Paris stadium tour Michduchuns
Perancis

Liburan ke Paris: Paris St. Germain Stadium Tour

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Paris stadium tour menjadi aktivitas utama yang harus keluargaku lakukan saat tiba di Paris. Mengunjungi stadion yang menjadi markas tim sepak bola Paris St. Germain menjadi agenda wajib sebab anakku menyukai beberapa pemain sepak bola yang sedang merumput disana. Bahkan anakku pernah menyatakan salah satu wishlist dia adalah pergi ke Paris karena ingin pergi ke Paris St. Germain stadium.

Liburan ke Paris ini adalah liburan kejutan untuk bocah kecil ini. Sehingga kami memang sengaja mempersiapkan semua aktivitas liburannya untuk dia. Mengunjungi stadion pun menjadi kejutan utama untuknya. Seperti apakah Paris St. Germain stadium tour ini?

Kejutan Untuk Anak

Anakku sama sekali tidak tahu bahwa kami akan berlibur ke Paris. Kami benar-benar memberitahukan rencana liburan dan memintanya untuk menyiapkan baju dan memasukkan kedalam koper satu hari menjelang keberangkatan. Itupun aku dan suamiku tidak menyebutkan destinasi liburannya.

Kebetulan kami sekeluarga sering membahas tentang tempat-tempat yang menjadi destinasi liburan kami. Beberapa waktu sebelumnya, aku pernah menyebutkan sebuah kota sebagai tujuan liburan keluarga kami berikutnya. Anakku pun langsung menduga bahwa perjalanan kami akan menuju kota tersebut.

Biasanya aku dan suamiku sudah sejak dari jauh hari akan memberikan briefing singkat kepada anak kami mengenai rencana perjalanan. Beberapa perjalanan liburan sebelum ini bahkan ia ikut dalam pencarian jadwal kereta dan pemesanannya secara online. Anakku ingin ikut berpartisipasi dalam perencanaan liburan.

Penasaran

Jadwal kereta yang kami tumpangi masih pagi, sekitar pukul 7.41 dimana di musim dingin seperti ini waktu solat Subuh baru saja habis dan matahari belum terbit. Bertiga kami meninggalkan rumah membawa koper dan ransel menuju stasiun kereta di pusat kota. Anak kecil pun tak henti-hentinya bertanya kemana tujuan kami berlibur meskipun ia terus meyakinkan dirinya sendiri bahwa kami akan pergi ke Berlin hihihi…

Rasa penasarannya pun semakin meningkat saat ia melihat papan petunjuk di peron. Di papan tersebut menunjukkan tujuan akhir kereta yang akan kami tumpangi bukan Berlin melainkan Basel di Swiss. Ia pun menebak-nebak apakah kami akan pergi ke Swiss. Akhir tahun lalu aku pernah mengungkapkan keinginan untuk berlibur ke Swiss. Ia ingat percakapan tersebut sehingga ia sekarang menebak tujuan kami kesana.

Penasarannya hampir terjawab saat kami haru ganti kereta di Karlsruhe. Tujuan akhir kereta berikutnya sangat jelas Paris l‘Est atau Paris Gare de l‘Est. Ia langsung girang. Tapi aku dan suamiku masih bertahan dengan kerahasiaan kami. Kebetulan kereta melewati kota Strasbourg. Sehingga aku mengatakan padanya bahwa bisa saja kami ke Strasbourg, salah satu kota yang katanya bagus untuk wisata.

Akhirnya teka teki kemana kami akan berlibur terjawab saat kereta tiba di Strasbourg tetapi kami tidak bersiap untuk turun. Akhirnya saat kereta berjalan menuju tujuan akhir, anakku pun bersorak kegirangan bahwa kami akan ke Paris. Yeeeesssssss!!

Kami bertiga saat baru tiba di kota Paris
Kami bertiga saat baru tiba di Paris.

Lokasi Paris Stadium Tour

Paris memiliki beberapa stadion sepak bola. Berdasarkan informasi yang kubaca di website Football Ground Map, di Paris dan sekitarnya terdapat lebih dari lima stadion mulai yang berkapasitas untuk lebih dari 80.000 orang sampai dengan yang hanya bisa menampung 1.200 penonton saja. Namun, bila bicara tentang Paris dan sepak bola ada dua buah stadion yang terkenal.

Yang pertama adalah stadion utama Perancis yang menjadi markas tim nasional Perancis. Aku teringat ketika piala dunia 1998 digelar di Perancis nama stadion ini terkenal sekali. Jika teman-teman tahu nama stadionnya adalah Stade de France. Lokasinya terletak di dalam kota Paris, tepatnya di sebelah utara dari pusat kota Paris. Nama daerahnya adalah Saint-Denis.

Tadinya kami akan mengunjungi stadion terbesar kedelapan di eropa ini tetapi karena lokasinya cukup jauh dan ada tujuan lain yang lebih prioritas, kami membatalkan kunjungan kesana.

