Naik U5 Berlin
Jerman

Berlin: Naik U-Bahn U5 Jalur Pariwisata

Sudah pernah naik U5 Berlin yang baru? Diresmikannya tambahan stasiun pada rute U-Bahn U5 Berlin membuat rute ini menjadi rute yang dapat disebut sebagai jalur pariwisata. Stasiun yang baru dibuka ini berada di dekat objek turisme Berlin yang ramai dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara.


Hai teman pembaca Michdichuns!

Berlin adalah ibukota negara Jerman yang penuh dengan objek turis yang menarik. Bagi penyuka sejarah ia akan dimanjakan dengan adanya monumen, bangunan serta museum yang akan menyajikan cerita sejarah. Berlin juga memiliki berbagai museum maupun galeri bagi penyuka seni dan ilmu pengetahuan.

Objek turis ini sebagian besar berada di tengah kota Berlin yang sangat besar. Luasnya kota Berlin sebagai ibukota sebenarnya wajar. Karena luas dan kepadatan kotanya jarak antara satu tempat ke tempat lainnya sebenarnya tidak jauh jadi terasa durasinya.

Untungnya transportasi publik kota Berlin mendukung turisme di kotanya. Sehingga alat transportasi tersebut meskipun merupakan jalur reguler yang biasa digunakan oleh penduduk lokalnya bisa juga digunakan oleh turis untuk mengantarkan ke objek-objek turis yang ada di Berlin.

Jika pada artikel sebelumnya aku menuliskan tentang jalur bus yang dapat dinaiki untuk keliling Berlin, kali ini aku akan menceritakan tentang jalur kereta bawah tanah. Dalam bahasa Jerman kereta bawah tanah disebut U-Bahn.

Memilih Alat Transportasi Untuk Wisata di Berlin

Transportasi publik di Berlin dilayani oleh berbagai jenis alat transportasi. Kita bisa memilih menggunakan bus, kereta regional, kereta S-Bahn, tram, U-Bahn maupun kapal. Untuk alat transportasi yang terakhir aku belum pernah menaikinya tetapi situs resmi transportasi publik Berlin menyatakan kapal bagian dari alat pelayanan publik mereka.

naik tram Berlin
Tram kota Berlin.

Kadang dari satu titik ke titik tujuan dapat dilayani oleh berbagai alat transportasi. Misalnya, pada menit 5 kita bisa naik bus. Tetapi apabila kita bersedia menunggu, tiga menit berikutnya atau menit 8 kita bisa naik tram.

Sebenarnya tergantung bagaimana situasi di lokasi tersebut. Bisa saja hanya ada bus karena di lokasi tersebut memang hanya dilayani oleh jalur bus. Namun, untuk area yang dekat objek turis biasanya alat transportasi yang melewatinya lebih banyak.

Aku dan suamiku biasanya lebih memilih naik U-Bahn atau S-Bahn dibandingkan dengan naik bus jika memang ada alternatif tersebut. Alasannya adalah kemungkinan besar lebih cepat sampai ke tempat tujuan.

naik U Bahn Berlin
Naik U-Bahn dari stasiun Buelowstrasse.

Hanya saja jika teman pembaca Michdichuns kondisinya sama seperti kami yang membawa kereta bayi harus menyiapkan diri untuk mengangkat kereta bayi jika eskalator atau elevator di stasiun tersebut rusak. Aku dan suamiku sudah terbiasa gotong-gotong kereta bayi dalam keadaan seperti ini. Kadang ada saja orang baik yang menawarkan bantuan mengangkat sehingga aku tidak perlu ikut mengangkat hehehe..

Naik bus Berlin
Anakku naik bus tingkat Berlin.

Dengan adanya jalur tambahan baru U5 hal ini menguntungkan dan menyenangkan bagi kami. Walaupun sudah beberapa kali ke Berlin, entah kenapa aku dan suamiku sering mampir ke tempat wisata yang ada tepat di atas jalur U5 tersebut.

Tentang Berlin: Transportasi Dalam Kota.

Naik U5 Berlin

Kami baru menyadari ada yang baru di Berlin tahun 2022 lalu. Saat itu kami naik U5 dan melewati stasiun-stasiun yang kelihatan sekali arsitekturnya baru. Suasana stasiun bawah tanah tersebut tampak mewah, megah dan luas. Berbeda sekali dengan stasiun-stasiun lainnya yang ada di Berlin yang pernah kami hampiri.

