Perancis

Liburan ke Paris: Transportasi Dalam Kota Paris

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Transportasi kota Paris menurutku akan dengan cepat dan mudah dipahami oleh turis. Sehingga jika kita ingin liburan ke Paris secara mandiri dan ingin berkeliling kota Paris menggunakan transportasi publik, itu bukanlah sesuatu yang sulit atau mustahil. Di cerita ini aku akan menceritakan pengalamanku dan keluarga berpetualang di Paris menggunakan transportasi publiknya.

Transportasi Paris: Bus

Liburanku dan suami kali ini ke kota Paris bukanlah untuk yang pertama kalinya. Sebelum anak kami lahir, kami sudah pernah berkunjung ke kota Paris. Pengalaman pertama bagi kami saat liburan kali ini adalah naik bus umum untuk berkeliling disini. Biasanya kami lebih suka menggunakan kereta bawah tanah atau kalau di Paris disebut dengan istilah Metro. Kami pernah juga naik bus tapi bukan bus umum transportasi publik. Jenis bus yang pernah kami tumpangi disini sebelumnya adalah bus wisata.

Teman-teman pembaca Michdichuns pernah dengar istilah bus Hop On Hop Off? Nah, itu adalah operator bus wisata yang berkeliling secara teratur melewati tempat-tempat menarik di sebuah kota. Berbeda dengan bus umum, bus wisata Hop On Hop Off ini operatornya adalah perusahaan swasta. Jadi, sama-sama bus dan memiliki halte tetapi bus Hop On Hop Off ini menghubungkan tempat-tempat wisata saja.

Halte bus

Di liburan ke Paris yang baru saja kami lalui ini, beberapa kali kami harus menaiki bus umum untuk menuju sebuah tempat. Jika menggunakan Metro waktu tempuhnya lebih lama itu pun masih ditambah dengan harus berjalan kaki lagi. Sedangkan jika menaiki bus, kami hanya perlu jalan kaki sedikit setelah turun di halte tujuan.

Ternyata naik bus tidak seburuk yang kami pikirkan. Haltenya nyaman dan bersih walaupun kecil. Ada tempat duduk yang cukup untuk dua sampai tiga orang dewasa. Di halte terdapat papan petunjuk digital yang menunjukkan berapa lama lagi tiap bus yang berhenti di halte tersebut akan tiba di halte. Di salah satu dinding halte terdapat informasi halte-halte yang dilewati oleh bus. Frekuensi kedatangan bus dapat kita ketahui di poster yang ditempel di dinding tersebut.

Di dalam bus

Kondisi di dalam bus bersih dan nyaman. Jumlah tempat duduknya cukup banyak sama seperti bus-bus yang ada di Jerman. Tempat duduknya pun nyaman untuk diduduki. Ruang untuk penumpang berdiri atau membawa stroller atau untuk kursi roda juga luas seperti halnya di Jerman. Selain itu Jumlah tombol untuk memberi tanda berhenti kepada supir bus pun banyak.

Sayangnya informasi tentang halte-halte apa saja yang dilalui tidak muncul di layar monitor yang ada di bus. Semua bus yang kami naiki selama beberapa hari layar petunjuknya mati. Satu-satunya petunjuk informasi halte bus yang akan dituju ada paling depan. Papan digital tersebut apa ya namanya… Pokoknya ada papan informasi yang huruf-hurufnya berwarna oranye dan berjalan. Informasi dipapan tersebut akan berubah sesuai dengan halte yang akan dituju.

Metro

Berbeda dengan bus, Metro adalah moda transportasi yang sudah pernah kunaiki pada liburan-liburan ke Paris sebelumnya. Beberapa jalur Metro melewati tempat terkenal dan must visit di Paris. Jadi tinggal naik sebentar di satu halte, halte selanjutnya sudah sampai. Atau turun di halte-halte berikutnya kemudian tukar dengan Metro jalur lain yang berpotongan untuk sampai ke tempat tujuan.

Jalur Metro

Jalur Metro di Paris memang ada banyak. Jalur-jalur ini saling berpotongan dan berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga untuk mencapai tempat tujuan yang kita inginkan tidak berputar-putar terlebih dahulu. Menurutku durasi perjalanan dengan Metro relatif lebih singkat dibandingkan dengan bus. Namun, kerugiannya adalah kita hanya melihat lorong gelap dan stasiun Metro saja selama perjalanan. Berbeda dengan naik bus yang bisa melihat suasana kota Paris.

Secara keseluruhan ada 14 jalur Metro yang mendukung transportasi dalam kota Paris. Jalur yang seru menurutku adalah jalur 1 karena melewati tempat-tempat must visit di Paris, seperti Louvre, Place de la Concorde, Jardin de Tuilliers. Jika ingin mengunjungi menara Eiffel atau berfoto dengan latar belakang Eiffel bisa naik Metro jalur 6.

