sewa mobil di Jerman
Hidup di Jerman,  Jerman

Cara Sewa Mobil di Jerman

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Cara sewa mobil di Jerman cukup mudah. Sewa mobil di Jerman bisa dilakukan oleh siapapun yang memiliki surat ijin mengemudi (SIM). Ada banyak tempat penyewaan mobil, khususnya di kota-kota besar, dengan harga sewa bersaing dan armada mobil yang bervariasi. Penyewa bisa memilih kelas mobil dari yang paling sederhana sampai yang paling mewah. Atau mau cari mobil dua pintu, mobil dengan persneling otomatis bahkan mobil dengan energi listrik pun bisa. Bagaimana caranya?

Beli Mobil atau Sewa Mobil

Aku dan suami sampai dengan saat ini belum pernah beli mobil di Jerman. Transportasi publik di Jerman yang baik menyebabkan kebutuhan mobil menjadi kebutuhan tersier bagi kami. Di dalam kota Hannover transportasi publiknya yang dilayani oleh Üstra cukup bagus. Transportasi luar kota maupun luar negerinya juga oke.

Transportasi publik di dalam kota Hannover cukup nyaman.
Sumber gambar: Canva.

Lalu muncul pertanyaan, apakah tidak repot jika tidak punya mobil tapi memiliki anak?

Jawabannya tergantung masing-masing keluarga…

Kebetulan kami tinggal di tengah kota Hannover dimana halte bus, U-Bahn dan stasiun utama kota Hannover tidak jauh. Bus dan U-Bahn ada tiap sepuluh sampai lima belas menit sekali.

Transportasi publik ini ramah untuk pembawa stroller. Berdasarkan pengalaman kami bisa membawa barang di bagasi stroller atau suami biasanya membawa kereta belanja ekstra yang bisa memuat macam-macam.

Aku pernah menulis artikel di blog ini tentang sewa mobil di Jerman. Dari tulisan itu aku tulis dan sampai detik ini aku menulis artikel ini, aku masih belum memiliki mobil pribadi hihihi… Lagi pula dana yang kami siapkan untuk membeli mobil impian kami masih belum cukup. Jadi, sementara ini opsi menyewa mobil masih menjadi prioritas utama.

Cerita tentang transportasi Hannover bisa dibaca disini.

Pengalaman Sewa Mobil

Sejak suamiku pertama kali memiliki SIM Jerman rasanya kami sudah lebih dari sepuluh kali menyewa mobil. Baik itu untuk keperluan di dalam kota, seperti misalnya belanja skala besar atau pergi ke pengajian yang membawa makanan. Atau kami sering menyewa untuk keperluan traveling di dalam Jerman maupun ke luar negeri.

Setiap kali kami menyewa mobil, sebagian besar kami selalu mendapat jenis mobil yang berbeda. Kami memang tidak pernah spesifik memesan mobil merk dan jenis tertentu. Yang kami pesan adalah kelas mobil sehingga yang menentukan jenis mobil adalah tempat penyewaan mobil.

Jika kami beruntung pesanan kami bisa di-upgrade ke kelas yang lebih atas alias lebih besar atau bahkan lebih mewah. Jika sedang kurang beruntung kami pernah mendapatkan jenis mobil yang katanya sesuai level yang dipesan tapi berukuran lebih kecil dari ekspektasi kami.

Jadi salah satu keuntungan dari menyewa mobil adalah kami bisa memperoleh kesempatan untuk mencoba berbagai merk dan jenis mobil. Dari mobil mewah sekelas Audi, Mercedes Benz sudah pernah kami rasakan. Mobil listrik buatan Tesla juga sudah pernah kami sewa. Merk mobil lainnya seperti BMW, VW maupun Opel juga pernah kami rasakan.

cara sewa mobil di Jerman Michdichuns
Enaknya tidak punya mobil bisa sewa berbagai jenis mobil termasuk mobil listrik.
Foto milik pribadi.

Asyik ya?

