Ayam korea halal Berlin
Jerman

Berlin: Wondeo Chikin Ayam Korea Halal

Wondeo Chikin adalah tempat makan ayam Korea favorit di Berlin yang menjamin daging ayamnya halal. Selain halal, rasa ayam dan sausnya yang nikmat serta tingkat kepedasan yang sesuai di lidah kami membuat tempat makan ini sebagai salah satu yang perlu dikunjungi saat aku dan keluarga berlibur ke Berlin.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Sejak serial drama korea ikutan booming di Jerman, di beberapa kota di Jerman terdapat restoran maupun tempat makan kecil yang menyajikan makanan Korea. Di Hannover, contohnya, ada satu restoran yang menjual masakan Korea lengkap dengan pilihan menu barbeque atau hot pot.

Kota di Jerman yang aku ketahui terdapat lebih dari tiga restoran adalah Berlin. Di ibukota Jerman ini kita bisa menemukan restoran korea yang menyajikan menu lengkap maupun tempat makan versi kecil yang hanya menjual beberapa menu saja.

Makan Wondeo Chikin
Gerai Wondeo Chikin Alexanderplatz

Wondeo Chikin di Alexanderplatz adalah tempat makan versi kedua. Walaupun bukan restoran besar yang menyajikan menu lengkap, tempat makan ini mendapatkan 4.5/5 bintang di Google dari 506 ulasan. Keren kan?

Lokasi Wondeo Chikin

Menurut situs resminya Wondeo Chikin di kota Berlin ada di tiga tempat yang berbeda. Yang selalu kudatangi ini letaknya di tengah kota Berlin, tepatnya di daerah Alexanderplatz. Dua lokasi lainnya berada di Charlottenburg dan Hohenschoenhausen.

Untuk gerai yang di Alexanderplatz ini alamatnya berada di Karl-Liebknecht-Strasse 13. Lokasi tepatnya berada di dalam gedung dimana terdapat supermarket besar Kaufland.

Alexanderplatz ini terkenal karena di tengah area terdapat menara TV yang menjulang tinggi. Saat ini di sekeliling menara TV terdapat gedung-gedung pertokoan. Beberapa pertokoan yang mungkin terkenal adalah Primark dan Galeria Kaufhof.

Untuk mencapai Alexanderplatz ini menurutku sangat mudah karena di area ini dilewati oleh semua alat transportasi. Jika naik bus, ada halte bus yang berada di pinggir jalan besar. Halte tram terletak di depan stasiun Alexanderplatz dan di tengah jalan besar.

Stasiun U-Bahn Alexanderplatz dilewati oleh dua jalur yang berbeda. Jika memilih naik S-Bahn atau kereta regional, ada stasiun kereta Alexanderplatz yang terletak di seberang gedung Kaufland.

Sebenarnya bukan hanya stasiun kereta yang terletak di seberang gedung. Mayoritas halte bus dan U-Bahn berada di area seputar menara TV yang lokasinya berseberangan dengan gedung di mana Wondeo Chikin berada.

Bagi yang baru pertama kali tiba di area ini mungkin akan bingung untuk orientasinya. Yang dapat membantu mungkin mencari stasiun Alexanderplatz. Kemudian susuri rel tram yang ada di depan stasiun menuju jembatan layang rel kereta yang dibawahnya ada jalan raya dan jalur tram. Google Maps menurutku cukup membantu menemukan lokasi gedung Kaufland.

Google Maps Wondeo Chickin
Lokasi Wondeo Chikin Mitte menurut Google Maps.

Tentang Berlin: Transportasi Dalam Kota Berlin.

Menu

Seperti yang sudah kutuliskan di atas, menu yang ada di gerai Wondeo Chikin Alexanderplatz ini tidak banyak. Maksudnya, jangan bayangkan restoran dengan pilihan menu makanan Korea yang lengkap dengan berbagai alternatif pilihan.

