KLIP 2022 michdichuns
Kampung Komunitas,  Menulis

KLIP 2022 Dengan Format Baru

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh… Bismillahiirrohmaanirrohiim… Apakah teman Michdichuns sudah bergabung di Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP)? Jika belum, ayo segera daftar sebab KLIP 2022 hadir dengan format baru yang lebih kece dan akan bertabur ilmu.

Apakah KLIP?

Beberapa cerita di blog Michdichuns tahun lalu idenya berasal dari tantangan pekanan yang diberikan oleh komunitas menulis ini. KLIP merupakan sebuah kelas menulis di bawah komponen Kampung Komunitas di Ibu Profesional (IP). Meskipun berada di bawah payung IP untuk menjadi pesertanya ini kita tidak perlu menjadi anggota IP terlebih dahulu. Kelas terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun pada saat melakukan pendaftaran.

Selama dua tahun terakhir bergabung disana, tujuan utama wadah menulis ini adalah menjaga konsistensi menulis para pesertanya. Karena ini sebuah kelas menulis, disini terdapat durasi keanggotaan selama satu tahun. Selain itu seperti layaknya sekolah ada syarat-syarat kelulusan di akhir periode kelas.

Pendaftaran periode kelas baru biasanya dibuka saat akhir bulan Desember sampai dengan dipertengahan bulan Januari di tahun berikutnya. Untuk kelas tahun 2022 ini formulir pendaftaran dapat diisi sejak tanggal 29 Desember 2021 sampai 19 Januari 2022. Syarat pendaftaran ada dua, yaitu bergabung dengan Facebook Group KLIP dan mengisi formulir.

Ceritaku tentang KLIP di tahun 2011 berjudul Kelas Literasi Ibu Profesional.

Aktif Menulis Supaya Bisa Lulus

Jangan khawatir! Syarat kelulusan disini sesungguhnya tidak sulit. Ingat.. Ingat! Jika bergabung berarti kita sudah siap berkomitmen untuk menulis. Komitmen berarti menjaga konsistensi menulis. Jadi persyaratan yang diberikan oleh perangkat kelas ini sebenarnya bertujuan untuk menjaga konsistensi para peserta yang sudah mendaftar.

Jika ingin terus bertahan dan lulus sebaiknya penuhi syarat jumlah setoran tiap bulannya. Tiap akan menyetor perhatikan ketentuan berikutnya, yaitu jumlah kata. Apakah tulisan yang dibuat sudah memenuhi minimal 300 kata?

Berdasarkan pengalaman tahun lalu di setiap memulai caturwulan baru ada peningkatan jumlah minimal kata. Awalnya 300 kata kemudian meningkat menjadi 400 lalu terakhir adalah 500 kata. Eh, jangan putus asa dulu! Jika kita rutin menulis sebenarnya jumlah kata ini tidak menjadi masalah kok. Kalau aku permasalahan utama adalah menjaga konsistensi.

Infografis milik pengurus KLIP 2022
Cara menyetorkan tulisan setiap hari. Sumber gambar: Telegram Kelas Literasi Ibu Profesional 2022.

Terkait dengan caturwulan dan jumlah setoran, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Jumlah perolehan badge tiap caturwulan dan total badge yang didapat oleh peserta selama satu tahun merupakan syarat kelulusan di kelas. Jadi secara keseluruhan peserta membutuhkan minimal 9 badge. Tiap catur wulan peserta harus mengumpulkan 3 buah badge. Hati-hati! Jika tidak mendapatkan badge selama dua bulan berturut-turut kita tidak bisa lagi menyetorkan tulisan kita alias dianggap gugur.

Apa itu badge?

Badge itu semacam apresiasi yang diberikan oleh perangkat kelas apabila peserta mampu menjaga konsistensi menulis dan menyetorkannya di formulir setoran. Jika hanya menulis tapi tidak disetor percuma. Ibaratnya setoran ini adalah bukti konsistensi kita dan pembuktian komitmen di kelas ini. Oh iya, disini peserta tidak dituntut untuk menyelesaikan tulisannya ya.. Yang dibangun di kelas adalah konsistensi menulis, sebuah kebiasaan untuk menulis. Jadi tidak perlu tunggu tulisanmu selesai untuk disetorkan. Selama sudah memenuhi syarat jumlah huruf bisa disetorkan.

Konsistensi di KLIP ada 2: Menulis dan menyetorkan tautan hasil tulisan.

Michdichuns 20222

Yang disetorkan adalah tulisan kita melalui sebuah tautan. Jadi supaya bisa memperoleh tautan tulisan kita dapat ditulis di berbagai media digital menulis yang ada. Contohnya blog, Instagram, Facebook, Tumblr atau Google Docs. Apasaja yang bisa memiliki tautan untuk disetorkan di formulir setoran bulanan.

Setoran peserta pada akhir bulan akan dihitung oleh perangkat kelas. Syarat mendapatkan badge yang paling minimal adalah menyetorkan sepuluh tulisan. Semakin banyak jumlah setoran akan semakin bersinarlah apresiasi yang kita peroleh.

Tertarik untuk bergabung?

Format Baru di 2022

Infografis milik pengurus KLIP 2022
Infografis 2022.
Sumber gambar: Telegram Kelas Literasi Ibu Profesional 2022.

Gambar di atas menunjukkan alur kelas selama 2022. Menarik ya?

Akan ada kelas-kelas berjenjang yang bisa diikuti oleh peserta di tahun 2022 ini. Jadi sudah tidak ada lagi caturwulan seperti tahun-tahun sebelumnya. Kelas-kelas ini tentunya boleh dimasuki jika kita lulus dari kelas sebelumnya. Menurut keterangan yang aku baca di formulir pendaftaran syarat kelulusan tiap kelas adalah: Mengerjakan challenge wajib dan jangan sampai tidak dapat badge selama dua bulan berturut-turut.

Jika teman-teman penasaran, para pengurus sudah menyiapkan video penjelasan alur ini secara jelas dan menarik. Caranya adalah klik situs resmi miliki kelas literasi kemudian klik Form Pendaftaran. Disana akan ada tautan untuk menyaksikan video.

Gimana pendapat teman pembaca semua? Menarik dan menantang kan?!

Yuk, gabung, belajar dan berjuang bersama di KLIP 2022!

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..