Bunda Cekatan

Bunda Cekatan: Makanan Besarku di Kebun Apel

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Bismillahirrohmaanirrohiim.. Pekan ke-4 ini menjadi pekan yang menyenangkan untuk dilalui. Pohon-pohon di kebun Apel banyak yang bergoyang-goyang karena ada sesi Go Live di tiap-tiap keluarga. Banyak sekali jadwal Go Live yang tercantum di papan jadwal Facebook Group (FBG). Tema-tema yang dibawakan pun beraneka ragam. Bagi aku yang suka belajar dan sering penasaran dengan hal-hal baru ini sesuatu kesempatan yang sayang untuk dilewatkan.

Oh ya Go Live adalah media belajar keluarga-keluarga yang ada di tiap pohon Apel. Sesuai dengan namanya, Go Live ini disiarkan secara langsung hanya di FBG Bunda Cekatan batch 2. Target utama Go Live adalah belajar bersama ulat-ulat yang ada di keluarga tersebut saja. Tetapi bukan berarti ulat-ulat di keluarga lainnya tidak boleh ikutan. Bedanya bagi ulat di keluarga inti adalah makanan utama sedangkan ulat keluarga lain tayang Go Live ini adalah camilan.

Tantangan luar biasa bagiku untuk menahan diri tidak ikut ngemil-ngemil Apel yang sangat lezat-lezat ini. Pokoknya sering-sering lihat peta belajar dan bilang, “menarik tetapi tidak tertarik“.

Tahap Ulat pekan keempat. Sumber gambar: Canva yang telah dimodifikasi oleh penulis.

Makananku sebagai mama Ulat Perantau di pekan ini adalah makan bersama keluarga Literasi. Ada dua tema besar yang diusung untuk tema Go Live, yaitu fiksi dan non fiksi. Sampai saat ini aku baru melahap seputar kepenulisan dan sertifikasi non fiksi yang dibawakan oleh mbak Isya. Tema ini yang paling cocok dengan peta belajarku.

Di pekan ini ke-4 ini keluarga bahasa dibuka kembali karena ada 3 peminat lainnya selain diriku. Sayangnya pekan ini belum ada diskusi yang kami lakukan. Sementara hanya baru saling mengenalkan diri dan menjelaskan seperti apa peta belajar serta apa yang telah dipelajari

Sejujurnya aku sedang agak overload dengan pekerjaan di kantor dan juga proses pindah rumah. Sehingga untuk belajar di pekan ini jadi agak tersendat-sendat. Meskipun memiliki kondisi terbatas, aku tetap berusaha belajar. Berikut ini adalah makananku di pekan ini.

Makananku di pekan ke-4. Sumber gambar: Tim Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional yang telah dimodifikasi oleh penulis.

Di luar keluarga Literasi dan Bahasa aku mencoba mencicipi apel dari keluarga Manajemen Waktu dan Gawai. Go Live yang dibawakan oleh mbak Icha Atmadi bagus. Aku jadi bisa mengingat kembali teori-teori manajemen waktu yang telah kupelajari beberapa pekan lalu. Gayung bersambut! Aku malah diundang untuk berbagi di keluarga ini. Aku pun berbagi dengan ulat-ulat di keluarga tersebut tentang manajemen ibu diaspora.

Tidak banyak yang dapat aku ceritakan di pekan ini karena keterbatasan yang aku alami di pekan ini. Semoga kedepannya aku bisa lebih semangat lagi untuk belajar menjadi seorang bunda cekatan yang mampu meraih tujuan belajarnya.

Salam,

-ameliasusilo-