Ternyata memang benar. Tahun 2020 ada perpanjangan rel di jalur U5. Rute ini menghubungkan stasiun Berlin Hauptbahnhof (stasiun kereta utama Berlin) ke stasiun Hönow. Pada tahun 2020 tersebut jalur antara stasiun Berlin Hauptbahnhof ke Alexanderplatz resmi beroperasi.

stasiun Brandenburger Tor dilewati jika naik U5 di Berlin
Stasiun Brandenburger Tor yang terlihat baru, bersih, keren dan masa kini. Pada dinding stasiun terdapat foto-foto dengan cerita sejarah Berlin khususnya Brandenburger Tor.

Sejak tahun 2021 seluruh stasiun baru yang ada di jalur perpanjangan U5 beroperasi semuanya dengan diresmikannya stasiun U-Bahnhof Museumsinsel. Dengan adanya jalur ini jika kita ingin ke Museumsinsel dari Berlin Hauptbahnhof hanya membutuhkan waktu lima menit saja.

naik U5 Berlin
Daftar stasiun yang dilalui oleh U5 dari stasiun Hauptbahnhof Berlin menuju Hönow beserta durasi tempuhnya.

Di sepanjang jalur U5 ini kita dapat menemukan berbagai objek turis Berlin. Kita bisa naik turun U5 saja untuk mencapai seluruh objek turis yang ada di jalur ini. Berikut ini adalah objek turis yang dapat kita temukan…

  • Museum für Naturkunde
  • Reichstag
  • Brandenburger Tor
  • Museum Madame Tussaud
  • Unter den Linden
  • Gendarmenmarkt
  • Staatsoper
  • Friedrichstrasse
  • Museumsinsel
  • Humboldt Forum
  • Berliner Dom
  • Rotes Rathaus
  • Nikolaiviertel
  • Alexanderplatz
  • Weltuhr
  • Berliner Fernsehturm
  • Stasimuseum
  • Tierpark
  • Schloss Friedrichsfelde
  • Kienberg (Garten der Welt)
naik U5 Berlin
Infografik milik Visit Berlin tentang objek turis yang dapat dicapai jika kita naik U5 Berlin.

Tentang Berlin: Keliling Naik Bus 100.

Tiket

Saranku jika ingin berkeliling Berlin menggunakan transportasi publik sebaiknya mempertimbangan jenis tiket yang dibeli. Dulu sebelum ada Deutschland Ticket aku dan suami biasanya membeli tiket yang berlaku untuk 24 jam.

Jika kita pergi lebih dari tiga orang akan lebih menguntungkan jika membeli tiket 24 jam yang untuk grup. Dengan tiket ini kita bisa bepergian bersama sampai dengan 5 orang dengan hanya membeli tiket seharga 31 Euro.

naik kereta regional Berlin
Naik kereta regional yang mendukung transportasi Berlin.

Jika tidak membeli tiket grup harganya 9.90 Euro untuk satu orang. Semua tiket yang dibeli ini baru berlaku setelah kita aktifkan melalui mesin aktivasi yang biasanya berada di sekitar mesin tiket atau pintu alat transportasi. Anak diatas usia enam tahun juga perlu membeli tiket.

Selain tiket ini ada pula tiket lainnya yang disebut dengan tiket Berlin Welcome Card atau CityTourCard. Jika membeli tiket ini selain dapat dipergunakan untuk transportasi juga dapat digunakan untuk memasuki objek wisata. Ada yang memberikan diskon adapula yang menggratiskan tiket masuk jika menunjukkan kepemilikan salah satu dari dua tiket ini di konter pembelian tiket masuk.

Mesin tiket Berlin
Mesin tiket transportasi Berlin.

Wisata Mandiri di Berlin

Menurutku tidak perlu khawatir untuk jalan-jalan mandiri di kota Berlin. Pendapat ini kutuliskan bukan karena aku sudah lama berdomisili di Jerman melainkan karena sebelum menetap di sini aku sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke Berlin secara mandiri.

Kotanya memang besar dan padat yang merupakan tipikal sebuah ibukota negara. Namun, transportasi publiknya menyediakan berbagai alat transportasi yang nyaman dan banyak. Kita dapat memiliki berbagai alternatif untuk mencapai sebuah tujuan.

Khusus untuk U-Bahn, stasiunnya nyaman dan bersahabat bagi penumpang dengan disabilitas maupun pembawa stroller. Selain tangga ada eskalator dan elevator yang dapat digunakan untuk mencapai stasiun U-Bahn.


Naik U5 Berlin
Aku dan anakku di dalam U-Bahn U5 Berlin.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi teman pembaca Michdichuns yang memiliki rencana pergi ke Berlin. Ceritakan padaku kesan-kesan setelah naik U5 Berlin ya!

Salam,

-ameliasusilo-

One Comment

Silakan tinggalkan komentar anda disini..