif

Lain halnya dengan perjalanan menggunakan kereta eksekutif. Sebaiknya untuk membeli tiket kereta eksekutif Jerman dilakukan sejak jauh hari. Kereta eksekutif di Jerman disebut Intercity Express atau Intercity. Ada dua jenis kereta cepat dan akan kujabarkan perbedaannya di subjudul berikutnya. Oh ya untuk memudahkan Intercity Express ini biasa disebut ICE sedangkan Intercity disingkat IC.

Kereta Intercity Express (ICE)

ICE adalah kereta di Jerman yang paling cepat sesuai dengan namanya express. Oleh karena itu harga tiketnya paling mahal diantara jenis kereta lainnya. Di dalam rangkaian kereta api ini ada dua kelas yang dapat dipilih oleh penumpang, yaitu kelas 1 dan kelas 2. Perbedaan yang paling nyata diantara keduanya adalah jenis kursi, jarak kursi dan jumlah kursi dalam satu gerbong. Tentu hal ini dapat membuat kenyamanan penumpang lebih meningkat.

Kereta ICE.
Sumber gambar: Dokumen pribadi.

Walaupun berbeda sejauh ini aku tidak merasakan ketidaknyamanan saat duduk di gerbong kelas 2. Apalagi karena perjalanan yang biasa kulakukan adalah perjalanan keluarga dimana kami dapat mengatur duduk bertiga di kursi yang saling berhadapan. Atau aku biasanya duduk bersama anakku berdua sehingga aku tidak perlu duduk bersebelahan dengan orang lain. Jarak antar tempat duduk untukku juga tidak masalah. Mungkin karena jarak antar kursinya sudah disesuaikan dengan tinggi orang lokal. Sehingga tinggi tubuhku yang lebih pendek menyebabkan jarak ini cukup nyaman untukku. Ruang diantara kursi ini pun dapat digunakan untuk meletakkan tas yang biasanya berisi air minum maupun camilan untuk menemani selama perjalanan.

Tempat duduk nyaman kereta ICE di Jerman.
Sumber gambar: Dokumen pribadi.

Kereta Intercity (IC)

Pada kereta IC pun penumpang bisa memilih antara dua kelas penumpang, kelas 1 dan kelas 2. Seperti halnya kereta ICE, aku selalu memilih kelas 2. Walaupun kenyamanan kursi penumpang jika dibandingkan dengan ICE berbeda, menurutku tetap tidak jadi sesuatu hal yang mengganggu di perjalanan.

Kereta IC di Jerman.
Sumber gambar: Dokumen pribadi.

Perbedaan lain dengan ICE yang kurasakan adalah durasi perjalanan dengan IC biasanya sedikit lebih lama. Hal ini disebabkan karena IC lebih banyak melakukan pemberhentian dibandingkan ICE. Jadi, klo ICE berhenti hanya di kota-kota besar atau kota penting, IC berhenti di kota yang lebih kecil.

Harga tiket

Berbeda dengan kereta regional, tiket kereta ICE maupun IC cenderung akan semakin meningkat mendekati tanggal yang diinginkan. Oleh karena itu paling aman satu sampai dua bulan sebelumnya sebaiknya sudah beli tiket. Apalagi kalau bepergiannya dimasa libur anak sekolah. Jika pergi di hari-hari normal biasanya tiga minggu sebelum hari keberangkatan masih bisa mendapat harga yang lumayan murah.

Harga tiket ini berlaku mulai usia 15 tahun keatas. Anak di rentang usia 0 – 14 tahun tidak dikenakan biaya tiket. Yang perlu diingat harga tiket kereta api di Jerman tidak termasuk reservasi kursi. Harga reservasi per kursi sekitar 4.50 Euro. Jika kita bepergian sebagai keluarga untuk biaya reservasinya dikenakan 9 Euro. Untuk mendapatkan tiket reservasi keluarga ini kita harus mendaftarkan jumlah anak berikut usianya saat pemesanan tiket. Tanpa reservasi kursi pun kita tetap bisa naik kereta. Resikonya jika kereta semua penuh ya harus berdiri. Misalnya kereta penuh tetapi kita sudah reservasi kursi, kita bisa meminta orang yang menduduki kursi kita untuk memberikan kursi yang sudah kita pesan tersebut.

Beli Tiket Kereta di Jerman

Calon penumpang dapat membeli tiket di mesin pembelian tiket atau di loket yang bisa ditemukan di DB Zentrum di setiap stasiun yang ada di Jerman. Alternatif lainnya adalah pembelian melalui situs resmi perusahaan kereta Jerman. Disemua media pembelian tiket ini kita dapat membeli tiket dari harga promo sampai harga mahal.

Aku pribadi lebih senang beli langsung di loket atau melalui situs resminya. Percaya atau tidak pengalamanku dan suami, jika kami membeli tiket dinloket petugas akan menginformasikan tiket dengan harga yang murah loh. Mereka bahkan memberikan saran tentang waktu pindah kereta dan berbagai kemungkinan lainnya yang paling nyaman bagi kami.

Untuk pembelian tiket online kita juga bisa menentukan berapa lama waktu tunggu atau transfer kereta yang kita inginkan. Kita juga bisa menentukan lokasi kursi saat melakukan reservasi tempat duduk. Tiket yang dibeli melalui situs sudah langsung bisa digunakan. Maksudnya bukan dalam bentuk voucher atau semacamnya yang perlu diganti dengan tiket asli sebelum keberangkatan. Tiket dapat dicetak atau disimpan dokumennya dalam bentuk pdf. Nanti tinggal discan oleh petugas. Atau bisa juga kita menggunakan aplikasi DB sehingga bisa menghemat kertas. Situs tersedia dalam bahasa Jerman dan Inggris.

Gimana teman pembaca Michdichuns apakah sudah jelas tips naik kereta api di Jerman? Silakan tinggalkan pertanyaan dan kesan kamu di kolom komentar ya…

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..