Ibu Profesional,  Kampung Komunitas

Klub Buku Efrimenia

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Hari Rabu tanggal 27 Januari lalu ada kegiatan yang istimewa di Kampung Komunitas Efrimenia. Para penghuni kampung yang senang membaca buku berkumpul di zoomkafe untuk mengadakan klub buku. Kegiatan ini diadakan oleh Rumah Main Literasi yang dikomandoi oleh mbak Halida.

Aku menyebut kegiatan tersebut sebagai kegiatan istimewa karena kegiatan ini baru pertama kali diadakan di regional Efrimenia. Selain i tu aku juga menyebutnya istimewa karena ternyata sambutan terhadap program klub buku ini baik. Sebelas warga kampung Efrimenia meluangkan waktunya untuk menghadiri acara ini.

Durasi acara berlangsung sekitar 90 menit. Acara pertama dibuka dari sambutan mbak Halida. Setelah itu lanjut sesi berikutnya dimana beliau menjelaskan alasan mengadakan kegiatan ini. KumHal (sebutan warga kampung untuk mbak Halida yang memimpin RuMin Literasi) juga bercerita tentang pengalamannya mengikuti klub buku di Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) dan terinspirasi untuk mengajak teman-teman di Efrimenia melakukan kegiatan tersebut. Beberapa warga kemudian ada yang ikut bercerita pengalamannya mengikuti klub buku di komunitas lainnya.

Apakah itu KLIP dapat dibaca di tulisanku yang berjudul Kelas Literasi Ibu Profesional.

Sharing Buku Bacaan

Sebelum klub buku ini diadakan, KumHal sudah menyiapkan agenda pendahuluannya dengan rapi. Di Bulan Desember beliau memberikan tantangan kepada para warga kampung untuk membaca buku yang bertema mendidik diri sendiri sebagai seorang perempuan. Topiknya bebas selama berhubungan dengan menambah kapasitas diri yang memiliki peran baik sebagai seorang individu perempuan atau istri atau ibu. Buku ini harus dibaca. Jika bisa dibaca tuntas lebih bagus. Bila belum mampu tidak apa-apa selama warga kampung membaca buku.

Menurutku ini program challenge yang baik ya! Sebagian dari kita dulunya adalah seseorang yang gemar membaca. Sejak memiliki kesibukan baru sebagai seorang istri dan juga ibu biasanya habit baik ini mulai memudar seiring bertambahnya aktivitas-aktivitas lainnya yang menjadi lebih prioritas. Padahal membaca buku ini termasuk kegiatan yang paling penting. Sebab melalui buku wawasan seseorang menjadi bertamabah. Buku apapun bentuknya adalah media belajar. Selain itu buku juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk refreshing beristirahat dari hiruk pikuk aktivitas domestik dan publik.

Di klub buku Efrimenia ini, mbak Halida menanyakan apa yang menarik yang dapat dibagikan kepada teman-teman lainnya. Beliau sendiri membaca buku Talents Mapping yang ditulis oleh abah Rama. Tanggapan dari teman-teman mengenai buku ini sangat beragam. Bahkan teman-teman yang lain seperti mbak Febby pun memberikan rekomendasi buku lainnya yang masih berhubungan dengan buku tersebut.

Sebagian besar teman-teman memiliki ketertarikan terhadap buku psikologi atau buku self improvement. Pembicaraan mengenai buku-buku tema ini sangat menarik. Bahkan mbak Febby memberikan rekomendasi buku apa yang sebaiknya dibaca terlebih dahulu sebelum membaca buku lainnya yang bertema sejenis. Tujuannya agar ilmu yang dapat diambil dari buku-buku tersebut bisa diambil garis merahnya secara berurutan. Menarik ya?

Selain kedua tema tersebut aku cukup tertarik dengan proyek mbak Tya membaca buku keluarga. Selain membaca bersama mbak Tya dan keluarganya juga mengamalkan isi buku tersebut dengan cara mengadakan kajian dan menghafal. Buku yang dibacakan adalah mengenai hadits Arbain. MasyaAllah, sangat inspiratif!

Lalu, apakah buku yang sudah kubaca dan kubagikan manfaatnya kepada teman – teman?

Buku Bacaanku Untuk Klub Buku

Ada dua buah buku yang sudah kubaca. Buku pertama adalah buku karya teman-teman member Ibu Profesional yang tergabung di RumBel Literasi IP Lampung. Buku yang kedua adalah buku mengenai bakat, Clifton Strengthsfinder. Saat ini aku sedang mempelajari bagaimana caranya menulis resensi buku yang baik di blog. Semoga aku dapat menuliskan kedua resensi buku tersebut di blog ini, insyaAllah.

Curahan Inspirasi Ibu Era Digital karya member Rumah Belajar Literasi Ibu Profesional Lampung

Alasanku membaca buku Ibu Digital ini adalah karena aku saat ini sedang membutuhkan asupan solusi untuk permasalahan manajemen gawai. Manajemen yang berguna dan bermanfaat untuk kami sekeluarga di rumah. Alhamdulillah setelah membaaca buku ini ada beberapa insight yang aku dapatkan dan sudah kubicarakan dengan suamiku. Alhamdulillah beliau setuju. Semoga kami bisa konsisten ya!

Discover Your CliftonStrengths

Alasan membaca buku yang kedua adalah karena aku sedang tertarik dengan tema bakat. Setelah mengetahui bakatku dan bakat suami melalui asesmen Talents Mapping, cara kami untuk memaklumi, memahami dan berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya menjadi jauh lebih baik. Oleh karena itu aku pun mencari buku-buku lainnya yang dapat mendukung pengetahuanku untuk hal ini.

Kembali lagi ke klub buku..

Jadi meskipun ini adalah program perdana, mbak Halida justru menyiapkan acara klub buku ini sebagai acara terakhir dan perpisahan Ruman Main Literasi Efrimenia. Mbak Halida sedang menyiapkan konsep berkegiatan literasi di Efrimenia yang lebih menarik, menantang dan lebih seru bagi para pecinta literasi. Semoga saja program klub buku ini tetap ada kelanjutannya ya, amiiiinnn..

Semangat literasi!

Salam,

-ameliasusilo-

Sumber gambar featured image: Canva

Silakan tinggalkan komentar anda disini..