Menyaksikan changing guard di Copenhagen Michdichuns
Denmark

Copenhagen: Changing Guard

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Changing guard di Copenhagen menurutku adalah sebuah acara di Copenhagen yang tidak bisa dilewatkan. Berhubung aku tidak pernah menyaksikan changing guard atau pergantian penjaga sebelumnya di istana kerajaan manapun, kegiatan rutin yang dapat disaksikan setiap hari di Copenhagen ini menjadi atraksi yang cukup menarik untuk disaksikan.

Lokasi Changing Guard di Copenhagen

Denmark merupakan salah satu negara di dunia yang masih berbentuk kerajaan. Kepala negaranya saat ini adalah seorang ratu, yang bernama ratu Margrethe II. Beliau dan keluarganya tinggal di salah satu istana kerajaan yang terletak di pusat kota Copenhagen, yaitu Amelienborg.

Amelienborg merupakan komplek istana yang dapat diakses oleh pengunjung tanpa dibatasi oleh pagar. Tanpa dibatasi pagar maksudnya adalah komplek istana ini tidak dikelilingi oleh pagar tinggi seperti halnya istana-istana kerajaan pada umumnya.

Amelienborg terdiri atas tiga bangunan istana yang berbeda yang masing-masing dihuni oleh ratu, keluarga pangeran putra mahkota dan satu lagi sayangnya aku lupa persisnya siapa. Kalau tidak salah ingat dihuni oleh keluarga putra kedua sang ratu.

Meskipun tidak ada pagar bukan berarti tidak ada penjaga yang berjaga disekitar situ. Penjaga-penjaga istana berdiri di tiap bangunan istana. Selain itu terdapat pula barisan penjaga yang berpatroli berkeliling di sekitar istana.

Cara dan Biaya Menyaksikan Changing Guard

Untuk menyaksikan changing guard ini sama sekali tidak ditarik biaya. Turis yang ingin menyaksikan pergantian penjaga dapat langsung datang ke Amelienborg sebelum pukul sebelas pagi. Pergantian penjaga ini ada setiap hari jadi tidak perlu khawatir.

Berdasarkan pengalamanku, jika ingin mendapatkan tempat yang enak dan nyaman untuk menyaksikan prosesi changing guard sebaiknya datang sekitar setengah jam sebelumnya. Berarti kira-kira pukul 10.30 waktu setempat. InsyaAllah teman-teman pembaca Michdichuns bisa memperoleh tempat di barisan depan.

Sepanjang pengamatanku selama proses ini tidak ada tali atau rantai yang membatasi pengunjung dengan tempat prosesi. Kita sebagai turis bisa berada di tengah-tengah lapangan komplek istana Amelienborg tersebut. Nanti akan ada polisi yang mengarahkan dimana kita bisa berdiri untuk menyaksikan prosesi tersebut.

Karena prosesi itu bergerak dari satu tempat ke tempat yang lainnya, akan ada polisi yang mengarahkan para pengunjung yang hadir. Sepanjang pengalaman kami semuanya berjalan dengan tertib dan lancara walaupun para pengunjung kerap bergeser menyesuaikan dengan pergerakan dari pasukan penjaga-penjaga istana.

Durasi dan Prosesi

Estimasi durasi prosesi pergantian penjaga sekitar 30 menit sampai dengan satu jam. Tapi percayalah durasi yang cukup lama itu tidak akan terasa. Kecuali jika kita sudah sampai di lokasi dari setengah jam sebelumnya ya, menunggu prosesinya memang terasa lama. Namun saat prosesi sudah berjalan, waktu berjalan cepat.

Prosesi pergantian penjaga dimulai dari kedatangan barisan penjaga yang baru. Kemudian barisan penjaga ini akan menghampiri penjaga-penjaga yang sedang berjaga di depan masing-masing istana. Setelah itu barisan penjaga yang lama akan berjalan ke arah markas mereka ke arah gereja besar yang ada di Copenhagen dan terlihat dari komplek Amelienborg tersebut.

Yang menarik bagi kami bertiga saat menyaksikan pergantian penjaga ini adalah mengetahui bahwa para penjaga ini masih tampak muda. Kemudian kami pun mengikuti para pengunjung lainnya yang berfoto di sebelah para penjaga tersebut.

Ada penjaga yang wajahnya tampak serius. Namun, ada pula penjaga yang tersenyum saat foto.

Menyaksikan prosesi pergantian penjaga ini menjadi pengalaman yang berkesan bukan hanya untukku dan suami tetapi juga bagi anakku. Ia jadi bisa menyaksikan baris berbaris prajurit secara langsung yang selama ini hanya bisa ia saksikan melalui YouTube.

Aku merekomendasikan prosesi changing guard ini sebagai kegiatan yang perlu disaksikan saat teman-teman pembaca berkunjung ke Copenhagen.

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..