Peta jalur Metro

Meskipun jalurnya banyak tidak perlu khawatir pusing atau kesasar. Informasi di stasiun Metro jelas dan tersedia juga dalam bahasa Inggris. Di tempat-tempat penginapan, baik hotel maupun hostel, biasanya menyediakan peta panduan untuk wisata kota Paris yang lengkap dengan informasi jalur Metro, RER dan mungkin bus. Mmm untuk bus sebetulnya aku tidak terlalu yakin apakah ada di peta kota Paris. Tapi aku ingat pada peta-peta semacam itu biasanya ada beberapa alternatif jalur transportasi.

Sebelum zamannya Google Maps, setiap kalo travelling aku sudah pasti mencari peta ini. Nah, karena sekarang Google Maps bisa diandalkan (dengan catatan ponsel pak suami bisa diandalkan jaringan internetnya) biasanya lebih praktis menggunakan fasilitas ini. Alternatif moda transportasi yang bisa digunakan lebih update, real time, dengan menggunakan aplikasi ini. Atau jika ada aplikasi transportasi lokal, biasanya aku lebih memilih menggunakan aplikasi ini.

Di dalam Metronya pun jalur-jalur yang akan dilewati oleh Metro terinformasikan dengan jelas. Pada bagian atas Metro penumpang bisa melihat jalur yang akan dilewati. Jalur yang menggunakan Metro modern bahkan di tiap jalur yang belum dilewati ada lampunya. Nanti jika sudah lewat lampunya mati. Hal ini menurutku sangat memudahkan penumpang. Selain informasi yang ditampilkan secara visual, terdapat informasi suara yang terdengat sebelum Metro memasuki stasiun. Saat akan berhenti, informasi audio ini diulangi lagi.

Stasiun Metro

Aku hanya bisa memberi informasi bahwa stasiun Metro di Paris ini sebagian besar kurang bersahabat bagi keluarga yang membawa stroller. Untukku yang dalam keadaan hamil pun juga kurang bersahabat. Hal ini disebabkan tidak semua stasiun menyediakan fasilitas eskalator. Padahal untuk turun ke stasiun bawah tanah Metro itu sering kali tangganya cukup banyak.

Belum lagi jika dari gerbang masuk stasiun menuju peron perlu berjalan agak jauh. Lorong jalan ini ukurannya kebanyakan juga tidak terlalu luas sehingga pada saat jam-jam aktif atau di lokasi yang favorit jadi terasa penuh. Memang tidak semuanya seperti itu dan hanya di waktu-waktu tertentu saja. Tetapi jika pas kita disana saat waktu yang kurang tepat dan bawa anak kecil atau hamis besar sepertiku, sebaiknya bersiap untuk melakukan strategi yang membuat si kecil atau ibu hamil tetap nyaman.

Tiket Transportasi Dalam Kota Paris

Apakah beli tiket transportasi dalam kota Paris sulit?

Awalnya aku dan suamiku berpendapat seperti itu. Tetapi sebenarnya tidak juga. Hanya karena kami belum membaca informasi tentang tiket dengan baik dam benar serta dalam tekanan karena saat membeli tiket di stasiun kereta antriannya panjang, maka jadi terkesan rumit.

Jadi, di setiap gerbang stasiun Metro akan ada penghalang yang membutuhkan tiket untuk bisa melewatinya. Oleh karena itu, kita harus sudah memiliki tiket sebelum masuk kendalam stasiun Metro. Tepat di depan gerbang biasanya ada loket yang melayani penjualan tiket dan pemberian informasi. Penumpang bisa membeli tiket disini. Petugas dapat melayani dalam bahasa Inggris. Alternatif lainnya adalah beli di mesin.

Beli tiket di mesin dapat menggunakan bahasa Inggris juga. Jangan lupa untuk mengganti bahasa di tampilan awal layar mesin. Selanjutnya pilih menu bagi pembeli tiket yang tidak memiliki kartu langganan transportasi Paris. Setelah itu tampilan beberapa pilihan tiket yang dapat dibeli. Jika ingin membeli tiket sekali jalan biayanya 2.10 Euro. Harga ini berlaku untuk penumpang mulai 6 tahun. Untuk anak sebetulnya ada tiket sekali jalan yang bisa langsung beli 10 dengan harga sekitar 19 Euro. Selanjutnya ada pilihan untuk membeli tiket durasi, misalnya 24 jam, 48 jam dll. Tiket ini biayanya 8.80 Euro. Untuk anak harganya sekitar 6 Euro. Teman-teman pembaca Michdichuns bisa memilih jenis tiket sesuai kebutuhan.

Semoga cerita tentang transportasi di kota Paris ini bisa membantu teman-teman pembaca Michdichuns ya. Khususnya bagi teman-teman yang ingin bepergian di Paris dengan menggunakan transportasi publik.

Jika ingin mengetahui transportasi yang dapat dipilih untuk mencapai kota Paris bisa membaca tulisanku tentang transportasi menuju Paris.

Salam,

-ameliasusilo-

3 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..