Catatan,  Sekolah

Elevator Pitch

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Aku ingin melanjutkan berbagi ilmu yang kudapatkan pada saat aku mengikuti kegiatan coaching program tahun lalu. Kali ini teknik yang diajarkan oleh coach kami adalah cara untuk memperkenalkan diri yang singkat tapi tepat sasaran. Jadi semacam perkenalan diri saat awal wawancara pekerjaan tetapi ini dipersingkat.

Cerita awal tentang coaching program ini dapat dibaca di tulisan Awal Coaching Program.

Namanya saja elevator pitch. Bayangkan saat berada di dalam lift, berapa waktu yang diperlukan untuk bergerak dari lantai awal masuk ke lantai tujuan? Sebentar bukan? Jadi kira-kira berapa waktu yang dibutuhkan untuk memperkenalkan diri saat berada di dalam lift? Sebentar bukan? Lalu apa saja yang harus dipresentasikan?

Sebelum aku membahas lebih jauh tentang elevator pitch ini, aku akan mengulas informasi yang aku dapatkan melalui internet. Jadi di elevator pitch ini kita sebaiknya memberikan lawan bicara sinopsis mengenai latar belakang diri kita dan pengalaman yang kita miliki. Namanya saja sinopsis berarti yang dipresentasikan harus sesedikit mungkin. Sedikit namun mampu memberikan gambaran tentang diri kita yang paling menarik.

Jangan sampai hilang fokus saat melakukan presentasi singkat ini ya. Fokusnya hanya pada diri kita sendiri dan prestasi kita. Apa latar belakang diri (misalnya pendidikan), apa yang sedang dilakukan, prestasi dari apa yang sudah dilakukan sampai saat ini dan apa yang diinginkan.

Salam,

-ameliasusilo-

Referensi:

  • Doyle, A. (2021) How to Create an Elevator Pitch With Examples. Dpaaz diakses di: https://www.thebalancecareers.com/elevator-speech-examples-and-writing-tips-2061976

Silakan tinggalkan komentar anda disini..