Di bawah ini adalah salah satu dari dua hanging LED menu board yang kudokumentasikan. Pada menu board lainnya calon pembeli dapat mengetahui pilihan jenis ayam, jenis saus serta makanan pelengkap lainnya yang ada di Wondeo Chikin.

Makan ayam Korea halal Berlin
Salah satu menu board di Wondeo Chikin Alexanderplatz.

Dari segi porsi menurutku satu menu Wondeo Bowl cukup mengenyangkan. Untuk Wondeo Menu, menu spar atau menu Solo bisa untuk satu orang.

Jika hanya ingin makan ayam saja, ada juga pilihan jenis ayam. Apakah ingin sayap atau daging fillet. Sausnya juga ada empat pilihan dengan tingkat kepedasan yang berbeda.

Dari segi harga menurutku harganya sudah sesuai dengan porsi maupun rasanya. Jika teman pembaca Michdichuns makannya tidak banyak satu porsi sedang bisa untuk berdua.

Tentang Berlin: Uzbek Eats.

Pengalaman Makan Ayam Korea Halal Berlin

Beberapa kali pesan makanan di Wondeo chikin, beberapa kali itu pula aku tidak pernah makan di tempat. Seringnya ayam korea dan menu-menu korea lainnya ini kami bawa untuk makan di hotel atau untuk makan saat menunggu jadwal kereta berangkat di stasiun.

Tteobokki Wondeo Chikin
TTeobokki Wondeo Chikin yang rasanya enak bangeeettt.

Mungkin karena jenis makanannya praktis sehingga aku dan suamiku lebih sering mempertimbangkan makanan menjadi alternatif pilihan makanan untuk dibawa sebagai bekal di kereta. Makanannya juga tidak berbau kuat yang khas sehingga kami tidak khawatir ketika makan makanan ini di kereta akan mengganggu penumpang lainnya.

kemasan take away wondeo chikin
Kemasan take away Wondeo Chikin.
ayam wondeo chikin
Ayam korea Halal Berlin dari Wondeo Chikin dalam kemasan take away.

Tentang Berlin: Ayam Krispi Halal.

Tentang Rasa Makanan

Walaupun kami makannya tidak di lokasi, rasa makanan tetap enak. Kentang goreng masih renyah. Rasa ayam walaupun sudah tidak hangat masih terasa nikmat.

Untuk dibawa bepergian seperti ini aku lebih menyarankan untuk memesan ayam yang tanpa tulang. Tidak ribet untuk menusuk ayam dengan garpu.

Suamiku suka saus yang paling pedas. Kalau aku lebih menyukai yang rasa pedasnya lebih ringan sehingga dominasi rasa sausnya bukan hanya pedas tapi juda ada rasa manisnya.

Untuk menu nasi ayamnya juga rasanya enak banget. Aku pernah beli dan karena kenikmatannya itu aku harus makan pelan-pelan supaya setiap kunyahannya dapat kunikmati dan semakin lama makannya hehehe…

Ahh aku jadi terbayang rasa sausnya lagi. Kapan ya bisa pergi ke Berlin?

Tentang Berlin: Birthday Trip.


Jadi kapan aku bisa ke Berlin lagi dong?

Hihihi malah jadi curcol di blog. Tetapi benar juga sih semoga bukan setahun lagi untuk bisa wisata kuliner dan khususnya beli korean fried chicken halal di Wondeo Chikin Berlin.

Bagi teman-teman pembaca Michdichuns yang sedang berkunjung ke Berlin dan suka dengan makanan Korea bisa mampir ke gerai yang ada di Alexanderplatz ini. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Berlin. Dengan menggunakan transportasi dalam kota Berlin daerah Alexanderplatz sangat mudah dijangkau.

Kalau sudah coba kasih tahu aku ya apa pendapatmu tentang ayam korea halal Wondeo Chikin ini.

Selamat makan!

Salam,

-ameliasusilo-

Silakan tinggalkan komentar anda disini..