carseat di Jerman
Hidup di Jerman,  Jerman

Carseat di Jerman

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Carseat dalam bahasa Jerman disebut dengan Kindersitz. Carseat merupakan kursi tambahan yang digunakan oleh anak saat menaiki mobil. Di Jerman penggunaan kursi tambahan untuk anak ini hukumnya wajib. Oleh karena itu walau aku tidak punya mobil, karena kursi anak ini sifatnya wajib, tiap anak-anak memiliki kursinya sendiri. Masalahnya kalau ada turis datang ke Jerman bawa anak, mau bepergian di dalam negara Jerman menggunakan mobil bagaimana caranya?

Ketentuan Carseat di Jerman

Ternyata ketentuan tentang carseat di Jerman baru berlaku pada 1 April 1993. Ketentuan ini maksudnya bukan himbauan ya melainkan sebuah ketentuan yang mewajibkan penggunaan kursi tambahan untuk anak di mobil pribadi.

Menurut informasi yang kuperoleh dari flyer ADAC jumlah kematian atau perlukaan pada anak yang diakibatkan oleh kecelakaan mobil jumlahnya bisa mencapai sekitar 10.000 anak setiap tahunnya. Berarti ada sekitar 800 anak per bulan. Bahkan mungkin setiap hari jatuh korban anak sekitar 28 anak.

Kematian atau perlukaan pada anak disebabkan anak saat mengendarai mobil baik bersama orang tua maupun eyangnya tidak menggunakan carseat dengan benar. Atau anak-anak tersebut tidak menggunakan kursi anak dan hanya menggunakan sabuk pengaman dewasa yang sudah terpasang di mobil.

Undang-undang yang mengatur tentang kewajiban penggunaan kursi anak ini bukan hanya mengatur tentang wajibnya saja. Di undang-undang tersebut juga diatur tentang usia dan tinggi anak yang wajib menggunakannya.

Adapun undang-undang yang mengatur tentang carseat adalah ยง 21 Abs. 1a StVO. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia undang-undang tersebut mengatur tentang:

  • Anak-anak dibawah usia 13 tahun wajib menggunakan carseat, atau
  • Anak-anak yang memiliki tinggi badan kurang dari 150 cm wajib menggunakan carseat

Jika sudah berusia 13 tahun atau memiliki tinggi badan 150 cm, anak boleh duduk di kursi mobil hanya dengan menggunakan sabuk pengaman biasa.

Jenis Carseat

Sependek yang aku tahu carseat ini ada tiga jenis. Yang pertama untuk bayi. Di Jerman carseat jenis ini biasanya disebut babyschale atau Kindersitz Gruppe 0+.

Babyschale.
Sumber gambar: Canva.

Penggunaan kursi ini bisa dipakai sampai usia sekitar setahun. Sebenarnya tergantung anaknya juga sebab bisa juga digunakan sampai usia 18 bulan. Ketentuan tentang panjang anak yang sebaiknya menggunakan kursi jenis ini adalah 40-75 cm atau anak dengan berat badan sampai dengan 13 kg. Jika anaknya cepat besar dan atau sudah bisa duduk sempurna bisa ganti ke jenis yang kedua.

Yang kedua Kindersitz Gruppe 1/2. Kursi jenis ini biasanya digunakan oleh anak berusia 1 – 4 tahun. Ketentuannya jika anak memiliki tinggi badan 61 – 105 cm atau memiliki berat badan 9 sampai 18 kg boleh menggunakan kursi kelompok 1/2.

Kindersitz untuk anak usia 1-4 tahun.
Sumber gambar: Canva.

Berikutnya adalah Kindersitz Gruppe 2/3 yang dapat digunakan untuk anak usia 4 sampai seterusnya. Anak dengan tinggi badan 100 – 150 cm atau memiliki berat badan 15 – 36 kg bisa menggunakan kursi tambahan kelompok ini di mobil.

Kindersitz untuk anak usia 4 – 12 tahun.
Sumber gambar: Canva.

Turis ke Jerman

Jika berlibur ke Jerman bersama anak dan ingin menyewa mobil untuk bepergian ke kota-kota di Jerman sebaiknya pastikan untuk menyewa carseat juga. Biasanya di tempat penyewaan mobil menyediakan juga kursi-kursi ini dengan biaya yang bervariasi. Sebaiknya sudah pesan sekalian jangan pas ambil mobil baru menanyakan. Kecuali jika memang sudah punya dan bisa dibawa ke Jerman ya tidak perlu menyewa.

Sebenarnya bukan hanya di Jerman saja wajib menggunakan carseat. Pada umumnya negara-negara di Eropa mewajibkan penggunaan carseat bagi anak-anak. Sekali lagi hal ini bukan untuk gaya tetapi memang untuk keselamatan anak.

Bagaimana jika nekat tidak mau pakai?

Siap-siap saja untuk ditegur polisi jika saat berkendara bertemu polisi. Eh, bukan hanya ditegur ya. Siap-siap saja untuk membayar tilang karena tidak mematuhi undang-undang.

Carseat ini wajib tentu karena ada manfaatnya. Karena untuk dipakai saat berkendara, maka manfaatnya ada kaitan dengan keselamatan anak.

Jadi, jangan lupa pastikan anak-anak menggunakan carseat yang sesuai selama berkendara di Jerman ya!

Salam,

-ameliasusilo-

4 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..