Kampung Komunitas,  Kegiatan Anak

Motorik Kasar dan Ide Bermain Tradisional

Assalamualaikum..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Tantangan ke-4 di Rumbel Playdate IP non Asia akhir Februari lalu temanya seru: Motorik kasar. Yang bikin seru bukan karena motorik kasarnya. Ide sub temanya dimana para peserta rumbel diminta untuk mengajak anak-anaknya bermain permainan tradisional itu yang bikin tema bermain kali ini lebih menarik.

Apa sih dibayangan kita kalau disodorkan tema permainan tradisional?

Aku langsung terbayang galaksin atau gobak sodor, petak umpet, tak jongkok, engklek, main karet, tak benteng, kasti, main batok kelapa dll. Senang kan ya kalau ingat masa-masa kecil dulu main di lapangan atau jalanan depan rumah?

Naaah waktu itu rencananya pingin ajak anak kecil main tak jongkok sama engklek.

Tapi rencana tinggal rencana. Anak kecil sakit justru pada saat cuaca sedang bagus-bagusnya. Ketika akhirnya sembuh cuacanya mulai kurang bersahabat lagi.

Akhirnya aku punya ide bermain di dalam rumah yang sederhana. Mungkin tidak bisa dikategorikan permainan tradisional ya. Yang pertama memasukkan pulpen ke dalam botol. Bagi yang sering ikutan lomba tujuhbelasan pasti tidak asing ya. Lalu, ide kedua adalah main bowling dimana pinnya menggunakan bekas botol air.

Untuk ide pertama awalnya aku kurang yakin bisa menarik minat bocat cilik. Ehhh ternyata anaknya nagih meskipun harus nunduk-nunduk, jongkok, hihihi..

Ide bermain berikutnya sudah sering kami mainkan. Sebetulnya bukan bowling sih jadinya, campuran antara sepak bola dan bowling. Anakku lebih suka bolanya ditendang sedangkan aku lebih suka bolanya digelindingkan sepertin bowling. Biasanya kami catat skornya dan diakhir dihitung untuk menentukan siapa yang menjadi pemenangnya.

Sebentar lagi ketemu musim semi dan musim panas. Biasanya kami dan kawan-kawan mengadakan barbeque di taman. Ide permainan tradisional ini sepertinya menarik untuk dimainkan bersama bapak-bapak, mas-mas, ibu-ibu dan mba-mba sambil mengenalkan kepada anak-anak yang lahir dan besar di Hannover sini. Seru kayaknya ya!

-ameliasusilo-

0 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..