Jerman

Hamburg: Makan Kue Trdelnik di Trdlo Factory

Bisa makan kue manis Trdelnik di Trdlo Factory ketika kami pergi ke Hamburg rasanya senang sekali. Biasanya kue ini hanya aku makan saat Pasar Natal setiap akhir tahun. Dengan adanya toko ini, jika aku pergi ke Hamburg, aku bisa makan Trdelnik tanpa perlu menunggu akhir tahun.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Adakah yang pernah makan kue manis Trdlo?

Kadang ada yang menyebut kue ini dengan Trdlo, ada pula yang menyebut namanya Trdelnik. Tidak ada yang salah karena dua-duanya benar.

Jika pergi ke Praha, kita dapat menemukan penjual Trdlo dan Tdelnik ini di Wanceslas Square. Saat aku pergi ke Warsawa kue ini juga dengan mudah ditemukan di sekitar pusat perbelanjaan di tengah kota dan di kota tuanya.

Setiap akhir tahun ada penjual kue ini di Pasar Natal Hannover. Biasanya gerobak penjualnya berada di dekat halte U Markthalle/Landtag Altstadt. Setelah beberapa tahun penjual di dekat halte tidak berjualan, tahun lalu aku menemukan pedagang yang menjual Trdelnik bagian middle age Pasar Natal di pinggir sungai Leine.

Gara-gara sebuah konten di Instagram Reels aku jadi tahu bahwa di Hamburg ada toko kue yang menjual Trdlo. Lokasinya berada di tengah kota sehingga bisa didatangi dengan mudah saat aku berkunjung ke Hamburg.

Nikmatnya Trdelnik di Kota Praha

Menurut artikel-artikel yang kubaca, kue manis ini asalnya dari eropa timur. Republik Ceko, Rumania, Slovakia dan Hungaria adalah empat negara yang memiliki sejarah dengan kue manis ini.

Salah satu artikel bahkan menyebutkan bahwa resep roti Trdelnik ditemukan di salah satu buku resep makanan Republik Ceko yang diterbitkan tahun 1912. Walaupun mungkin Trdelnik ini roti yang berasal dari sana, hype roti ini baru dimulai di tahun 2000an.

Bermula dari satu orang penjual yang menjajakan dagangannya di Praha. Ternyata roti manis ini disukai dan menjadi tren di Praha. Saat ini Trdlo tidak hanya menjadi roti yang dijual di gerobak ataupun toko pop up di pasar natal melainkan ada toko kue sungguhan yang menjualnya.

Aku pun pertama kali mengetahui adanya makanan ini adalah saat aku berkunjung ke Praha. Saat itu musim dingin aku mengunjungi Pasar Natal. Bau roti yang enak dan penampakkannya yang unik menarik perhatianku.

Apalagi aku melihat banyak yang membeli dan harganya tidak mahal. Dari pilihan rasa yang ditawarkan aku memilih Trdelnik menggunakan taburan gula dan kayu manis.

Rasanya nikmat sekali makan Trdlo di tengah hawa dingin yang menusuk. Kehangatan roti yang baru selesai dipanggang dapat menghangatkan tangan dan tubuhku.

Trdlo Factory

Setelah aku melihat konten Instagram Reels di Hamburg, aku langsung bertekad akan berkunjung ke toko yang menjual Trdlo tersebut. Untungnya aku sudah ada rencana untuk ikut pencoblosan secara langsung di TPS Hamburg.

Suamiku yang juga tahu tentang roti manis ini pun setuju untuk pergi ke toko tersebut. Apalagi lokasinya tidak sulit untuk dicapai dari stasiun utama Hamburg.

Trdlo Factory terletak di am Sandtorpark 14. Halte U terdekat adalah halte Unterwasser yang dilewati oleh U4. Dari halte menuju toko kue dapat berjalan kaki sekitar 3 menit.


Kira-kira dari ceritaku diatas apakah sudah bisa membayangkan nikmatnya kue manis Trdelnik ini?

Menurutku Trdlo ini paling nikmat dimakan di cuaca musim dingin. Kue hangat yang baru keluar dari oven dengan taburan kayu manis dan gulanya dimakan pelan-pelan sambil ditemani segelas teh hangat. Tubuh langsung terasa hangat.

Seorang teman di Indonesia pernah bercerita kalau kue ini ada yang jual di Jakarta. Sudah lama sekali dia bercerita sehingga aku tidak tahu apakah masih jualan atau tidak. Semoga masih ada dan rasanya otentik seperti yang ada di Eropa.

Jika ternyata tidak ada, jangan lupa masukkan kue ini sebagai salah satu daftar yang perlu dicicipi saat pergi ke Eropa.

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..