Bunda Cekatan,  Ibu Profesional

Bunda Cekatan: Kepompong Hari 21 Regresi Logistik

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Menuju sepuluh hari terakhir saatnya menambah semangat untuk terus konsisten dan menghasilkan karya.
Sumber gambar: Canva yang telah dimodifikasi oleh penulis.

Aktivitas Riset

Target Belajar

Menyelesaikan analisis penelitian yang sedang dilakukan, menyelesaikan penulisan hasil, pendahuluan dan metode.

Aktivitas Belajar

Setelah kemarin melakukan uji regresi logistik dan hasilnya tampak aneh, aku berpendapat hal tersebut karena kode variabel yang tidak tepat. Ternyata setelah aku berhasil mengubahnya pun hasilnya masih aneh. Lalu aku menemukan jawabannya setelah aku mengulangi lagi analisis dari awal.

Jadi aku mengulang kembali analisis dari awal, yaitu analisis deskriptif yang memberikan gambaran distribusi responden. Setelah merunut dari awal ini aku jadi lebih tercerahkan bahwa yang kujadikan variabel dependen terbalik dengan kovariatnya. Ya pantas saja jika hasilnya agak aneh. Oh iya keanehan ini kuketahui karena aku membandingkan antara hasil analisis tabel silang dengan regresi logistik yang tidak sesuai.

Target untuk menyelesaikan analisis sudah kulakukan namun target penulisan belum dapat kuselesaikan karena aku mengulangi lagi analisis yang sudah kulakukan sebelumnya. Tetapi aku cukup lega mengetahui bahwa analisis sudah selesai dan jelas. Oh iya hasilnya ternyata secara statistik tidak terbukti signifikan.

Aktivitas terkait riset lainnya yang kulakukan dan tidak seperti biasanya adalah membahas tentang sebuah artikel di laboratorium Pusat Riset. Jadi salah satu artikel mengenai manajemen waktu yang sudah kubaca sebelumnya ada yang tidak kupahami. Oleh karena itu aku membawa artikel tersebut ke Pusat Riset dan menanyakan kepada teman-teman disana. Aku tidak puas dan merasa ganjil dengan uraian yang ada di bagian metode dan analisis. Salah satu member Pusat Riset, mbak Dian, menjelaskan kemungkinan sebabnya dan aku bisa memahami dan menerima penjelasan beliau. Oleh mbak Dian malah disarankan untuk melakukan penelitian yang sesuai tema artikel tersebut. Tampaknya seru bila dikerjakan oleh teman-teman di Pusat Riset.

Evaluasi

Tidak ada.

Belajar Bahasa Jerman

Target Belajar

Konsistensi belajar bahasa Jerman selama 1 jam termasuk materi untuk ujian.

Aktivitas Belajar

Hari ini aku kembali membaca artikel. Menemukan kosakata-kosakata baru dan berusaha memahami artikel tersebut supaya aku bisa menuliskan kembali ke tulisan lainnya. Sayangnya aku belum menyentuh materi untuk ujian karena saat ini artikel-artikel tersebut mengantri untuk dibaca sebagai bahan untuk penulisan yang harus selesai dalam waktu dekat.

Evaluasi

Manajemen waktu.

Rencana Esok Hari

Menyelesaikan artikel ilmiah dan menjaga konsistensi belajar bahasa Jerman selama satu jam sudah termasuk diantaranya materi untuk ujian bahasa Jerman.

Apresiasi Diri

Hari ini aku sungguh produktif meskipun target belajar dalam bahasa Jerman ada yang tidak tercapai. Walaupun begitu, aku sudah belajar bahasa Jerman lebih dari satu jam. Belajar bahasa supaya bisa terus maju harus dijaga konsistensinya. Oleh karena itu hari ini aku layak mendapat badge EXCELLENT.

Excellent pertama di sepuluh hari terakhir tantangan 30 hari tahap Kepompong.
Sumber gambar: Tim Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional yang telah dimodifikasi oleh penulis.

Kategori untuk penilaian apresiasi diri di tahap Kepompong ini adalah:

  • Excellent: mengerjakan dan memiliki hasil aktivitas terkait riset dan belajar bahasa Jerman selama 1 jam
  • Very good: mengerjakan aktivitas terkait riset tanpa hasil dan belajar bahasa Jerman selama 30 menit
  • Satisfactory: hanya mengerjakan salah satunya dengan capaian yang lebih baik dari hari sebelumnya
  • Need improvement: tidak mengerjakan keduanya

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..