Bunda Sayang,  Ibu Profesional

Bunsay #10: Aliran Rasa

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Tantangan Level 10

Menceritakan dongeng selama minimal 10 hari adalah tantangan yang diberikan oleh tim dapur Bunda Sayang di level ini. Mendongeng boleh dilakukan dengan cara apapun. Tapi bila mungkin, tidak menggunakan buku. Coba menantang diri untuk berimajinasi. Salah satu pesan yang disampaikan oleh fasilitator adalah pikirkan pesan moral apa yang akan disampaikan melalui cerita dongeng. Hindari menceritakan dongeng yang memberi pesan negatif.

Mendongeng adalah investasi pengasuhan. Pembangunan karakter dengan memberi stimulasi dan nutrisi psikologis untuk perkembangan buah hati kita.

Pesan semangat Senin 27 Januari 2020 yang disampaikan oleh Sastranaling Tanu Merta, ketua kelas Joglo Bunda Sayang batch 5

Materi tentang mendongeng di kelas Bunda Sayang ini dapat dibaca di cerita: BunSay Level 10

Kegiatan Yang Dilakukan

Pada awalnya aku berusaha untuk tidak menggunakan buku. Jadi aku mencoba untuk menggunakan media yang ada disekitarku sebagai modal untuk mendongeng. Contohnya seperti menggunakan karpet anak yang berada di praktek dokter gigi. Karpet tersebut menggambarkan kehidupan di desa. Lalu aku pun mulai berimajinasi tentang kehidupan di desa. Aku menciptakan karakter anak yang aktif, senang bermain berkeliling desa yang asri, mampu menunggang kuda dan karakter lainnya yang sesuai dengan gambaran anak desa dan situasi desa di karpet itu.

Dongeng tentang gambar di karpet

Meskipun tidak dianjurkan menggunakan buku, aku akhirnya menyerah dan menggunakan buku sebagai media dongeng. Ada beberapa buku yang kugunakan seperti buku cerita anak besar, buku cerita balita dan buku bergambar. Untuk buku yang terakhir, buku bergambar, menurutku paling cocok untuk digunakan sebagai media dongeng karena tidak ada ceritanya. Hanya ada gambar-gambar, tidak ada teks sama sekali, pembaca gambar bebas menceritakan apa yang ada disitu. Buku bergambar ini dalam bahasa Jerman istilahnya Wimmelbuch.

Aku merasa mendongeng ini lebih santai kulakukan pada saat aku mengaitkan cerita dengan kisah keagamaan maupun kisah tentang masa kecilku dulu. Penciptaan karakter maupun alur cerita secara spontan dapat kulakukan. Anaknya pun tampak lebih antusias dalam mendengarkan dan merespon apa yang kuceritakan.

Aliran Rasa

Mendongeng menurutku adalah kegiatan yang sangat menantang. Aku suka berimajinasi tetapi untuk berimajinasi kemudian menceritakan dalam sebuah kemasan bercerita sepertinya di luar kemampuanku saat ini. Aku merasa lega ketika dapat menyelesaikan tantangan selama 15 hari. Meskipun tertatih-tatih di awal tapi setelah aku mengetahui tema cerita apa yang menarik, baru di akhir-akhir tantangan aku dapat menikmati tantangan ini.

Ada beberapa temuan selama menjalankan tantangan 15 hari ini. Beberaoa yang mungkin dapat kutulis disini antara lain

  • Berusaha menceritakan dengan fokus cerita yang tidak melebar
  • Membiasakan diri untuk menceritakan cerita positif dan menggunakan kalimat-kalimat positif
  • Berusaha tidak kehilangan alur cerita
  • Menghubungkan antara kejadian atau sumber cerita sebenarnya ke dongeng

Übung macht den Meister

Ungkapan dalam bahasa Jerman yang bermakna dengan banyak berlatih maka akan membuat seseorang menjadi ahli.

Kunci dari tantangan ini adalah keinginan, niat dan berusaha. Melakukan kegiatan yang baik untuk anak. InsyaAllah kalau niatnya baik akan dibukakan pintu kemudahan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Semoga cerita di kelas Bunda Sayang level 10 ini dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca.

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..