Kesehatan Mental

Jurnal Proyek Rawat Diri: Sarapan Buah Usai Minum Pagi

Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Tantangan kedua adalah tantangan yang sudah menjadi habit bagiku, yaitu..

Tantangan sarapan buah usai minum pagi

Sumber foto: Telegram Mentorship Selfcare Project November

Sarapan buah usai minum pagi sudah rutin aku lakukan sejak mengikuti Selfcare Project beberapa bulan yang lalu. Rutinitas pagi yang aku lakukan biasanya minum air putih dan makan buah kurma sebanyak tiga buah.

Aku mengkonsumsi kurma sebab buah ini memiliki kandungan nutrisi yang baik, khususnya sebagai sumber energi. Menurutku setelah bangun tidur, minum putih dan makan kurma aku jadi memiliki tenaga untuk melakukan berbagai kegiatan pagi hari lainnya sebelum akhirnya bisa duduk untuk sarapan.

Biasanya pada saat sarapan aku punya menu vegetaris andalan yang inspirasinya kudapatkan setelah ikut program sarapan bersama di komunitas interkultur disini dan kelas pekan rawat diri. Di menu sarapan vegetaris ini aku meyertakan buah-buahan juga. Jadi ketika pagi hari setelah minum air aku tidak makan kurma, maka konsumsi buah pagi hari aku penuhi melalui sarapan.

Apa yang aku lakukan?

Seperti hari-hari sebelumnya, aku minum air putih kemudian makan kurma. Tetapi ada yang berbeda, aku menyiapkan tujuh buah kurma.

Jadi beberapa hari sebelumnya aku dikasih tahu mba Marina ada hadits Rasulullah tentang makan kurma ini. Manfaat mengkonsumsi kurma khususnya pada pagi hari. Pembicaraan ini terjadi sebab hari itu aku sakit perut. Dugaanku karena makan atau minum sesuatu yang sudah basi.

Adapun hadits Rasulullah ini diriwayatkan dari sahabat Sa’ad bin Abu Waqqash..

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”

HR. Al-Bukhari (no.5769)

Sayangnya hari itu entah kenapa tidak bisa menghabiskan ketujuh buah kurma tersebut.

Evaluasi

Menurut saya kebiasaan yang sudah saya miliki ini sudah baik. Evaluasi yang aku berikan mungkin tidak khusus disaat aku melakukan observasi diri pada satu hari ini. Evaluasi yang ingin aku utarakan disini adalah sebaiknya aku rutin memeriksa ketersediaan kurma. Tujuannya untuk menghindari ketika pagi hari ternyata stok kurma habis. Begitupula dengan membiasakan untuk menyediakan potongan buah baik untuk kukonsumsi sendiri maupun untuk suami dan anakku.

Rencana

Aku akan mulai mencoba membiasakan makan tujuh buah kurma seperti hadits Rasulullah.

Apresiasi diri

Sumber gambar: Canva

Aku sudah cukup puas dengan kebiasaan baikku yang ini. Tinggal bagaimana terus mempertahankan konsistensi dan menularkan kebiasaan baik dan sehat ke anggota keluarga lainnya yang ada di rumah ini.

-ameliasusilo-

0 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..