Paris Saint-Germain stadium

Setelah tiba di kota Paris kami bertiga pun berpisah. Aku dan barang bawaan kami menuju ke rumah teman yang kami inapi sedangkan suami dan anak kecil segera ke stadion Paris Saint-Germain (PSG). Nama stadion yang menjadi markas klub Paris ini bernama Parc des Princes. Lokasinya terletak cukup jauh dari pusat kota Paris dengan menggunakan Metro dan berjalan kaki durasi perjalannya sekitar 30-40 menit.

Parc des Princes – PSG Stadium, Paris.

Jika lihat di Google Maps lokasi stadion ini terletak tidak jauh dari Rolland Garros yang merupakan arena tenis untuk turnamen Perancis Terbuka. Menurut suamiku stadion ini dikelilingi oleh bangunan apartemen perumahan. Sehingga saat keluar dari stasiun Metro pun jangan dibayangkan lokasinya seperti di Gelora Bung Karno.

Kunjungan ke stadion PSG ini merupakan bagian dari kejutan untuk anak kami. Ia pun tidak curiga saat suamiku membawanya turun di stasiun Metro dan menyusuri komplek apartemen di sekitar stadion. Sampai akhirnya kelihatan bangunan stadion dan terdapat tulisan Paris Saint-Germain.

Berkunjung ke stadion PSG Michdichuns
Anakku yang senang sekali bisa berkunjung ke stadion PSG.

Untuk menuju stadion dari kota bisa menggunakan Metro jalur 9 (turun di stasiun Porte de Saint-Cloud) atau jalur 10 (turun di Porte d‘Auteuil). Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan bus jalur 22, 62 atau 72 (turun di Porte de Saint-Cloud) atau jalur 32, 52 (turun di Porte d‘Auteuil).

Cerita mengenai transportasi dalam kota Paris bisa dibaca di klik disini.

Paris Saint-Germain Stadium Tour

Setelah sampai di komplek stadion untuk bisa mengikuti tur pengunjung harus mencari gerbang L. Kemudian sesampainya di gerbang ini bisa segera masuk ke pintu yang ada di stadion tersebut. Lalu saat sudah memasuki pintu ini nanti akan ada pilihan, jika belum membeli tiket bisa ke tempat membeli tiket di sebelah kiri pintu masuk. Apabila sudah membeli tiket bisa langsung berjalan lurus ke pintu masuk stadium tour.

Bagi penggemar klub tur ini tentu akan berkesan. Pengunjung dapat melihat ruang yang berisi kumpulan trofi yang pernah diperoleh klub. Setelah itu bisa masuk ke ruangan ganti pakaian dimana seragam para pemain digantung di masing-masing bilik. Kemudian, pengunjung bisa masuk ke ruang fitness, ruang yang berisi tempat tidur untuk pemeriksaan dan lorong tempat pemain keluar menuju lapangan.

Lorong pemain menuju lapangan stadion Michdichuns
Lorong pemain menuju lapangan stadion.
ruang VIP Paris stadion tour Michdichuns
Ruang VIP stadion
Michdichuns
Kejutanku dan suami untuk anak kami berhasil, alhamdulillah.

Suami dan anakku juga bisa merasakan berada di ruang VIP dan ruang tempat wartawan meliput pertandingan. Setelah itu mereka bisa turun ke lapangan, menginjak rumput lapangan sepak bola.

Yang paling asik bagi fans menurutku adalah bisa duduk di bangku pemain. Selain itu bisa juga duduk di kursi dimana pelatih klub dan jajarannya duduk. Pokoknya dijamin senang dan bahagia bisa sampai disini.

duduk di bangku pemain PSG Michdichuns
Anak dan suamiku merasakan duduk di bangku pemain PSG.

Tiket

Harga tiket untuk stadium tour ini adalah 25 Euro untuk dewasa dan 15 Euro untuk anak diatas usia tiga tahun. Tiket bisa dibeli secara online maupun di lokasi. Aku memilih untuk membeli tiket terlebih dahulu karena tidak tahu bagaimana kondisi disana.

Jika membeli online bisa dilakukan melalui situs resmi milik PSG. Alur pembeliannya cukup jelas dan tersedia dalam bahasa Inggris. Pembayaran menggunakan kartu kredit.

Oh ya, pada saat suami dan anakku melakukan kunjungan ini, tur dilaksanakan secara mandiri. Maksudnya tidak ada tour guide mendampingin dan menjelaskan segala sesuatunya. Jalur untuk tour sudah disediakan dan petunjuknya cukup jelas.

Setelah tour selesai pengunjung dapat masuk ke ruang tempat pembelian merchandise. Jika mencari seragam pemain ada. Mau gelas, kaos, gantungan kunci yang terdapat logo PSG juga ada. Kata suamiku harganya lumayan mahal jadi silakan dipilah dan dipilih hehehehe…

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..