Surfing di sungai Leine Hannover
Jerman

Hannover: Surfing di Sungai Leine

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Surfing merupakan olahraga air yang biasanya dilakukan di pantai. Di kota Hannover penyuka olahraga surfing tidak perlu pergi jauh ke pantai. Percaya atau tidak ternyata surfing bisa juga dilakukan di sungai.

Sungai Leine Hannover

Sebuah sungai yang melintas di tengah kota Hannover merupakan sungai Leine yang memiliki total panjang sekitar 280 kilometer. Sungai ini membentang melewati berbagai wilayah di dua negara bagian berbeda di Jerman, yaitu Thuringia dan Lower Saxony. Hannover merupakan kota terbesar yang dilewati oleh sungai ini.

Di Hannover aliran sungai Leine terbagi ke beberapa cabang kanal dan sungai. Walau terbagi air sungai tetap mengalir sampai akhirnya terkumpul kembali menjadi satu aliran sungai. Salah satu aliran sungai Leine mengalir ke tengah kota Hannover tepatnya di tepi Hohen Ufer yang merupakan bagian dari kota tua Hannover.

Aliran sungai di tengah kota Hannover ini termasuk tenang. Airnya tidak pernah terlihat deras yang membahayakan. Airnya jernih dan bening. Jika volume airnya sedang surut seperti di bulan ini dasar sungai akan tampak terlihat dengan jelas.

Air di sepanjang sungai juga bersih. Tidak terlihat sampah ikut mengalir disini walaupun kanal maupun sungai terletak di tengah kota. Jika berjalan ditepian sungai nyaman sekali.

Di musim panas sungai biasa digunakan untuk olahraga air. Yang biasanya aku lihat antara lain kayak atau kano. Mulai tahun ini bertambah lagi olahraga air yang dapat dilakukan di tengah sungai.

Surfing di Tengah Sungai Leine Hannover

Sejak 1 Mei 2023, atau tepatnya awal bulan ini, di Hannover telah diresmikan sebuah tempat yang dapat digunakan untuk salah satu cabang olahraga air. Olahraga yang dimaksud adalah surfing, olahraga yang biasanya dilakukan oleh para surfer di pantai dengan ombak yang tinggi.

Bagaimana mungkin di tengah kota mengalir sebuah sungai dengan aliran arus yang deras?

Jawabannya tentu saja mungkin!

Karena memang benar adanya tempat surfing tersebut ada di Hannover. Namanya adalah Leinewelle, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah ombak Leine. Aliran sungai dibuat di sebuah titik menjadi berarus deras dan berombak dengan menggunakan bantuan teknologi. Tempat ini merupakan lokasi surfing di sungai yang pertama di Jerman utara.

Para surfer dengan papan surfingnya dapat berdiri di atas ombak dan melakukan surfing seperti halnya sedang bermain di pantai.

Lokasi dan Transportasi Surfing di Hannover

Lokasi Leinewelle tepat berada di tengah kota Hannover. Pengunjung yang hanya ingin melihat maupun para surfer yang ingin bermain disini dapat mengakses lokasi dengan mudah. Bisa dengan langsung jalan kaki menyusuri Hohen Ufer sampai akhirnya ketemu lokasi.

Alternatif lainnya adalah melewati jalan di kota tua atau Altstadt Hannover dari depan gereja, melewati Leibnizhaus dan musium sejarah Hannover sampai akhirnya bertemu sungai Leine. Leinewelle terletak tidak jauh dari titik ini.

Alamat resmi dari tempat ini adalah Schlosßstraße 6, 30159 Hannover.

Bila menggunakan transportasi publik stasiun U-Bahn yang terdekat adalah Markthalle Landtag yang dilewati oleh jalur biru U-Bahn nomor 3, 7 atau 9.

Tulisan mengenai angkutan kota di Hannover dapat dibaca di Hannover: Transportasi Umum.

Jam Buka dan Biaya

Menurut situs resmi Leinewelle fasilitasi surfing ini buka dari pagi sampai sore. Tidak tertera waktu khusus di situsnya. Disana juga tertulis bahwa tempat ini diusahakan buka sepanjang tahun namun semuanya tergantung dari debit air dan juga cuaca. Misalnya cuacanya buruk, seperti hujan deras ada kemungkinan untuk tutup.

Untuk dapat menikmati surfing di sungai Leine Hannover surfer membayar 20 Euro per jam. Jika memang akan sering bermain disini, pengelola Leinewelle yang merupakan organisasi mandiri membuka keanggotaan. Dengan membayar keanggotaan tahunan sebesar 240 Euro, member mendapatkan bonus slot gratis yang cukup banyak per tahun.

Apakah kamu surfer profesional atau pemula tidak menjadi masalah. Semua boleh dengan syarat sudah pernah mengikuti kursus dasar tentang surfing sebelumnya, bisa berenang dan menyelam dengan mengantongi ujian renang sebelumnya. Usia yang diperbolehkan adalah diatas 12 tahun (member) dengan berat badan minimal 35 kg.

Cerita tentang jenjang dan badge renang sudah pernah kutuliskan di tulisan yang berjudul “Anakku Mendapat Badge Renang Seepferdchen“.

Non-Surfer

Jika pengunjung yang datang kesana tidak ingin ikut berolahraga air, pengunjung bisa berdiri di kedua tepi sungai. Dipinggir sungai yang letaknya lebih tinggi dari sungai terdapat jalan yang dapat dilalui oleh pejalan kaki dengan nyaman. Jalanannya juga ramah bagi pembawa kereta dorong bayi ataupun pengguna alat bantu jalan, seperti kursi roda.

Unik

Dari situs resminya aku mengetahui bahwa untuk menghindari matinya ikan yang ada di sungai Leine karena adanya tempat surfing ini, para ahli membuat sebuah jalur atau aliran khusus untuk dilewati ikan. Sehingga pemanfaatan sungai ini tetap tidak mengganggu makhluk hidup yang hidup di sungai ini.

Keren ya?

Memanfaatkan alam namun tetap ramah lingkungan.

Jadi, adakah yang tertarik untuk mencoba surfing di sungai Leine Hannover?

Salam,

-ameliasusilo-

Referensi:

Silakan tinggalkan komentar anda disini..