Akibatnya kami jadi bisa memilih mobil idaman yang insyaAllah akan kami beli jika sudah benar-benar diputuskan dengan matang.

Cara Sewa Mobil di Jerman

Yang paling penting dari penyewaan mobil adalah kartu SIM, kartu identitas atau paspor dan alat pembayaran. Kartu SIM sebaiknya adalah SIM yang diakui otoritas Jerman. SIM yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia sepemahamanku tidak dapat digunakan disini. SIM internasional selama yang pakai adalah turis aku pernah dengar bisa digunakan disini.

Suamiku biasa memesan mobil melalui sebuah situs, yaitu Check 24. Di halaman website untuk penyewaan mobil ini ada data-data yang perlu diisi dan tentunya sesuai dengan kebutuhan keluarga kita.

Seringnya harga sewa di situs ini lebih murah daripada jika menyewa langsung ke tempat penyewaan mobil. Untuk lebih pasti lebih baik dicek dulu ya. Contohnya saat kami menyewa Tesla, ternyata harga sewa di situs resmi milik tempat penyewaan mobil lebih murah daripada Check 24.

Saat melakukan penyewaan melalui situs biasanya akan ditanyakan data yang ada pada ketiga dokumen di atas. Booking sewa dari jauh hari akan memperbesar kemungkinan mendapat harga yang lebih murah. Menyewa dari Jumat ke Senin biasanya lebih murah dibanding menyewa hanya satu malam saja diakhir pekan.

Oh ya sewa mobil lewat situs ini seringnya kami lakukan untuk perjalanan luar kota atau luar negeri. Untuk penyewaan mobil di dalam kota Hannover, suamiku memiliki keanggotaan carsharing.

Tempat Penyewaan Mobil

Tempat penyewaan mobil ada yang berlokasi di dalam kota, stasiun utama maupun di bandar udara. Bahkan di bandar udara yang kecil seperti di Hannover ini ada juga tempat penyewaan mobil.

Seperti yang sudah kutuliskan, jika mau bisa menyewa mobil langsung baik ke situs resmi atau datang langsung ke kantornya. Suamiku biasanya pesan melalui situs sewa mobil. Kemudian di hari yang ditentukan ia tinggal datang ke tempat penyewaan mobil tersebut untuk menunjukkan SIM dan identitas diri.

Pembayaran biasanya sudah dilakukan sebelumnya jika pesan melalui website. Pembayaran sewa mobil dapat menggunakan kartu kredit.

Beberapa tempat penyewaan mobil yang mobilnya pernah kami sewa, antara lain:

  • Europcar
  • Buchbinder
  • Sixt
  • Enterprise
  • Hertz

Carsharing dimana suamiku menjadi anggotanya sebenarnya juga menyewakan mobil. Tapi konsepnya agak berbeda. Aku akan menceritakan di artikel lainnya.

Yang Perlu Diperhatikan

Namanya juga menyewa kita harus mengembalikan mobil dalam keadaan bersih. Tangki bahan bakar pun biasanya juga terisi penuh sama seperti saat mengambil mobil kecuali jika memang saat mengambil mobil tidak penuh dan sudah tercatat ya.

Karena menyewa juga berarti harus berhati-hati. Jangan sampai tergores atau penyok karena menabrak sesuatu. Meskipun ada asuransi tetap saja lebih baik berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Barang-barang yang menjadi properti mobil dan tempat sewa juga harus dikembalikan.

Dengan adanya penyewaan mobil ini bisa menambah alternatif transportasi saat ingin berwisata menikmati waktu liburan. Bepergian, apalagi jikanbersama anak, jadi lebih fleksibel. Barang bawaan pun bisa diatur sesuai kebutuhan, misalnya bawa rice cooker hehehe…

Semoga bisa jadi bahan pertimbangan teman-teman pembaca Michdichuns ya ketika ingin sewa mobil di Jerman.

Salam,

-ameliasusilo-

2 Comments

Silakan tinggalkan komentar anda disini..