Mencari hotel keluarga di Copenhagen Michdichuns
Denmark

Kopenhagen: Hotel Keluarga

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Mencari hotel keluarga di Copenhagen bagiku cukup mudah. Sebab di kota ini terdapat jaringan hotel keluarga yang menjadi langganan keluargaku saat berlibur. Jadi, aku tidak perlu mencari kesana kemari terlalu lama seperti biasanya kulakukan saat jaringan hotel langganan tidak tersedia di kota tujuan liburan.

Mencari Hotel

Setiap kali mencari penginapan untuk liburan keluarga kami, aku biasanya mencari terlebih dahulu hotel-hotel yang tergabung dalam jaringan hotel tertentu. Jaringan hotel ini menurutku memiliki hotel-hotel yang ramah terhadap tamu keluarga. Sebut saja contohnya, Accor, A&O Hotel and Hostel atau Meininger.

Hal pertama yang segera kulakukan adalah mencari tempat penginapan di berbagai jaringan hotel tersebut. Setelah itu aku membandingkan harganya dengan budget liburan yang kami miliki. Jika sudah ada yang sesuai aku mengerucutkan pilihan atas dasar lokasi penginapan dengan pusat kota atau stasiun. Apabila kami berlibur dengan mobil lokasi sebenarnya tidak menjadi masalah. Yang menjadi bahan pertimbangan adalah berapa biaya parkir atau apakah memungkinkan jika kami parkir di luar komplek hotel yang gratis.

Hotel Keluarga di Copenhagen

Mencari hotel keluarga di Copenhagen tidaklah sulit. Kota ini terkenal sebagai salah satu kota yang ramah terhadap keluarga, apalagi anak-anak. Jika mencari melalui situs booking.com, ketika memasukkan anak dalam pencarian kamar akan muncul berbagai hotel bagus. Hotel-hotel ini ada yang menawarkan double dan single bed dalam satu kamar atau bunkbed seperti di hostel namun dengan kamar mandi dalam.

Saat melakukan pencarian tempat penginapan di Copenhagen aku langsung mencari melalui situs jaringan hotel yang menjadi langganan keluarga kami. Waktu itu hanya satu jaringan hotel saja yang memiliki hotel di Copenhagen, yaitu Meininger. Sangat memudahkan bukan?

Oh ya keunggulan dari Meininger yang kusukai adalah hotel ini memberikan diskon tambahan jika membawa anak. Jadi memang cocok untuk hotel keluarga.

Nama hotelnya adalah Urban House Copenhagen by Meininger.

Lokasi

Menginap disini sangat memberikan kemudahan bagi kami. Lokasi hotel berada tidak jauh dari stasiun utama dan terminal bus Copenhagen. Jika keluar dari pintu samping yang dekat dengan tempat penitipan bagasi di stasiun utama, jalan kaki ke hotel mungkin jaraknya sekitar 300 meter.

hotel di Copenhagen
Hotel tempat kami menginap di Urban House by Meininger.

Karena lokasinya yang di pusat kota, tamu hotel akan dengan mudah menemukan tempat makan dan juga supermarket. Di dekat situ ada restoran halal yang enak dan aku akan menceritakannya di cerita terpisah, insyaAllah. Supermarket yang menyediakan berbagai bahan makanan untuk dimasak dan dimakan langsung seperti buah-buahan, chips juga mudah dicapai hanya dengan berjalan kaki tidak sampai 10 menit.

Hotel Ramah Keluarga

Aku menyebut hotel yang kami tempati ini ramah keluarga karena beberapa fasilitasnya. Biasanya di dalam kamar tersedia single atau double bed dan tempat tidur susun untuk anak. Walau yang menginap jumlahnya hanya tiga, di tiap2-tiap kasur selalu tersedia handuk besar untuk mandi.

