Bunda Cekatan,  Ibu Profesional

Bunda Cekatan: Kepompong Hari 4

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Jurnal hari keempat tantangan 30 hari di tahap Kepompong Bunda Cekatan batch 2.
Sumber gambar: Canva yang telah dimodifikasi oleh penulis.

Aktivitas Riset

Target Belajar

Rencananya hari ini aku ingin menuntaskan laporan karya ilmiah yang tinggal sedikit lagi.

Aktivitas Belajar

Sayang sekali aktivitas yang sudah kurencanakan terpaksa kubatalkan. Atau aku tunda untuk dikerjakan esok hari sebab hari ini tiba-tiba pak suami mengajakku untuk menemani dirinya membuang sampah, lalu mengantarkan anakku ke rumah teman baik kami yang memiliki keahlian memotong rambut dan terakhir berbelanja. Ditambah aku tergiur untuk mencoba food truck yang baru buka di depan toko Turki langganan kami. Jadilah hari ini waktuku sudah habis hampir seharian untuk kegiatan di luar rumah.

Target belajar memang tidak tercapai namun hari ini aku bisa bersilaturahmi. Ransum kebutuhan rumah tangga selama seminggu ke dpan juga insyaAllah lengkap. Daaan yang paling penting adalah aku mendapatkan paru-paru yang sudah lama tidak tersedia di toko Turki langganan. Yeaaaaayyy!!!

Evaluasi

Manajemen waktu dan juga komunikasi dengan suami dengan rencana-rencana kami di saat akhir pekan.

Belajar Bahasa Jerman

Target Belajar

Tidak ada target.

Aktivitas Belajar

Kenyataannya adalah aku belajar banyak hal hari ini. Jadi karena suamiku mengajakku untuk mengerjakan banyak agenda di luar rumah, tadi pagi di jam yang biasa kugunakan untuk belajar langsung kugunakan untuk belajar bahasa Jerman saja. Menurutku aku memutuskan sesuatu yang tepat. Sebab kalau aku sudah duduk konsentrasi untuk menganalisis data dan menulis, sudah pasti aku akan merasa terganggu ketika waktu untuk keluar rumah tiba. Berbeda dengan bahasa Jerman yang saat proses belajarnya aku bisa lebih santai.

Hatiku tetap bahagia hari ini. Aku tetap belajar meskipun bukan target utamaku dan aku juga mendapatkan sesuatu yang dapat mendukungku meraih tujuanku di peta belajar.

Aku berhasil menemukan dua buah website yang memberikan informasi seputar ujian bahasa yang insyaAllah akan kuhadapi di akhir bulan Juni. Selain informasi tentang ujian, aku juga mendapatkan beberapa kisi-kisi yang siap untuk dijadikan amunisi belajarku. Walaupun begitu sesungguhnya aku jadi sedikit khawatir membaca beberapa kisah para peserta ujian yang telah lulus disana. Kok susaaah ujiannya???

Sepertinya aku perlu mengubah strategi belajar. Aku tidak mulai dari percakapan terlebih dahulu. Aku akan belajar tentang materi yang akan diujikan. Kisi-kisinya sudah lumayan memberikan tugas yang banyak. Setelah aku belajar hal tersebut satu bulan ini (mungkin tetap sambil dibarengi dengan latihan percakapan bersama suami dan anakku) baru berikutnya aku akan fokus menyiapkan untuk percakapan dan menulis.

Evaluasi

Mengganti strategi belajar. Mencari kata kunci dari setiap kisi-kisi yang diberikan di website yang kutemukan.

Rencana Esok Hari

Riset riset dan riset.. Harus segera dimulai. Sebab jika sudah dimulai biasanya akan jalan terus seperti air yang mengalir. Lagipula sebentar lagi aku juga harus menganalisis data dan menuliskan laporan karya ilmiah dalam bahasa Jerman. Jadii yang bahasa Indonesia ini merupakan latihan dan pemanasan. Bismillah semangaaatt!

Apresiasi Diri

Aku hanya mampu belajar bahasa Jerman saja hari ini. Jadi aku mengapresiasi diriku dengan badge satisfactory.

Hari ini aku mendapat badge satisfactory. Walaupun begitu aaku puas dengan capaian belajarku yang cukup maksimal di bahasa Jerman.
Sumber gambar: Tim Bunda Cekatan Intitut Ibu Profesional

Berikut ini kriteria penilaian yang telah kutetapkan sejak hari pertama tantangan dimulai:

  • Excellent: mengerjakan dan memiliki hasil aktivitas terkait riset dan belajar bahasa Jerman selama 1 jam
  • Very good: mengerjakan aktivitas terkait riset tanpa hasil dan belajar bahasa Jerman selama 30 menit
  • Satisfactory: hanya mengerjakan salah satunya dengan capaian yang lebih baik dari hari sebelumnya
  • Need improvement: tidak mengerjakan keduanya

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..