Bunda Cekatan Michdichuns
Bunda Cekatan

Jurnal Bunda Cekatan Tentang Buddy

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Menurut Merriem-Webster buddy memiliki beberapa arti, diantaranya adalah teman, partner, teman dekat atau menjadi teman. Sedangkan situs Dictionary Cambridge memberikan sebuah definisi yang lebih spesifik lagi, yaitu seseorang yang melakukan aktivitas bersama dengan kita sehingga bisa saling mendukung dan menyemangati satu sama lain. Apa kaitannya buddy dengan kelas Bunda Cekatan?

Bekal untuk buddy michdichuns di kelas bunda cekatan batch 3
Mari kita siapkan bekal pekan ini untuk seorang buddy.
Sumber gambar: Canva dengan kreativitas penulis.

Tentang Buddy System

Sistem belajar bersama seorang buddy tentu bukan hal baru untukku. Tahun lalu aku sudah pernah merasakannya di kelas Bunda Cekatan juga bersama teman baikku di Ibu Profesional. Selain pengalaman di kelas Bunda Cekatan sebenarnya sistem ini sudah kuketahui karena aku pernah menjadi mahasiswa internasional di salah satu universitas besar di Jerman. Di universitas ini terdapat program buddy yang berfungsi untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan kehidupan perkuliahan dan kehidupan pada umumnya di Jerman.

Buddy system di kelas Bunda Cekatan bisa dibilang mirip tapi berbeda. Loh gimana maksudnya? Hihihi..

Kalau mau tahu langsung bergabung dengan Ibu Profesional dan pilih komponen Institut saat penjurusan. Lalu ikuti jenjang perkuliahannya sampai dengan kelas Bunda Cekatan. Nanti bisa merasakan sendiri sistem ala Bunda Cekatan.

Sedikir bocoran.. Disini kita boleh saling mengirimkan pesan atau temu daring yang personal. Disini kita diminta memberikan sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi buddy kita yang akan terus bersama sampai di tahap belajar di kelas Bunda Cekatan berikutnya.

Apakah aku berhasil menemukan jodohku di batch 3 ini? Bagaimana ceritanya?

Mengincar dan Bertemu

Ketika awal masuk kelas Bunda Cekatan batch 3 aku kepo siapa saja mahasiswi lainnya yang bergabung denganku. Aku khususnya ingin mengetahui apakah ada mahasiswi yang aku kenal dan berasal dari regional lainnya. Salah satu tujuan kekepoanku ini adalah untuk memilih salah satu diantara kenalanku tersebut untuk menjadi buddy ku. Salah satu keuntungan mengulang antara lain bisa mengetahui tahapan-tahapan yang akan dilalui, salah satunya adalah buddy system.

Jika dibandingkan dengan pengalamanku yang sebelumnya, di kelas kali ini berbeda. Tahun lalu aku langsung dilamar oleh seorang teman baik di Ibu Profesional segera setelah Magika memberikan materi. Waktu itu karena materinya diberikan di jam dimana aku masih tertidur lelap. Jadi saat aku bangun pagi dan membaca lamaran di pesan whatsapp aku jadi kaget.

Tahun ini giliranku yang melakukan hal yang dilakukan oleh temanku. Kebetulan jam perkuliahan materi bergeser menjadi lebih bersahabat untukku yang berada di Eropa. Segera setelah selesai materi, aku langsung berniat mengirimkan pesan untuk seseorang yang sudah kuincar sejak awal masuk kelas Bunda Cekatan. Alhamdulillah Allah memberikan kemudahan. Kebetulan teman yang kuincar ini mengirimkan pesan melalui Whatsapp untuk menanyakan hal lain di luar Bunda Cekatan. Aku segera menjawab pertanyaan beliau sekaligus melamarnya.

Mbak Karin, maukah menjadi buddy-ku di kelas Bunda Cekatan?

michdichuns 2022

Alhamdulillah lamaranku diterima. Mbak Karinta Utami, leader Sejuta Cinta Ibu Profesional Tasikmalaya, co-host This Is Me di Ipedia-TV, bersedia menjadi buddy ku di pekan kedelapan tahap Ulat. Tidak lama setelah lamaranku diterima beliau mengirimkan foto untukku.

Ini buddyku michdichuns
Ini buddy ku, mbak Karin dari IP Tasikmalaya.
Sumber gambar: Karinta Utami.

Kami pun membuat perjanjian untuk mengobrol secara langsung melalui Zoom selama sekitar setengah jam. Alhamdulillah pertemuan daring kami berjalan dengan lancar. Kami bisa ngobrol dengan puas dan saling bertukar cerita tentang Ibu Profesional, Bunda Cekatan, Sekolah mbak Karin, Pekerjaanku dan tak lupa tentang kondisi kami dan keluarga.

Bekal Untuk Buddy

Dari hasil zoompa bersama mbak Karin aku sedang menyiapkan sebuah bekal istimewa untuknya yang terdiri dari racikan ilmu yang dibutuhkan oleh beliau. Saat ini bekal tersebut masih dalam proses masak. Karena pekan ini aku sedang harus memprioritaskan mengantarkan ibu melengkapi kebutuhannya sebelum pulang ke Indonesia dan juga menghadapi tugas di ranah publik yang tenggat waktunya hari Jumat, aku masih belum bisa menyusun referensi-referensi yang telah kutemukan ini menjadi sebuah sajian yang layak. Ibarat makanan, bumbu-bumbu beserta bahan utama bekal sudah kuperoleh. Tinggal proses masak untuk menjadikan sebuah bekal yang lezat dan dapat dipresentasikan.

zoompa buddy
Rekam jejak zoompa di pekan kedelapan tahap Ulat.

Topik pengetahuan yang menurutku cocok untuknya antara lain..

  • Self care dasar seorang manusia. Hal ini perlu kusampaikan karena mbak Karin bercerita tentang kebiasaannya barunya yang menurut pengakuan beliau sendiri tidak sehat.
  • Keamanan literasi digital. Aku ingin memberikan sumber lain sebagai tambahan referensi untuk ilmu yang masih ingin dipelajari olehnya.
  • Literasi digital di eropa dan khususnya di Jerman. Ini juga ingin kuberikan sebagai bahan belajar beliau.
  • Tips menulis tesis. Aku ingin berbagi pengalamanku menulis tesis saat sekolah master lalu yang siapa tahu berguna untuk mbak Karin yang sebentar lagi harus mulai menulis tesis.

Karena beliau mengatakan lebih senang belajar dalam bentuk bacaan atau audio visual, aku rencananya akan mengemas bekal ini dalam bentuk bahan bacaan saja. Semoga beliau berkenan dengan bekal yang kusiapkan ini. Karena sifatnya personal aku tidak bisa memberikan bekal tersebut disini.

Semoga bisa bermanfaat untuk mendampingi mbak Karin di tahap belajar berikutnya di kelas Bunda Cekatan.

Cerita tentang buddy-ku saat kelas Bunda Cekatan batch 2 lalu saya tulis di jurnal tentang buddy.

Aku senang sekali bisa bertemu dengan buddy yang keren seperti mbak Karin. Semoga kami bisa terus saling mendukung dan menyemangati sampai menjadi kupu-kupu yang cantik di akhir kelas Bunda Cekatan nanti.

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..