Bunda Cekatan,  Ibu Profesional

Bunda Cekatan: Kepompong Hari 25

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…

Bismillahirrohmaanirrohiim…

Merapikan laporan karya ilmiah di hari kedua pluh lima.
Sumber gambar: Canva yang telah dimodifikasi oleh penulis.

Aktivitas Riset

Target Belajar

Menuntaskan yang telah tertunda di hari Kamis dan Jumat yaitu laporan karya ilmiah.

Aktivitas Belajar

Aku mulai mengerjakan laporan karya ilmiah untuk proyek Bunda Cekatan ini dari melakukan pengeditan template laporan sesuai dengan template yang telah ditetapkan oleh divisi Editorial dan Publikasi Pusat Riset Resource Center Ibu Profesional (RCIP). Sambil merapikan format laporan, aku sekalian melakukan editorial naskah tulisan yang telah aku buat dari bagian pendahuluan sampai dengan analisis dan pembahasan. Hasilnya banyak kalimat dan paragraf yang tidak relevan berhasil kuhapus. Naskah yang sangat panjang berubah menjadi naskah (yang menurutku) yang lebih singkat, jelas dan padat.

Setelah proses penyesuaian template dan edit selesai aku mulai memeriksa kembali analisisku satu persatu. Sejauh yang kuperiksa hasil analisisnya masih satu garis dan menjawab pertanyaan riset yang kucari. Setelah pemeriksaan analisis selesai aku mulai memasukkan kalimat-kalimat pembahasan yang menyertai kalimat-kalimat yang menjelaskan hasil analisis.

Sebetulnya masih ada satu hal yang mengganjal. Di bagian akhir analisis aku melakukan prediksi menggukan regresi. Aku melakukan perubahan yang tadinya menggunakan regresi logistik menjadi regresi multinomial. Yang membuat mengganjal adalah aku agak bingung bagaimana menuliskan penjelasan interprestasi hasil analisisnya. Menurutku agak tricky. Sampai tulisan ini ditulis aku masih belum menemukan solusinya. Bila hal ini selesai aku tinggal menuliskan bab penutup dan laporan karya ilmiah ini pun berhasil kuselesaikan. Selanjutnya tinggal diserahkan ke mbak Dian di divisi Editorial dan Publikasi.

Evaluasi

Tidak ada.

Belajar Bahasa Jerman

Target Belajar

Menjaga konsistensi belajar bahasa Jerman selama satu jam termasuk diantaranya materi untuk ujian.

Aktivitas Belajar

Tidak ada karena aku ada agenda domestik setiap hari Sabtu, yaitu masak porsi besar, yang pelaksanaannya sampai selesai selalu molor dari waktu yang telah kutetapkan.

Evaluasi

Manajemen waktu.

Rencana Esok Hari

Seperti biasa karena akhir pekan aku tidak punya target selain melatihkan diri di bidang riset dan bahasa Jerman masing-masing minimal satu jam.

Apresiasi Diri

Aku memberikan apresiasi konsistensi diri menjaga komitmen mengerjakan tantangan tiga puluh hari kali ini dengan badge Satisfactory. Alasannya cukup jelas yaitu aku hanya melatih diri di bidang riset saja.

Badge Satisfactory kedelapan dalam kurun waktu dua puluh lima hari.
Sumber gambar: Tim Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional yang telah dimodifikasi oleh penulis.

Bagaimana aku menilai usaha diri selama tahap Kepompong ini dapat dilihat pada keterangan di bawah ini:

  • Excellent: mengerjakan dan memiliki hasil aktivitas terkait riset dan belajar bahasa Jerman selama 1 jam
  • Very good: mengerjakan aktivitas terkait riset tanpa hasil dan belajar bahasa Jerman selama 30 menit
  • Satisfactory: hanya mengerjakan salah satunya dengan capaian yang lebih baik dari hari sebelumnya
  • Need improvement: tidak mengerjakan keduanya

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..