Untuk besar kamar tergantung hotelnya. Untuk Urban House Copenhagen ini ruang yang kami tempati ukurannya cukup luas. Sehingga dapat digunakan untuk solat berjamaah. Di dalam kamar yang kami peroleh kebetulan tempat mandi dan wc terpisah. Ini tentunya menambah kenyamanan mengingat urusan kamar mandi kadang bisa menyebabkan keributan kecil hihihihi…

double bed michdichuns
Double bed untukku dan suami.
bunkbed michdichuns
Bunkbed untuk anakku

Dapur dan ruang makan

Yang aku sukai dari hotel keluarga adalah adanya dapur umum yang lengkap. Disini kita bisa masak karena peralatan dan perlengkapan yang disediakan oleh pihak hotel. Panci, penggorengan, sutil, alat pemasak air panas, kulkas rak penyimpanan bahan makanan, pisau, kompor, microwave dan lain-lain. You name it!

Semuanya boleh dipergunakan tapi setelah digunakan harus dicuci kembali. Pengguna dapur juga diminta untuk menjaga kebersihan. Setelah masak sampahnya harus dipilah dan dibuang ke tempat sampah. Tempat kita memasak juga harus dibersihkan kembali.

meja makan untuk tamu di dapur umum hotel
Meja makan di area dapur umum untuk tamu.

Kadang jika memungkinkan aku membawa rice cooker kecil sehingga kami bisa menghemat untuk makan. Berasnya tinggal beli di supermarket yang ada di kota yang kami kunjungi.

Jika beruntung di dapur terdapat rak penyimpanan bahan makanan yang menyediakan bahan makanan serta bumbu dapur yang boleh digunakan gratis. Ini biasanya adalah tinggalan dari tamu-tamu hotel lainnya yang sudah tidak ingin membawa perbekalan mereka tetapi masih dapat digunakan.

Rak penyimpanan bahan makanan di dapur umum hotel.
Rak tempat penyimpanan bahan makanan diantaranya terdapat rak untuk bahan makanan yang boleh diambil oleh tamu hotel secara gratis.

Di semua hotel Meininger selain dapur untuk tamu juga terdapat ruang untuk makan. Jangan khawatir dengan ribet bawa alat makan dari rumah. Di dapur tadi tersedia gelas, piring, sendok dan garpu. Mau bikin teh juga tersedia cangkir.

Ruang makan di hotel
Ruang makan untuk tamu hotel.

Bila malas masak, hotel-hotel Meininger menyediakan breakfast buffet di area lounge dengan harga yang terjangkau. Menu yang disediakan biasanya menu western dengan berbagai variasi makanan yang tampak enak.

Gamezone

Kids corner di hotel.
Kids corner di hotel yang luas dan nyaman.

Selain urusan perut di hotel juga disediakan tempat untuk bersantai. Contohnya ada kids corner dimana tersedia table football, mainan anak, boneka dan lain-lain. Untuk orang dewasa ada rak yang berisi buku yang boleh dipinjam oleh pengunjung. Dan ada meja billiar yang berukuran besar yang boleh digunakan.

Oh ya aku juga sempat mengintip ada ruang bioskop mini disana.

Fasilitas pendukung lainnya

Fasilitas lainnya yang menambah kenyamanan saat menginap disini adalah adanya mesin cuci dan juga pengering. Berbeda dengan fasilitas lainnya, untuk kedua mesin ini tamu hotel perlu membayar sesuai dengan ketentuan yang tertera disana.

Saat kami menginap di Meininger di manapun aku belum pernah menggunakan fasilitas ini. Kami pernah sempat merencanakan mencuci pakaian tetapi tidak terlaksana karena keburu lelah saat tiba di hotel.

Aku dan suami sangat merekomendasikan menginap di Meininger jika teman-teman pembaca Michdichuns liburan ke eropa. Hotelnya nyaman dan ramah keluarga. Harganya pun relatif bersahabat apalagi jika membawa anak-anak. Anakku sendiri merasa nyaman jika kami menginap disini. Walau masih belum ada di setiap kota-kota besar di negara-negara eropa, namun menurut pengamatanku setiap tahun ada lokasi-lokasi baru yang dibuka.

Oh ya ini ceritanya tidak mendapat upah apapun. Aku murni menceritakan apa adanya sesuai dengan pengalaman menyenangkan yang kami peroleh saat menginap di Urban House Copenhagen by Meininger.

Cerita tentang transportasi menuju Kopenhagen dari Jerman bisa dibaca di transportasi.

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..