Ibu kuliah lagi di 2024
Bunda Sayang

Ibu Kuliah Lagi di 2024

Ibu kuliah lagi menjadi slogan yang kucanangkan lagi dipertengahan tahun 2024 ini. Selain karena rindu berkegiatan mencari ilmu, perkuliahan yang kuikuti kali ini kuniatkan untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai seorang ibu yang memiliki dua anak dengan jarak usia yang berjauhan. Doakan semoga semangat ini konsisten sampai dengan perkuliahan berakhir ya!


Hai teman pembaca Michdichuns!

Penasaran aku akan kuliah apa lagi kali ini?

Apakah kuliah program master bidang lainnya atau sudah berani mengambil jenjang yang lebih tinggi, yaitu S3?

Alhamdulillah saat ini aku belum mengambil kuliah di institusi formal karena masih dalam masa cuti panjang setelah melahirkan. Nah, karena baru melahirkan ini aku merasa ada tantangan baru dalam menjalani peran sebagai seorang ibu.

Kedua anakku memiliki rentang usia yang jauh. Memiliki satu anak balita dan satu anak pra remaja merupakan tantangan baru untukku. Oleh karena itu, aku merasa perlu membekali diri dengan cara memperbarui pengetahuan yang sudah kumiliki. But how?

Ibu Kuliah Lagi

Kebetulan Institut Ibu Profesional (IIP) mulai membuka kembali perkuliahan-perkuliahannya. Tadinya aku berniat untuk melanjutkan pendidikanku di IIP ini dengan mengambil perkuliahan Bunda Saliha tapi tahun ini kelas tersebut tidak dibuka.

Tidak adanya perkuliahan tersebut ternyata menjadi jalanku untuk mempelajari ilmu lainnya. Aku jadi bisa belajar di perkuliahan lainnya. Meskipun jenjang yang kupilih berada di tingkat awal pendidikan di IIP, justru saat ini ilmu-ilmu yang diajarkan di perkuliahan itu merupakan ilmu yang kubutuhkan sebagai seorang ibu.

Ibu (Bunda) kuliah lagi di perkuliahan Bunda Sayang batch 9.

Tentang kuliah: Ibu Kuliah Lagi 2023.

Perkuliahan Bunda Sayang

Aku sudah pernah mengikuti perkuliahan Bunda Sayang batch 5 tahun 2018 lalu. Perkuliahan tersebut kujalani dengan bahagia dan dapat kuselesaikan dengan baik. Bunda Sayang adalah perkuliahan pertama yang membuatku jatuh cinta dengan sistem pendidikan di Ibu Profesional, khususnya di IIP.

Sistem yang digunakan di batch 5 jauh berbeda dengan batch 9 ini. Bahkan, batch 9 ini berbeda dengan batch 7 dan 8. Jadi, di batch 5 perkuliahannya masih dengan menggunakan Whatsapp Grup didampingi oleh fasilitator. Bunda Sayang batch 7 dan 8 menggunakan fasilitas yang ada di Facebook. Kali ini di batch 9 ada perubahan lagi dengan menggunakan sistem baru, yaitu menggunakan Mayar.

Welcoming Party untuk Bunda Sayang sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 30 Mei lalu. Untuk pertama kalinya aku mencoba sistem belajar melalui Mayar.

Oh ya, karena aku termasuk mahasiswa yang mengulang perkuliahan sebelum melakukan pendaftaran aku bertanya dulu kepada Manajer Operasional (ManOp) HIMA Efrimenia, mba Eka. Aku bertanya apakah boleh mengulang perkuliahan ini meskipun sudah lama sekalinya menyelesaikannya.

Alhamdulillah diizinkan mengulang kembali. Aku pun menata diri dan hati, meluruskan niat kembali sambil melihat jadwalku dan keluarga di luar perkuliahan. Ketika aku sudah merasa mantap akupun segera mendaftarkan diri melalui tautan yang dikirimkan oleh mba Eka di Whatsapp Grup HIMA Efrimenia.

Tentang Bunda Sayang batch 5: BunSay.

Pendaftaran Kuliah

Tautan pendaftaran perkuliahan Bunda Sayang yang diberikan oleh ManOp HIMA mengarahkan calon mahasiswi ke Mayar. Oh ya, Mayar adalah platform yang digunakan oleh IIP untuk perkuliahan di tahun 2024 ini. Nanti akan ada formulir di Mayar yang perlu diisi untuk mendaftar. Jika pendaftaran di Mayar berhasil, calon mahasiswa akan memperoleh konfirmasi di e-mail yang didaftarkan di Mayar.

Di e-mail konfirmasi tersebut ada tautan Google Form yang perlu diisi oleh calon mahasiswa. Di formulir ini kita akan ditanya statusnya, apakah mahasiswi baru atau mahasiswi remedial.

Mahasiswi remedial ini pun ditanyakan juga statusnya. Apakah remedial karena tidak lulus perkuliahan atau sudah pernah lulus. Setelah pengisian formulir ini berhasil, calon mahasiswi tinggal menunggu pemberitahuan dari ManOp regional masing-masing.

Lini masa pendaftaran sampai dengan perkuliahan pertama sudah jelas sekali diberitahukan di selebaran yang ada di HIMA regional. Setelah periode pendaftaran selesai, aku mendapat undangan dari mba Eka untuk masuk Komunitas dan Whatsapp Grup Bunda Sayang.

Aku berada di kelas gabungan yang terdiri dari regional Efrimenia, Asia, Ambon dan NNP. Mahasiswi dari regional kami bergabung karena jumlahnya yang sedikit. Setelah masuk kelas tinggal menunggu jadwal Welcoming Party.


Mohon doanya supaya semangat belajar tetap terjaga sampai selesai. Aku dapat mengerjakan tugas-tugas dengan baik seperti halnya mahasiswi yang baru belajar di perkuliahan Bunda Sayang.

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..