Menara Eiffel Michdichuns
Perancis

Liburan ke Paris: Menara Eiffel

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Menara Eiffel adalah ikon kota Paris. Tidak mungkin rasanya ada orang yang berlibur ke Paris tetapi tidak mengunjungi menara yang sangat terkenal ini. Anakku termasuk salah satu orang yang ketika ditanya kenapa ingin berlibur ke Paris jawabannya adalah ingin ke menara Eiffel. Oleh karena keinginannya ini, kami pun bersama-sama melihat menara Eiffel.

Fakta Menarik Menara Eiffel

Menurut data statistik yang aku dapatkan dari statista, sebelum pandemi 2020 lalu menara Eiffel mendapat kunjungan lebih dari 5 milyar pengunjung setiap tahunnya sejak tahun 2011. Woww banget kan ya animo dari orang-orang di seluruh dunia ini terhadap menara terkenal ini.

Lalu ternyata meskipun pandemi pun data statistik menunjukkan jumlah kunjungan tahun 2020 sebanyak 1 milyar orang. Pada tahun 2021 terjadi peningkatan jumlah pengunjung hampir dua kalinya. Apa sih yang menarik dari menara ini?

Menara terkenal ini dibangun pada tahun 1889 oleh Gustave Eiffel dalam rangka perayaan seratus tahun revolusi Perancis. Konstruksi menara ini menghabiskan waktu lebih dari dua tahun. Setiap tahunnya sejak tahun 1980 menara ini mengalami renovasi sehingga dapat bertahan menghadapi banyaknya jumlah pengunjung.

Banyak sekali agenda kegiatan berskala nasional maupun internasional yang diadakan disekitar menara ini. Jika malam tiba lampu-lampu yang ada di menara akan menyala. Menurut temanku tepat saat jam berganti biasanya akan ada pertunjukan lampu warna-warni, misalnya pukul 8 malam, pukul 9 malam. Sayang sekali saat kami disana kami tidak sempat menyaksikan pertunjukkan ini.

Michdichuns Menara Eiffel malam hari
Menara Eiffel diwaktu malam.

Kaki menara ini ada empat buah. Jika kita berada di dekatnya akan terasa sekali besarnya. Jika kita melihat di foto atau televisi menara yang sangat tinggi, kenyataan sebenarnya menaranya memang tinggi. Dilihat dari jauh atau dekat, menara dengan ketinggian 1.083 kaki ini memang megah, besar dan tinggi.

Trocadero

Aku, suami dan anakku memutuskan untuk tidak mendekat ke menaranya. Karena jika mendekat ke arah sana kami tidak dapat mendapatkan foto menara yang utuh. Lagipula saat kami disana, menara hanya dapat dikunjungi sampai tingkat satu saja karena sedang direnovasi.

Sebenarnya sayang sekali tidak bisa naik sampai ke atasnya. Padahal masuk ke dalam komplek menara dan bisa naik sampai tingkat tidak ada renovasi dan lift bisa mencapai lantai tertingginya, yaitu lantai tiga, kami mungkin masih akan mempertimbangkan untuk mengunjungi langsung menara Eiffel.

Salah satu lokasi dimana kita dapat berfoto dengan latar belakang menara Eiffel yang utuh adalah Trocadero. Kebetulan kami menginap di rumah teman kami yang berlokasi di Trocadero sehingga tempat ini dekat sekali dan kami hampir setiap hari kesana.

Kenapa Trocadero?

Trocadero ini berada di lokasi yang lebih tinggi sehingga menara Eiffel akan tampak sangat jelas dan sempurna untuk menjadi latar belakang foto. Disini terdapat tempat datar yang cukup luas seperti lapangan. Tempat ini mampu menampung banyak sekali orang baik yang ingin berfoto, menghabiskan waktu atau hanya menyaksikan menaranya saja.

Lokasi ini selalu ramai kecuali jika masih pagi sekali. Malam hari pun saat kami kesana sekitar pukul 22, masih ramai. Bahkan ada pengamen jalanan yang semakin membuat suasana malam yang dingin waktu itu jadi terasa tambah romantis. Suasananya disana menurutku memang mendukung sekali dan kuat terasa keromantisannya hehehehe…

Michdichuns suasana malam hari menara Eiffel
Apakah sudah cukup terasa keromantisannya?

Hati-hati di Trocadero

Nah, karena disana ramai sekali sebaiknya pengunjung tetap waspada terhadap barang bawaan. Oh ya, namanya juga tempat wisata yang terkenal selain turis, penduduk lokal dan pemusik jalanan yang memeriahkan suasana, disana juga ada banyak penjaja suvenir. Bahkan di malam hari pun mereka masih berjualan.

Pagi atau malam sebaiknya kita waspada terhadap barang bawaan. Kadang kala karena asyiknya berfoto atau mungkin terbawa suasana sekitar kita jadi berkurang kewaspadaannya. Saat aku disana alhamdulillah tidak ada kejadian aneh sih.. Tidak ada pula orang yang berusaha dekat-dekat tanpa ada tujuan.

