Wisata

Jerman: Tiket Transportasi 49 Euro

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Tiket 49 Euro untuk transportasi publik di Jerman sudah mulai berlaku sejak 1 Mei lalu. Tiket ini mirip dengan tiket 9 Euro di tahun 2022. Walau tidak semurah tiket 9 Euro, tiket dengan harga baru ini termasuk murah karena harganya juga lebih murah daripada tiket langganan transportasi publik Hannover. Lumayankan jadinya bisa irit 12 Euro tapi cakupan tiketnya seluruh Jerman.

tiket 49 euro jerman michdichuns

Keberhasilan Tiket 9 Euro

Tahun lalu pemerintah Jerman memberlakukan tiket transportasi publik 9 Euro. Tiket ini berlaku untuk hampir seluruh alat transportasi publik yang ada di negara Jerman. Sayang sekali jika tidak sempat menikmati tiket yang berlaku selama musim panas tahun 2022 lalu.

Saat tiket ini masih dalam rencana dan rancangan namun sudah diberitahukan ke publik, banyak sekali pendapat yang pro dan kontra. Namun, saat ijin untuk penjualan tiket ini diberikan, respon dari rakyat sungguh luar biasa.

Ya iyalah.. Tiket transportasi publik seharga 9 Euro berlaku di seluruh penjuru Jerman dan valid untuk satu bulan. Siapa yang tidak mau?

Sebenarnya ada saja yang tidak mau. Bisa jadi karena tidak ada kepentingan menggunakan transportasi publik karena memiliki mobil pribadi. Atau misalnya saat tiket berlaku sedang berlibur. Tapi tidak begitu ceritanya dengan keluargaku.

Kami bertiga tentu saja membeli tiket ini dengan senang hati. Bahkan ibu dan adikku yang waktu itu datang ke Jerman pun menikmati tiket murah ini. Tiket 9 Euro tidak hanya kami gunakan untuk bepergian dalam kota. Kami juga pergi ke luar kota dengan tiket ini.

Tentu banyak yang memanfaatkan adanya tiket ini. Sebab menurut berita tiket ini terjual sebanyak lebih dari 30 juta tiket. Sebagian besar yang memiliki tiket ini adalah orang-orang yang telah berlangganan tiket transportasi publik. Pelanggan barunya memang tidak banyak walau laporan statistik menunjukkan lebih dari satu juta orang.

Selain itu statistik juga menunjukkan ada penambahan jumlah kilometer pengguna kereta. Kepadatan penumpang kereta selama periode berlakunya tiket ini menunjukkan bahwa tiket ini menjadi daya tarik sendiri yang menarik penduduk untuk menaiki transportasi publik.

Tentang Tiket 49 Euro

Kenapa bisa 9 Euro? Murah banget?

Tentunya ada bantuan subsidi dari pemerintah. Makanya ada juga yang kontra terhadap program ini karena alasan tersebut.

Terkait dengan keberhasilan tiket 9 Euro tadi, tahun ini tiket yang serupa mulai diberlakukan lagi. Kali ini harganya tidak lagi 9 Euro melainkan 49 Euro. Tiket masih melingkupi seluruh wilayah Jerman. Bahkan dengan tiket ini bisa mengantar kita ke kota-kota besar dekat perbatasan Jerman, contohnya Basel dan Salzburg.

Bedanya kali ini tiket bersifat abonemen alias berlangganan. Selain itu tiket sudah tidak bisa lagi dibeli di mesin beli tiket otomatis seperti halnya tiket 9 Euro.

Selain itu, tiket juga hanya ada dalam bentuk elektronik. Pergunakan aplikasi miliki transportasi di kota masing-masing. Dan bagi pelanggan tiket transportasi dalam kota, jika ingin memiliki tiket ini harus berhenti berlangganan tiket yang reguler dulu jika ingin memiliki tiket 49 Euro.

Perbedaan lainnya lagi adalah tiket ini tidak memiliki bonus seperti tiket langgananku, yaitu bisa membawa satu anak diatas 6 tahun atau orang dewasa diatas jam 19 pada hari biasa dan akhir pekan. Jadi aku dan suamiku harus hati-hati untuk tidak lupa membelikan tiket atau mengingatkan tentang beli tiket bagi orang lain yang bepergian bersama kami di Hannover.

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..