Bunda Cekatan,  Ibu Profesional

Bunda Cekatan: Kepompong Hari 28

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Apa yang kulakukan di hari kedua puluh delapan ini? Apakah aku bisa mendapatkan badge Excellent?
Sumber gambar: Canva yang telah dimodifikasi oleh penulis.

Aktivitas Riset

Target Belajar

Karena aku menulis artikel ilmiah dengan metode literatur review, maka target hari ini adalah aku bisa memiliki skema isi artikel dan menuliskan pendahuluan.

Aktivitas Belajar

Alhamdulillah target hari ini bisa terwujud. Aku bisa menuliskan sub judul yang ingin kuuraikan di artikel ilmiah, proyek baru yang sedang kukerjakan. Rencananya aku akan menulis artikel ilmiah tentang manajemen waktu, dampak dari manajemen waktu dan ibu profesional.

Selama hampir satu bulan aku berkutat dengan aktivitas riset, aku merasa bahagia. Tapi kebahagiaan tersebut meluntur ketika aku masih belum bisa mengatur waktu. Ketika aku terlalu asyik tenggelam dalam pikiranku menganalisis data-data baik berupa angka tulisan, aku masih beberapa kali lupa waktu. Tidak sering sih dan tidak pula setiap hari setiap hari. Tapi tetap sajakan.. Bagaimanapun aku masih memiliki peran lainnya yang juga perlu sebagian waktuku. Akhirnya aku penasaran apakah ada artikel ilmiah yang memang membahas tentang hal ini. Sebagai pemilik bakat analytical, coach di Talents Mapping menganjurkan pemilik bakat ini untuk mencari dan meyakinkan diri berdasarkan data-data. Kemudian dari data-data tersebut aku ingin menuangkannya dalam sebuah artikel ilmiah.

Di awal tahap Kepompong aku sudah menemukan beberapa artikel menarik dalam bahasa Indonesia. Saat itu aku sudah membaca artikel tersebut dengan tuntas dan bagian yang tidak kupahami kubawa ke dalam forum diskusi di Pusat Riset. Selain itu aku juga mencari artikel dalam bahasa Jerman. Sayang sekali aku tidak mendoaatkan artikel yang kuinginkan. Karena saat pencarian artikel-artikel ini berbarengan dengan proyek analisis data, maka aku tidak melanjutkan pencarian. Setelah analisis data yang kulakukan selesai, aku pun bisa mulai fokus 100% mengerjakan artikel ilmiah.

Ternyata banyak sekali artikel dalam bahasa Inggris yang menarik. Dengan artikel-artikel ini dan artikel dalam bahasa Indonesia yang kutemukan sebelumnya, aku dapat menulis artikel ilmiah tentang manajemen waktu dan dampaknya serta kaitannya dengan Ibu Profesional.

Evaluasi

Tidak ada.

Belajar Bahasa Jerman

Target Belajar

Menjaga konsistensi belajar bahasa Jerman selama satu jam dan termasuk didalamnya belajar materi ujian.

Aktivitas Belajar

Hari ini aku belajar tentang materi ujian saja namun sayangnya durasi belajarku tidak sampai satu jam. Aku menghabiskan sekitar tiga puluh menit untuk mencari buku yang dapat menunjang proses belajarku. Sayang sekali ya sebenarnya waktu belajar dipakai untuk hal lain meskipun masih ada kaitannya. Tetapi hari ini aku hanya bisa mencari buku diwaktu tersebut. Setidaknya sisa waktu lain yang kumiliki dapat kugunakan untuk mempelajari materi ujian. Waktu ujian semakin dekat dan aku harus lebih konsisten belajar.

Evaluasi

Lagi-lagi yang harus diperbaiki adalah manajemen waktu dan prioritas. Belajar bahasa Jerman penting karena aku harus menuliskan laporan dan presentasi dalam waktu dekat dalam bahasa Jerman. Saat aku belajar bahasa Jerman hal ini lumayan membantuku untuk meningkatkan kemampuan. Semakin banyak berlatih aku merasa ada perubahan meskipun sedikiti demi sedikit. Baby step!

Rencana Esok Hari

Melanjutkan menulis artikel ilmiah dan menjaga konsistensi belajar bahasa Jerman. Semoga buku yang kubeli besok sudah datang.

Apresiasi Diri

Hari ini aku merasa banyak belajar namun tidak maksimal di keduanya. Oleh karena itu rasanya adil jika aku memberikan penilaian dengan badge Satisfactory.

Karena proses belajar bahasa Jerman yang kurang maksimal mendapat badge Satisfactory.
Sumber gambar: Tim Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional yang telah dimodifikasi oleh penulis.

Hampir satu bulan aku selalu menggunakan kriteria-kriteria di bawah ini untuk mengapresiasi usaha yang aku lakukan untuk mengerjakan tantangan 30 hari di tahap Kepompong kelas Bunda Cekatan:

  • Excellent: mengerjakan dan memiliki hasil aktivitas terkait riset dan belajar bahasa Jerman selama 1 jam
  • Very good: mengerjakan aktivitas terkait riset tanpa hasil dan belajar bahasa Jerman selama 30 menit
  • Satisfactory: hanya mengerjakan salah satunya dengan capaian yang lebih baik dari hari sebelumnya
  • Need improvement: tidak mengerjakan keduanya

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..