Aku dan suamiku saling berjaga dan mengingatkan terhadap barang kami. Suamiku pun juga mengingatkan anakku untuk waspada terhadap barangnya dan juga saat dititipi barang-barangku yang melakukan sesi foto sendiri.

Menara Eiffel

Berhubung kami memang ingin masuk ke dalam komplek menara dan naik ke atas, sebelumnya aku sudah sempat mencari tahu tentang harga tiketnya. Coba saja dicari melalui mesin pencari Google, nanti kita akan diarahkan ke situs resmi dari menara ini.

Sayangnya di tanggal perjalanan kami, puncak menara ditutup karena sedang dilakukan perbaikan. Sehingga tiket yang dijual hanya sampai di tingkat dua saja. Kami akhirnya memilih untuk tidak berkunjung langsung kesana.

Sebaiknya lakukan pembelian tiket masuk melalui online. Hal ini akan menghindarkan kita dari antrian panjang di loket on the spot. Suamiku pernah melihat antrian yang luar biasa panjang saat sebelum pandemi meskipun saat itu sudah datang pagi hari.

Beli tiket

Harga yang tertera di situs resmi menara Eiffel merupakan harga resminya. Ada beberapa kategori tiket menurut kelompok usia yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi.

Tiket dewasa itu berlaku untuk pengunjung berusia di atas 25 tahun. Tiket untuk pemuda (12-24 tahun) dan tiket anak (4-11 tahun) harganya berbeda. Untuk anak usia dibawah empat tahun tidak ditarik biaya apapun.

Selain kelompok usia, kita juga harus mempertimbangkan tiket jenis apa yang akan dibeli. Misalnya harga tiket sampai tingkat tiga tentu akan berbeda dengan tiket lantai dua. Kemudian tiket naik ke lantai dua dengan tangga dibandingkan dengan elevator tentu memiliki harga yang berbeda.

Tentukan tanggal kunjungan beserta waktunya. Lalu berikan jumlah tiket yang dikehendaki sesuai jenis tiket dan kelompok usianya. Pembelian tiket online maksimal hanya sampai sembilan tiket.

Waspada

Sekali lagi waspada terhadap barang bawaan saat berada di lokasi sekitar menara. Namanya juga lokasi wisata dan ramai, kemungkinan terjadinya kejahatan pasti ada. Jangan sampai lengah terhadap barang bawaan.

Memang sih kayaknya stres ya mau rekreasi tapi harus dalam keadaan waspada penuh. Ya tapi bagaimana lagi daripada kehilangan dompet atau paspor lebih baik meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar.

Spot Instagrammable

Ada beberapa spot Instagrammable untuk sesi foto bersama menara Eiffel yang dapat kita pilih. Salah satunya adalah Trocadero. Selain itu ada beberapa lokasi lainnya yang bisa teman-teman pembaca kunjungi dan lakukan sesi foto disana, seperti di:

  • Champ de Mars, taman cantik yang berada di bawah menara Eiffel
  • Pont de Bir-Hakeim, di bawah jembatan baja yang melintas di atas sungai Seine dan pernah masuk sebagai setting film National Treasure 2
  • Rue de l’Universite, coba saja cek di Instagram akan muncul banyak foto-foto bagus dari jalan ini
  • Naik Metro jalur 6 antara stasiun Passy dan Bir-Hakeim
  • Avenue de Camoens
  • Pont Neuf

Tinggal pilih dan lakukan sesi foto yang berkesan di tempat-tempat ini.

Jadi, sewajib apakah berkunjung ke menara Eiffel?

Jawabannya tergantung dari masing-masing orang. Namun, untukku pribadi berkunjung kesana harus dilakukan oleh orang yang baru pertama kalinya ke kota Paris. Kunjungan bisa dilakukan dengan cara mendatangi langsung menaranya dan naik ke atasnya atau sesuai dengan cara hemat kami, berfoto dari sebuah tempat yang dapat memberikan gambar menara Eiffel secara utuh.

Michdichuns Paris menara Eiffel foto dokumen pribadi
Bertiga di menara Eiffel.

Balik lagi semuanya tergantung preferensi teman-teman pembaca Michdichuns. Tapi rasanya sayang ya sudah jauh-jauh pergi ke Paris tetapi tidak berfoto di salah satu landmark-nya yang terkenal seantero dunia. Semoga teman-teman pembaca juga bisa datang kesini, ke kota Paris, suatu hari nanti ya! InsyaAllah…

Cerita tentang kunjungan ke salah satu stadion sepak bola di Paris dapat dibaca di tulisan yang berjudul Paris Stadium Tour.

Salam,

-ameliasusilo-

Referensi:

  • Tour Eiffel.Paris. 2023. The Eiffel Tower at a glance.
  • Berbagai Instafeed dan Reels di Instagram

4 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..